cara meningkatkan kreativitas anak usia dini

Mengapa kreativitas itu penting untuk anak? Imajinasi dan kreativitas adalah bagian penting untuk tumbuh kembang anak. Ketika anak memiliki kreativitas yang tinggi, maka akan dengan mudah mengembangkan keterampilan berpikir kritis, sosial, dan emosional. Lalu, bagaimana meningkatkan kreativitas anak usia dini dengan mudah?

Artikel kali ini sangat bermanfaat untuk Moms yang ingin meningkatkan kreativitas anak usia dini. Yuk, simak beberapa tips mudahnya di artikel ini!

Apa itu kreativitas?

Seorang anak yang tidak terlalu senang menulis, menggambar, atau bahkan bermain musik bukan berarti tidak punya kreativitas.

Kondisi rumah yang berantakan terkadang dilihat sebagian orang tua sebagai hal yang negatif. Padahal, di balik semua itu, ada seorang anak yang mencoba bereksplorasi dengan semua hal yang ada di sekitarnya dan tidak terbatas pada mainannya saja. Inilah yang namanya kreativitas.

Sederhananya, kreativitas merupakan keterampilan yang dimiliki manusia untuk menciptakan sesuatu. Penciptaan ini dimulai dengan munculnya ide-ide menarik kemudian menggunakan semua hal yang bisa didapatkan untuk mewujudkan ide-ide menarik tersebut.

Penulis buku Creativity: Flow and the Psychology of Discovery and Invention, Mihaly Csikszentmihalyi, Ph.D, mengatakan bahwa kreativitas bukan hanya tentang berpartisipasi dalam seni rupa. Ini merupakan tentang semangat petualangan untuk mengenal dunia.

Setiap anak dilahirkan dengan bakat. Itulah alasan perlunya meningkatkan kreativitas anak usia dini sejak mereka mengenal berbagai macam objek atau barang. Kreativitas yang sudah ditingkatkan sejak dini dapat membantu tumbuh kembang anak dan membantu berpikir lebih baik.

Para ahli di Universitas Maryville menyatakan, ada beberapa manfaat jika seorang anak mempunyai kreativitas yang tinggi, yaitu:

  1. Memiliki skor kecerdasan emosional yang lebih tinggi
  2. Mengurangi risiko stres
  3. Mempunyai kesempatan untuk mempraktikkan pemikiran orisinal dan praktis
  4. Memungkinkan anak untuk mengeksplorasi identitas mereka

Moms, Ini Cara Melatih Motorik Halus Anak agar Tumbuh Kembang Optimal

Cara meningkatkan kreativitas anak usia dini

kreativitas anak usia dini

Jika kamu adalah orang tua, peran kamu sangatlah penting untuk meningkatkan kreativitas anak. Kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan dengan anak dapat membantu meningkatkan kreavititasnya. Berikut beberapa cara meningkatkan kreativitas anak usia dini:

1. Melakukan kegiatan yang berkaitan dengan seni

Kegiatan atau permainan yang berkaitan dengan seni dan kerajinan sangatlah cocok untuk membantu meningkatkan kreativitas anak usia dini. Kamu dan anak dapat mencoba berbagai jenis kegiatan seni yang menyenangkan, seperti:

  1. Membuat rumah, perahu, dan benteng dari kardus
  2. Mewarnai sebuah gambar
  3. Membuat sesuatu dari tanah liat
  4. Menjahit
  5. Membuat perhiasan
  6. Bermain origami

2. Batasi screen time

Cara lainnya meningkatkan kreativitas anak usia dini yaitu dengan membatasi screen time, seperti menonton televisi dan menggunakan tablet atau handphone. American Academy of Child and Adolescent Psychiatry menyarankan untuk membatasi screen time anak usia 2 sampai 5 tahun tidak lebih dari 1 jam per hari untuk tontonan non-pendidikan dan 3 jam per hari di akhir pekan.

3. Luangkan waktu untuk permainan imajinatif

Pastikan kamu juga meluangkan waktu untuk permainan imajinatif dengan anak. Permainan imajinatif adalah segala bentuk permainan peran atau khayalan. Kamu dan anak bisa berperan sebagai siapapun dalam sebuah permainan peran, seperti:

  1. Bermain menggunakan boneka dan action figure
  2. Berdandan, bermain dengan make up dan pakaian
  3. Berpura-pura terbang ke luar angkasa
  4. Bermain sebagai pengunjung dan pramusaji restoran

Tips dan trik lainnya untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini:

  1. Jangan bandingkan karya seni mereka dengan karya orang lain
  2. Beri mereka kebebasan untuk memilih apa yang ingin mereka lakukan dan bagaimana mereka melakukannya
  3. Berikan pujian khusus dan ajukan pertanyaan khusus tentang karya seni mereka
  4. Bantu mereka untuk bereksperimen
  5. Berikan mereka waktu bebas untuk menemukan apa yang mereka sukai
  6. Ajak mereka berjalan-jalan di taman, perpustakaan, atau museum terdekat
  7. Sediakan media untuk berkreasi (satu set krayon untuk menggambar, origami untuk membuat berbagai macam hal)

Ini Ciri-Ciri Anak Sehat Jasmani dan Rohani, Apa Saja?

Sudah paham kan sekarang betapa pentingnya meningkatkan kreativitas anak usia dini? Kreativitas anak tidak bisa ditingkatkan dengan sendirinya, ada peran penting orang tua di dalamnya.

Jangan pernah menyerah untuk menjadi orang tua yang baik karena menjadi orang tua dan memiliki anak merupakan proses belajar yang perlu dilakukan bersama-sama.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference