ciri ciri anak tumbuh gigi

Tumbuh gigi merupakan salah satu tonggak penting bagi anak karena kondisi ini menandakan bahwa perkembangannya sudah sesuai. Secara umum, bayi tumbuh gigi mulai muncul di tahun pertama. Lalu, seperti apa ciri ciri anak tumbuh gigi? 

Menurut American Dental Association, umumnya gigi susu pertama bayi tumbuh pada usia 6-9 bulan. Ada juga gigi bayi yang tumbuh lebih cepat pada usia 3-4 bulan. Jika di usia 6 bulan bayi belum menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi, jangan khawatir karena tumbuh gigi pertama terjadi dalam rentang waktu 3-12 bulan.

Perlu diketahui, bayi membutuhkan waktu sekitar 2 tahun sampai gigi susu bayi lengkap sejak gigi pertamanya tumbuh. Setiap bayi memiliki cara dan kecepatan tumbuh kembangnya masing-masing, termasuk pertumbuhan giginya yang dipengaruhi oleh kecukupan gizi tubuh dan genetik orang tuanya,

Mengingat pertumbuhan gigi pada setiap bayi berbeda-beda. Untuk itu, orang tua harus mengetahui ciri ciri bayi tumbuh gigi dan tahapan pertumbuhan giginya.

Tahapan pertumbuhan gigi susu berdasarkan usia

Sebagai orang tua, kamu perlu mengetahui tahapan pertumbuhan gigi susu anak  menurut usianya.

  • Usia 5-7 bulan: Gigi seri depan bawah
  • Usia 6-8 bulan: Gigi seri depan atas
  • Usia 9-11 bulan: Gigi seri samping
  • Usia 12-16 bulan: Gigi geraham pertama bagian atas dan bawah
  • Usia 16-20 bulan: Gigi taring bagian atas tumbuh, disusul dengan gigi taring bagian bawah
  • Usia 20-30 bulan: Gigi geraham kedua yang tumbuh di rahang atas dan bawah

Ciri-Ciri Speech Delay pada Anak, Moms Perlu Waspadai!

Ciri ciri anak tumbuh gigi yang perlu orang tua ketahui

Ciri ciri anak tumbuh gigi bisa sangat bervariasi. Bagi beberapa anak, tumbuh gigi dapat menyebabkan gejala ringan yang hanya berlangsung beberapa hari. Terlebih, gejala tumbuh gigi pada anak bisa muncul bersamaan dengan penurunan imunitas si kecil. Sehingga pada saat yang sama, si kecil rentan terhadap penyakit lain seperti infeksi ringan. 

Namun, bagi beberapa anak lainnya, tumbuh gigi itu menyakitkan dan bisa bertahan lebih lama. Nah, daripada Moms bingung, berikut ciri ciri anak tumbuh gigi yang wajib diketahui:

1. Sulit untuk tidur nyenyak di malam hari

Rewel saat tumbuh gigi bisa membuat si kecil sulit tidur nyenyak di malam hari. Faktanya, pertumbuhan gigi pada anak terjadi lebih aktif pada malam hari.

2. Gusi bengkak

Proses yang menyakitkan bagi banyak anak saat proses tumbuh gigi ialah gusi bengkak dan kemerahan. 

3. Senang menggigit

Saat hendak tumbuh gigi pertamanya, si kecil akan memiliki kebiasaan baru seperti senang menggigit benda apapun. Kebiasaan ini muncul akibat adanya tekanan dari gusi yang membuat bayi tidak nyaman. 

4. Tidak mau makan atau menyusu

Saat tumbuh gigi, anak akan merasa tidak nyaman akibat gusi bengkak karena gigi berusaha keluar melalui gusi. Tak heran jika rasa sakit ini membuat nafsu makan si kecil berkurang, bahkan terkadang ia menolak untuk diberikan susu.

5. Suhu tubuh meningkat

Salah satu ciri ciri anak tumbuh gigi yang juga kerap terjadi yaitu adanya peningkatan suhu tubuh. Suhu tubuh yang meningkat biasanya tidak lebih dari 39° Celcius.

Kenali Gejala dan Pengobatan Asma pada Anak yang Tepat!

Kenapa bayi demam saat tumbuh gigi?

ciri ciri anak tumbuh gigi kenapa bisa demam

Beberapa orang tua percaya bahwa tumbuh gigi dapat menyebabkan demam. Padahal, tidak ada penelitian yang mendukung pernyataan ini. Memang benar bahwa tumbuh gigi dapat sedikit meningkatkan suhu tubuh, tetapi tidak akan menyebabkan demam. 

Pasalnya, demam pada anak didefinisikan sebagai peningkatan suhu tubuh di atas 38° Celcius. Selain itu, saat demam, anak juga biasanya mengalami beberapa gejala, seperti:

  • Mengeluarkan banyak keringat
  • Menggigil 
  • Kehilangan selera makan
  • Dehidrasi
  • Pegal-pegal

12 Penyebab Anak Sering Menangis Tanpa Sebab

Cara mengatasi bayi tumbuh gigi

Selama bayi tumbuh gigi, yang dibutuhkan orang tua dalam menghadapi si kecil adalah kesabaran. Memberikan perhatian dan kasih sayang ekstra pada si kecil dapat membantu mengalihkan perhatian si kecil dari rasa sakit.

Sementara itu, ada juga hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi antara lain:

  • Memastikan kebutuhan cairan anak tetap terjaga dan tubuhnya terhidrasi. Mengingat bayi yang sedang tumbuh gigi menghasilkan banyak air liur untuk menggantikan cairan yang hilang.
  • Berikan teether pada anak sebagai media untuk menggigit.
  • Berikan gosokan lembut pada gusi bayi dengan tangan bersih.
  • Bagi anak yang sudah mendapatkan makanan padat, makanan seperti buah dingin dapat diberikan untuk memberikan sensasi nyaman saat gusi bengkak.

Itulah ciri ciri anak tumbuh gigi yang perlu orang tua ketahui. Sebagian besar gejala tumbuh gigi dapat ditangani di rumah. Namun, jika si kecil sangat rewel atau tidak nyaman, tidak ada salahnya untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference