Amber Heard Johnny Depp

Nama Amber Heard dan Johnny Depp menjadi trending topic berbagai media di dunia minggu ini. Kasus pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Heard terhadap Depp akhirnya naik ke pengadilan, Virginia.

Lebih dari 5 tahun setelah perceraian mereka, gugatan pencemaran nama baik senilai $50 juta Depp terhadap mantan istrinya, Amber Heard. Berbagai tuduhan dan fakta baru bermunculan saat sidang berlangsung, sehingga keputusan benar dan salah menjadi sangat bias.

Mengenal kasus Amber Heard dan Johnny Depp

Setahun sebelum menggugat yaitu pada 2018, Heard menulis esai untuk Washington Post di mana dia menggambarkan dirinya sebagai “figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga.” Meskipun artikel tersebut tidak pernah menyebut nama Depp, pengacaranya mengatakan dalam dokumen pengadilan bahwa opini Heard adalah hoaks.

Bintang Pirates of the Caribbean itu juga mengklaim dalam dokumen pengadilan, bahwa Heard mengarang ceritanya dengan harapan menghasilkan kesan figur yang positif dan untuk memajukan karirnya. Karena kasus ini, Depp tentunya mengalami kerugian dalam karir gemilangnya.

Beberapa hari sebelum persidangan dimulai, Heard membuat pernyataan di Instagram yang tertulis dia akan jeda dari media sosial. “Johnny menuntut saya untuk tulisan yang saya kirim di Washington Post, di mana saya menceritakan pengalaman tentang kekerasan dan kekerasan dalam rumah tangga,” tulisnya pada 9 April.

Timeline kejadian Amber Heard dan Johnny Depp

Setelah 13 tahun pertemuan antara Heard dan Deep, mereka akhirnya menghabiskan waktu di di gedung pengadilan Fairfax, Virginia. Berikut adalah timeline kasus mereka yang telah terjadi selama beberapa tahun ke belakang:

  • 2015 – Johnny dan Amber melakukan upacara pernikahan tertutup di Los Angeles.
  • 2016 – Amber melakukan gugatan perceraian setelah 15 bulan menikah, dengan alasan Johnny melakukan kekerasan di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan.
  • 2018 – Amber menulis opini untuk The Washington Post pada bulan Desember 2018 tentang perlakuan terhadap perempuan dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga. Namun dia tidak menyebut nama Depp.
  • 2019 – Johnny menggugat Amber sebesar $ 50 juta untuk pencemaran nama baik atas karya Washington Post-nya, mengklaim itu membuatnya kehilangan pekerjaan akting yang menguntungkan. Heard tidak berhasil dalam usahanya untuk membatalkan gugatan. Kasus gugatan balik senilai $100 juta sedang berlangsung.
  • 2020 – Johnny melakukan banding dengan membawa penerbit The Sun ke pengadilan, namun ditolak.
  • 2022 – Sidang pencemaran nama baik Depp terhadap Heard dimulai di Virginia pada 12 April 202.

Aksi manipulatif Amber Heard terhadap Johnny Depp

Pernyataan Amber dalam sidang gugatannya terus menyudutkan Johnny. Namun sebuah rekaman audio yang diputar saat persidangan memunculkan fakta baru. Rekaman audio tersebut menunjukkan bahwa Heard memulai perkelahian fisik di antara mereka dan meremehkan reaksinya terhadap pertengkaran itu.

Rekaman tersebut beredar di media sosial sehingga membuat Amber mendapat banyak kritik. Tidak sedikit yang menyebut Amber sebagai playing victim dan manipulatif demi mendapat keuntungan. Seperti yang dikatakan Johnny, Amber ingin menciptakan citra positif dirinya dan meningkatkan karirnya.

Persidangan Amber Heard dan Johnny Depp

Persidangan Amber dan Johnny masih berlanjut dan tv lokal menyiarkan secara live. Ada banyak fakta baru yang bermunculan selama sidang berlangsung. Berikut adalah beberapa fakta yang terungkap selama persidangan:

  • Melukis dengan darah. Jari Depp terkena luka akibat pecahan botol Vodka yang dilempar Heard, kemudian ia mengaku menulis di dinding menggunakan jarinya dan mencelupkannya ke cat.
  • Pengakuan Heard dalam sebuah rekaman audio, ia mengatakan “Keluarga saya, teman-teman, dan semua orang di sekitar saya melihat semua memar, pembuluh darah pecah di bawah mata saya, memar di kepala saya, potongan rambut yang hilang, bibir pecah, mata hitam, hidung bengkak, “
  • Depp dihantam pintu oleh Heard saat sedang menunduk untuk melihat kakinya yang terluka.
  • Depp dipecat Disney, pengacara Heard mengatakan bahwa Depp sudah dipecat sebelum tulis Heard tentang KDRT diterbitkan.
  • Trauma Depp terhadap ibunya, karena ibunya selalu melakukan kekerasan fisik saat Depp masih kecil.
  • Heard menantang Depp, dalam sebuah rekaman audio Heard mengatakan “Katakan kepada dunia, Johnny. Katakan kepada mereka, saya, Johnny Depp, seorang laki-laki adalah korban dari kekerasan rumah tangga.”

Dampak negatif kekerasan dalam hubungan

Kasus Johnny dan Amber mengungkapkan bahwa ada banyak kekerasan yang dilakukan satu sama lain. Tidak tahu mana yang benar dan salah, namun sudah pasti kekerasan tidak dapat dibenarkan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa konsekuensi kesehatan dari kekerasan dalam hubungan meliputi:

  • Kecemasan
  • Depresi
  • Penyakit dan masalah kesehatan lainnya
  • Gangguan stres pasca trauma (PTSD)
  • Masalah tidur
  • Anak-anak yang tumbuh dalam rumah tangga dengan kekerasan dalam hubungan lebih mungkin mengalami berbagai masalah emosional dan perilaku

Jika kamu berada dalam hubungan yang penuh kekerasan, lakukanlah rencana yang aman untuk pergi. Tak jarang, pergi secara tiba-tiba di tengah konflik akan meningkatkan resiko kekerasan hingga pembunuhan. Dapatkan bantuan professional untuk menyusun rencana pelarian yang aman.

Share artikel ini
Reference