cara peka terhadap wanita

Cara peka terhadap wanita bukanlah sebuah perkara mudah. Ini sama halnya dengan membaca pikiran pria. Sebagaimana kita ketahui, manusia memiliki cara pikir dan tentu saja cara mengolah informasi yang berbeda.

Muncul pendapat, jika wanita lebih memakai perasaan dan pria lebih memakai pikiran. Namun, kesalahan yang sering dilakukan pria adalah mereka merasa selalu benar dengan dukungan ‘pria itu logis’. Padahal itu tidak selalu benar.

Faktanya kita banyak melihat bahwa pria pun juga banyak yang menggunakan emosi ketimbang fakta untuk bertindak, benar bukan?

Lantas, bagaimana cara peka terhadap wanita? Temukan jawabannya di bawah ini.

Cara peka terhadap wanita

berhubungan saat haid

Sebelum kita mulai, penting untuk menyadari bahwa tidak ada formula pasti yang membuat seseorang ahli dalam memahami wanita.

Pada saat yang sama, ada beberapa kebenaran universal yang dapat membantu memahami cara kerja pikiran misterius mereka. Baca terus untuk mendapatkan beberapa perspektif berharga yang mungkin membantumu menjadi lebih seimbang dalam kehidupan sosial, profesional, dan romantis.

1. Pahami Wanita dengan Menyadari Bahwa Mereka Manusia

Satu hal yang harus dipahami adalah wanita merupakan manusia seperti kita, yang mengalami banyak perjuangan yang sama, serta banyak perjuangan mereka sendiri.

Jika kamu menempatkan diri ke dalam pikiran seorang wanita, kamu akan sangat terkejut dengan betapa miripnya kita. Perbedaannya seringkali terletak pada fakta bahwa perempuan dikondisikan oleh masyarakat untuk berperilaku dengan cara tertentu yang sering kali terkait dengan aturan-aturan yang membatasi.

Hindari merujuk mereka sebagai gender dan fokuslah pada bagaimana memperlakukan mereka secara setara (adil). Kamu tentu tidak bisa menyuruh orang kuat untuk mengangkat kursi sementara yang lemah mengangkat lemari. 

Setelah mendobrak penghalang tersebut, kamu benar-benar dapat mulai menjalin hubungan dengan wanita seperti halnya dengan teman pria. Kamu akan menyadari betapa miripnya orang dari semua jenis kelamin satu sama lain.

Salah Satu Ciri Toxic Adalah Penuh Drama, Bagaimana Menghadapinya?

2. Pahami Wanita Dengan Melihat Perspektifnya

Meskipun benar bahwa wanita mirip dengan pria dalam banyak hal, itu juga merupakan fakta sederhana bahwa mereka juga berbeda dalam banyak hal. Setelah dapat mengenali persamaannya, kamu juga dapat mengidentifikasi perbedaannya. 

Wanita hidup di dunia yang sangat berbeda dari pria. Meskipun zaman sedang berubah, wanita masih menghadapi rintangan dan tantangan yang biasanya tidak perlu dikhawatirkan pria. Baik atau buruk, pria cenderung lebih kuat dan lebih mendominasi, dan itu menciptakan dinamika yang harus ditanggapi atau diabaikan oleh wanita.

Misalnya, masyarakat tidak mempedulikan apa seorang pria mencuci wajahnya setiap hari. Tapi berbeda dari wanita yang dituntut oleh masyarakat untuk selalu tampil bersih. Karena itu mereka menggunakan beberapa atau bahkan banyak alat pembersih wajah. Itu hanya sesuatu yang harus dipertimbangkan wanita.

Itu hanya satu contoh dari sekian banyak. Secara umum, wanita sering kali harus tetap waspada terhadap pria, hanya karena beberapa ‘apel busuk’ merusak dirinya. Pria cenderung lebih kuat secara fisik dan lebih proaktif secara seksual, yang bisa mengintimidasi.

Tentu saja, ada banyak wanita yang kuat dan cenderung seks di luar sana, serta banyak pria yang tidak mengintimidasi, tetapi rata-rata wanita telah dikondisikan oleh pria untuk menjadi lebih lemah, yang secara langsung mempengaruhi bagaimana mereka berpikir dan menjalani kehidupan mereka sehari-hari.

3. Pahami Wanita dengan Mendengarkan

Terkadang cara terbaik untuk belajar memahami wanita adalah dengan mendengarkan mereka. Memahami wanita akan menjadi sangat sulit jika kamu tidak mau berpikir di luar kotak pribadimu.

Jika kamu benar-benar ingin tahu apa yang terjadi di kepalanya, tanyakan padanya. Jika kamu ingin tahu tentang perasaannya, mengapa dia melakukan sesuatu, atau apa yang dapat kamu lakukan untuk menjadi teman/kekasih yang lebih baik. Wanita menghargai komunikator yang baik.

4. Memahami Wanita dengan Mengenali Berbagai Cara Berpikir

Pria dan wanita terhubung secara berbeda. Baik wanita maupun pria, ada yang berpikir berdasarkan emosional dan ada juga yang berpikir secara logis. Ini tidak hanya terjadi pada satu atau dua orang, jadi jangan langsung mengkategorikan pasanganmu dalam satu kotak atau memaksakan cara berpikirmu.

Di satu sisi, jika teman priamu memiliki cara pikir logis dan kamu juga berpikir secara logis, kamu akan tetap menemukan perbedaan di antara kalian bukan? Hal serupa juga terjadi pada wanita. Terkadang mereka bisa menjadi lebih logis dari laki-laki, begitupun sebaliknya.

Jadi, ketahui bagaimana mereka menempatkan fakta dan emosi, dan bantu mereka menstabilkan cara pikir mereka. Keindahan dari dinamika itu adalah bahwa sebagai sebuah tim, pria dan wanita benar-benar dapat menjadi mitra yang kuat jika saling menghormati pendekatan satu sama lain.

Apakah Posesif Adalah Tanda Sayang? Begini Cara Menghadapinya!

5. Pahami Wanita dengan Mengetahui Apa Yang Mereka Inginkan Dari Seorang Pria

Memahami apa yang diinginkan wanita dari seorang pria membantu Anda memahami wanita secara umum. Ini juga membantu kamu menjadi teman, rekan kerja, atau kekasih yang lebih baik. Jadi apa yang disukai wanita?

Apa yang sebenarnya wanita inginkan?

gaya berhubungan harmonis

Pertanyaan ini sangat simple. Apa yang wanita inginkan sebenarnya hanyalah orang yang baik untuknya dan untukmu. Dengan kata lain mereka menginginkan pria yang tampil sebagai pribadinya sendiri. Ini menyangkut semua kemampuan dasar yang bisa disebut sebagai orang yang baik.

Kepercayaan diri

Menjadi percaya diri berarti merasa nyaman dengan siapa dirimu dan percaya pada diri sendiri dan bahwa kamu layak meluangkan waktu untuk mengenalnya. Wanita merespons energi positif dan ceria yang dipancarkan pria percaya diri, selama kepercayaan diri itu tidak berlebihan menjadi egoisme. 

Ketika seorang pria tidak merasa perlu bersaing dengan atau meremehkan orang lain untuk mengangkat dirinya, itu akan sangat membantu dalam memenangkan perhatian wanita. Mereka tidak menginginkan pria yang sombong, harus menjadi pusat perhatian, dan menganggap dirinya orang paling penting di dunia.

Integritas

Berintegritas berarti berbudi luhur dan bermoral kuat. Wanita menginginkan pria yang terhormat, adil, dan beretika. Dalam hal hubungan, memiliki integritas dapat membantu memperkuat ikatan pria dengan wanita, karena prinsip moralnya akan memandu perilakunya dan membantunya menjadi pasangan terbaik yang dia bisa. 

Kasih sayang

Pria yang penyayang dan empati selangkah lebih maju dalam hal menarik perhatian wanita. Wanita menginginkan pria yang mereka dapat terbuka dengannya, apakah itu tentang hari yang buruk di kantor atau dengan harapan dan ketakutan terdalam mereka. 

Memiliki empati berarti kamu dapat memahami sudut pandang orang lain dan dapat bersimpati dengan apa yang mereka alami. Wanita sangat tertarik pada pria yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk menunjukkan kepedulian terhadap orang lain juga.

Ini 6 Cara Menghadapi Pasangan PMS, Pria Wajib Tahu

Menghormati

Untuk memiliki hubungan yang sehat, bahagia, dan sukses, kedua pasangan harus memperlakukan satu sama lain dengan hormat. Jika seorang wanita merasa diremehkan, disingkirkan, atau diperlakukan dengan buruk oleh seorang pria, kemungkinan besar dia akan menjatuhkan pria itu untuk menghindari patah hati. 

Seorang wanita akan lebih tertarik pada pria yang menunjukkan perhatiannya dan memberinya rasa hormat yang pantas diterimanya. Seorang wanita akan memperhatikan kemampuanmu untuk menunjukkan rasa hormat tidak hanya padanya, tetapi juga kepada orang lain, terutama teman dan keluarganya. 

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference