cara menjadi kekasih yang baik

Kekasih yang baik menjadi hal yang diidamkan semua orang, namun tidak mudah mewujudkannya. Salah satu ciri hubungan yang sehat dan bahagia yaitu adanya kekasih yang baik. 

Meski begitu, bukan hal yang tidak mungkin untuk kamu dan pasangan menjadi seorang kekasih yang baik. Yuk, simak caranya!

Ciri-ciri Kekasih yang Baik

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa kamu adalah kekasih yang baik, apakah salah satu cirinya ada padamu?

1. Empati tinggi

Kamu selalu bisa memahami perasaan dan pikiran pasangan. Kamu bisa peka dan bisa berempati dengan apa yang pasangan kamu rasakan. Empati yang tinggi memang sangat diperlukan terlebih jika pasangan kamu perempuan.

2. Komunikasi lancar

Kamu tidak merasa takut untuk berbicara dan mendengarkan. Kunci dari sebuah hubungan tentunya adalah komunikasi yang lancar dan baik. Cara komunikasi dan pendekatan yang baik sangat menentukan kualitas diri seseorang.

3. Peka terhadap kebutuhan pasangan

Kamu selalu peduli dengan kebutuhan pasangan, baik secara fisik maupun emosional. Menjadi peka merupakan nilai plus tersendiri di mata pasangan, kamu akan dianggap sangat perhatian ketika kamu memiliki kepekaan yang tinggi.

cara berpikir positif terhadap pasangan

4. Penuh pengertian

Cobalah untuk tidak pernah menghakimi pasangan. Kamu harus bisa menghargai dan mencoba memahami semua keputusan atau perbedaan pasangan kamu. 

5. Setia dan dapat dipercaya

Kepercayaan adalah pondasi dalam hubungan. Jika kamu bisa menjadi setia dan tidak pernah melakukan hal curang, berarti kamu sudah masuk kategori kekasih yang baik.

10 Cara Memilih Pasangan yang Baik Biar Tak Menyesal

6. Bersedia kompromi

Cobalah untuk tidak egois terhadap apa yang kamu inginkan dan selalu siap untuk berkompromi demi kebahagiaan bersama. Kompromi yang dilakukan tentunya harus mempertimbangkan banyak hal negatif dan positifnya.

7. Bisa Memaafkan

Tidak cepat marah dan bisa memaafkan kesalahan pasangan yang memang wajar. Hal ini juga bisa membuat pasangan kamu berintrospeksi diri menjadi lebih baik lagi.

10 Cara Menjadi Kekasih yang Baik

Cara menjadi pasangan romantis

Jika kamu berniat menjadi kekasih yang baik tapi masih bingung mulai dari mana, berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan:

1. Jadilah pendengar yang baik

Ketika pasangan bercerita tentang hari-harinya atau masalah yang sedang dihadapinya, kamu harus menjadi pendengar yang baik. Tunjukkan perhatian dan aktif mendengarkan serta memberi respon yang baik.

2. Komunikasi terbuka

Jangan pernah menutup-nutupi perasaanmu dan menyembunyikannya. Lakukanlah komunikasi yang terbuka dengan pasangan. Bicarakan apa yang kamu rasakan dan pikirkan selama ini supaya ada jalan keluar dan menemukan perspektif baru.

3. Saling menghargai

Hubungan itu timbal balik, cobalah untuk saling menghargai pendapat dan perasaan pasangan. Jangan merasa paling benar terus dan menjadi egois, sehingga mengabaikan semua perhatian yang pasangan kamu berikan.

4. Manjakan pasangan

Kadang-kadang, memberikan kejutan kecil untuk pasangan bisa meningkatkan kualitas hubungan loh! Kamu bisa mengirimnya hadiah, makanan kesukaannya, atau sekadar kata-kata yang baik untuk menaikkan mood pasangan kamu.

5. Dukung impian pasangan

Saat pasangan kamu punya impian atau target, jadilah pendukung yang setia. Bantu dia mencapai semua mimpinya semaksimal mungkin. Hal ini membuat dia menjadi semangat dan merasa ada orang dipihaknya.

6. Jaga kepercayaan

Kepercayaan itu membutuhkan waktu untuk dibangun, tapi bisa hancur dalam sekejap. Jaga kepercayaan itu dengan baik, pastikan kamu tidak melakukan hal yang membuat dia kecewa.

10 Cara Efektif Mengatasi Konflik dengan Pasangan

7. Berikan ruang pribadi

Meskipun berpacaran, setiap orang tetap butuh ruang pribadi. Berikan pasanganmu ruang dan kesempatan untuk dia menjalani hobinya dan waktu untuk dirinya sendiri, kamu pun pasti memerlukannya.

8. Saling Bertumbuh

Jadilah kekasih yang baik berarti juga saling membantu untuk bertumbuh menjadi orang yang lebih baik lagi. Saling mendukung meski dalam keadaan yang sangat sulit sekalipun.

9. Tunjukkan kasih sayang

Tak perlu hal besar, kamu bisa memulainya dengan memberikan kata-kata manis yang membuat dia senang. Hal ini akan lebih dilakukan mudah jika kamu sudah mengetahui love language satu sama lain.

10. Hadapi masalah bersama

Masalah merupakan hal yang pasti ada dalam sebuah hubungan. Tetapi kamu harus menghadapi masalah bersama pasangan dengan cara yang dewasa dan cari solusinya bersama. 

Menjalin sebuah hubungan memang bukan sebuah hal yang mudah, karena harus menyatukan dua kepala untuk satu tujuan. Begitu juga dengan menjadi kekasih yang baik juga memerlukan usaha yang tidak mudah. 

Selamat mencoba!

__________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference