manfaat regumen untuk promil

Obat regumen umumnya dikonsumsi wanita untuk meredakan nyeri haid atau masalah haid lainnya. Namun, beberapa orang mempertanyakan manfaat regumen untuk promil. Apakah obat hormon ini benar-benar bisa membantu program hamil? Yuk, cari tahu selengkapnya!

Regumen obat apa?

suplemen makanan

Regumen adalah obat dengan kandungan hormon norethisterone, yang merupakan derivat hormon progesteron. Obat ini dikonsumsi dengan tujuan menghentikan perdarahan abnormal rahim di luar siklus menstruasi. Kamu juga bisa mendapatkan resep obat regumen untuk menunda menstruasi, biasanya hal ini dilakukan saat hendak bepergian sesuai saran dokter. 

Apa Manfaat Hydromamma untuk Promil? Berikut Jawabannya!

Regumen juga bisa mengatasi masalah menstruasi lainnya, seperti amenore primer dan sekunder, kram perut, siklus tidak teratur, dan sindrom pramenstruasi lainnya. Tidak hanya itu, regumen juga biasa digunakan mengatasi masalah organ reproduksi seperti endometriosis (pertumbuhan jaringan tidak normal di area rahim).

Jika kamu minum obat ini, pendarahan menstruasi tidak akan datang sampai kamu berhenti meminumnya. Namun, siklus haid akan kembali normal 2-3 setelah kamu berhenti mengonsumsinya. Meski terkesan ampuh untuk mengendalikan menstruasi, obat regumen juga memiliki resiko efek samping tertentu, yaitu:

  • Mual dan muntah
  • Perut kembung
  • Sakit kepala
  • Menstruasi tidak teratur
  • Nyeri di area payudara
  • Berat badan bertambah

Apakah regumen bisa buat hamil?

Regumen termasuk obat hormon untuk reproduksi wanita, namun belum ada penelitian yang menyatakan regumen bisa buat hamil. Penjelasannya, kehamilan terjadi saat pembuahan sperma dan sel telur matang menempel di dinding rahim dan menjadi kantung kehamilan. Kemudian, kantung kehamilan tersebut menghasilkan hormon beta HCG yang terdeteksi urine.

Mau Cepat Hamil? Ini Manfaat Kacang Kedelai untuk Promil dan Kesehatan!

Hormon tersebut biasanya terdeteksi 10-12 hari setelah berhubungan seksual, diiringi dengan tanda kehamilan lainnya seperti telat haid, mual, tubuh lemas, mudah pegal, dan gejala lainnya. Perlu diketahui, bahwa obat bisa membantu pematangan sel telur tapi tidak dengan menghasilkan hormon beta HCG. Dengan kata lain, obat regumen tidak bisa buat hamil.

Jenis suplemen untuk promil

vitamin ibu hamil

Meskipun regumen tidak terlalu membantu, kamu tetap bisa mengonsumsi suplemen lain untuk melancarkan promil. Ada banyak bukti bahwa beberapa suplemen dan mikronutrien mampu meningkatkan kualitas sel telur wanita dan sperma pria secara keseluruhan, yaitu:

1. Asam folat (B9)

Banyak orang mengandalkan asam folat sebagai vitamin prenatal, tetapi asam folat juga dapat menjadi suplemen yang sangat baik untuk promil loh! Asam folat dikaitkan dengan peluang yang lebih besar untuk hamil secara alami. Para ahli medis juga merekomendasikan agar pria mengonsumsi asam folat, karena dapat meningkatkan kualitas sperma mereka. 

2. Omega-3 

Omega-3 dapat bermanfaat bagi pria dan wanita, dengan melawan peradangan di seluruh tubuh sehingga meningkatkan kesehatan. Omega-3 dapat meningkatkan motilitas sperma pria dan membantu wanita mencapai kehamilan di atas usia 35 tahun. Omega-3 dapat membantu kualitas sel telur secara keseluruhan pada wanita yang sedang mencoba untuk hamil. 

omega 3 untuk ibu hamil

3. Selenium

Selenium adalah elemen yang penting untuk menghasilkan glutathione yang melindungi membran sel. Banyak yang menganggap selenium sebagai vitamin “super” untuk kesuburan, karena kekuatan antioksidannya. Selenium dan protein bekerjasama untuk kelangsungan hidup sperma dan tingkat abnormal dapat mempengaruhi motilitas dan kualitas.

4. Zat besi

Mengonsumsi suplemen zat besi dapat membantu wanita mencegah anemia defisiensi besi. Infertilitas ovulasi berkaitan dengan kekurangan zat besi. Sebuah penelitian oleh Departemen Nutrisi dan Epidemiologi terhadap lebih dari 18.000 wanita menunjukkan bahwa suplementasi zat besi tampaknya dapat menurunkan risiko infertilitas ovulasi. 

Manfaat Folaplus untuk Promil, Ini Penjelasannya!

5. Koenzim Q10

Koenzim Q10 (juga disebut Coq10) adalah antioksidan alami lain yang melawan stres oksidatif, yang meningkat seiring bertambahnya usia. Terdapat bukti bahwa suplementasi Coq10 meningkatkan peluang kehamilan, terutama pada wanita dengan cadangan ovarium yang berkurang (wanita di atas 40 tahun). 

Sama halnya dengan pria, beberapa penelitian melaporkan peningkatan konsentrasi dan motilitas sperma dengan suplementasi Coq10.

6. L-arginin

L-arginin adalah asam amino yang terlibat dalam peningkatan aliran darah dengan membantu tubuh memproduksi Nitric Oxide, yang mengarah ke vasodilatasi. Suplementasi L-arginin pada pria dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi, meningkatkan produksi dan motilitas sperma. 

Pada wanita, bagi mereka yang memiliki masalah dengan lapisan rahim yang tipis, peningkatan aliran darah dapat membantu menebalkan lapisan endometrium. Beberapa penelitian juga melaporkan hasil yang lebih baik pada wanita yang sebelumnya mengalami gagal hamil. 

__________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference