manfaat kacang almond untuk kesehatan

Siapa yang tidak suka dengan kacang almond? Jenis kacang ini memang dapat dimakan langsung atau dijadikan toping untuk kue dan smoothies.

Banyak sekali rasa yang akan dari campuran kacang ini sehingga almond salah satu kacang yang menjadi favorit semua orang.

Banyak yang masih penasaran, apa saja manfaat kacang almond kesehatan? Selain kesehatan pada umumnya, manfaat kacang almond untuk promil juga dipercaya sangat tinggi. Ingin tau faktanya? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan ini.

Kandungan kacang almond

Sebelum membahas apa saja manfaat kacang almond untuk promil dan kesehatan, ada baiknya untuk kamu mengetahui dulu apa saja kandungan yang terdapat pada kacang lezat ini. 

Meskipun disebut sebagai kacang, namun kacang almond merupakan biji-bijian yang dapat langsung diolah dna kemudian dikonsumsi.

Biji ini biasanya langsung lepas dari cangkangnya dan karena bentuknya seperti kacang, maka tak heran banyak yang menyebut bahwa almond adalah kacang.

Nutrisi yang terdapat pada kacang almond memang tidak bisa dipandang sebelah mata, lho. Dan kandungan pada almond ini menjadi pembeda besar dengan kacang jenis lainnya. Fakta gizi yang diungkapkan oleh U.S Department of Agriculture, dalam 100 gram almond terdapat kandungan gizi berupa:

  • 579 kalori (kal) energi 
  • 21.15 g protein
  • 21.55 g karbohidrat
  • 12.5 g serat
  • 3.802 g lemak
  • 270 miligram (mg) magnesium
  • 269 mg kalsium
  • 2.179 mg mangan

Manfaat Vitamin B Complex untuk Wanita, Apa Saja Itu?

Kacang almond juga dikenal memiliki kandungan vitamin B kompleks dan vitamin E yang dapat menjaga kesehatan.

Kacang ini juga mempunyai antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan berbagai macam penyakit. Kaya akan kandungan serat, vitamin, karbohidrat, protein dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Lalu, apakah benar ada manfaat kacang almond untuk promil?

Manfaat kacang almond untuk promil

manfaat kacang almond untuk promil

Bagi pasangan yang sedang mendambakan calon buah hati, tentu ada banyak cara yang dilakukan, seperti mencoba program hamil dan mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan baik untuk pria dan wanita.

Kacang almond dikenal mempunyai kalori yang rendah dan kaya akan lemak sehat yang dapat mendukung kesehatan bagi pria dan wanita. Kacang almond juga kerap dijadikan peningkat kesuburan karena vitamin e yang tinggi dapat membantu menjaga fungsi dna pada sel telur dan sel sperma. 

Antioksidan yang tinggi pada kacang almond juga meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan penyakit dari serangan radikal bebas. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan kesehatan reproduksi bagi pria dan wanita yang ingin memperoleh keturunan. 

Selain konsumsi almond, ada juga langkah lain yang dapat membantu kesuburan antara pasangan sehingga dapat berpeluang tinggi dalam mempoleh keturunan dengan melakukan jenis program hamil yang disarankan dokter kandungan.

Manfaat lain kacang almond untuk kesehatan

Dengan nutrisi yang sangat tinggi, tidak hanya manfaat kacang almond untuk promil yang bisa didapatkan, namun kesehatan secara umum juga dapat diraih secara maksimal. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh saat rutin mengkonsumsi kacang ini:

1. Sehatkan jantung

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kacang almond memang dikenal dapat melancarkan peredaran darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Kesehatan jantung dapat lebih meningkatkan dengan anjurkan konsumsi almond sebanyak 45 gram secara rutin setiap harinya.

2. Bantu jaga berat badan

Mempunyai kandungan karbohidrat rendah, tinggi protein serta lemak sehat, kacang almond menjadi salah satu camilan yang dapat membantu menjaga berat badna tetap stabil.

Kacang almond dapat dikonsumsi dengan nilai nutrisi tinggi kalori dan dapat menjadikan rasa kenyang bertahan lebih lama.

3. Turunkan kadar kolestrol

Jenis lemak yang terdapat pada kacang almond merupakan lemak tak jenuh yang tidak meningkatkan risiko penumpukan lipoprotein atau kolesterol jahat.

Konsumsi kacang ini malah dapat menurunkan kadr kolestrol yang tinggi. Selain itu terdapat kandungan vitamin e pada sel darah merah dan plasma darah sehingga kadar kolesterol segera diturunkan

4. Kurangi risiko kanker

Kandungan vitamin e yang terdapat pada kacang almond diketahui dapat mencegah kerusakan sel oksidatif, membantu melawan radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel berbahaya seperti kanker.

Risiko kanker akan lebih kecil dari serangan radikal bebas baik dari luar lingkungan atau dari dalam tubuh pasien itu sendiri.

5. Control kadar gula darah

Bagi pemilik kadar gula darah yang tinggi, konsumsi kacang almond bisa menjadi pilihan yang baik karena kacang ini memiliki kandungan magnesium tinggi yang mempunyai potensi dalam penurunan kadar gula dalam darah.

Kacang ini juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sehingga membantu gula darah tetap stabil.

6. Jaga kesehatan tulang

Almond memiliki kandungan vitamin k, magnesium dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Dengan konsumsi secara rutin, tulang menjadi lebih padat, kuat dan senantiasa terjaga kesehatannya.

Dengan manfaat yang tinggi dari kacang almond, bagaimana mengolah kacang ini sehingga lezat untuk dijadikan pendamping makanan bergizi?

Cara mengonsumsi kacang almond untuk promil

manfaat almond milk
manfaat almond milk

Manfaat kacang almond untuk promil dan kesehatan memang terbilang sangat banyak. Untuk mendapatkan manfaatnya, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara mengolah dan mengonsumsi kacang almond sehingga manfaatnya dapat maksimal dirasakan.

Kacang almond memang tidak dianjurkan dimakan mentah-mentah sehingga sangat baik untuk dapat mengolah kacang ini dengan cara dikukus, panggang atau cara lainnya. Olahan kacang almond tidak mengurangi nilai gizi dan juga manfaatnya. Selain itu kacang almond mentah masih rentan akan kontaminasi bakteri salmonella sehingga perlu diwaspadai.

Cara mudah dalam mengonsumsi kacang almond untuk berbagai kebutuhan antara lain:

  • Potong tipis dan taburkan kacang almond ke dalam salad
  • Oleskan mentega almond pada roti bakar
  • Jadikan kacang almond sebagai olesan atau saus dalam makanan seperti roti atau sandwich
  • Tambahkan almond pada yogurt atau sereal sarapan
  • Konsumsi susu almond setiap hari sebagai tambahan pada sereal dan smoothies.

Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference