Ketika seorang wanita hamil, ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Selain itu, ada juga beberapa ciri-ciri yang dapat membantu memprediksi jenis kelamin bayi yang akan dilahirkan, termasuk ciri-ciri hamil anak laki-laki. 

Ternyata ada ciri ibu hamil yang mungkin menandakan bahwa seorang wanita mengandung bayi laki-laki. Meskipun tidak ada jaminan bahwa ciri-ciri ini akan selalu akurat, namun dapat menjadi petunjuk yang menarik untuk diperhatikan selama masa kehamilan. 

Yuk, bahas seputar ciri-ciri tersebut dan berbagai mitos ciri-ciri hamil bayi laki-laki yang perlu kamu ketahui.

Ciri-ciri hamil anak laki-laki

Ada banyak anggapan yang menyatakan ibu yang hamil anak laki-laki memiliki sejumlah ciri tertentu. Namun, kebanyakan anggapan tersebut hanya mitos, loh. Meskipun diyakini oleh masyarakat, tapi sejumlah bukti ilmiah tidak membuktikan anggapan tersebut.

Tapi, ada ciri hamil anak laki-laki yang kerap diamialmi oleh wanita, yakni nafsu makan yang besar. Sebuah penelitian terhadap 244 wanita hamil di AS menemukan bahwa wanita yang mengandung anak laki-laki memiliki asupan kalori harian 10 persen lebih tinggi daripada wanita yang mengandung anak perempuan.

10 Ciri Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Calon Ibu Wajib Tahu!

Ibu yang mengandung anak laki-laki juga memiliki asupan protein 8 persen lebih tinggi, asupan karbohidrat 9 persen lebih tinggi, asupan lemak hewani 11 persen lebih tinggi, dan asupan lemak nabati 15 persen lebih tinggi.

Apakah bentuk perut memprediksi jenis kelamin bayi?

Banyak mitos populer tentang kehamilan yang berkaitan dengan prediksi jenis kelamin bayi, termasuk mitos tentang bentuk perut. Misalnya, dikatakan bahwa perut yang rendah menandakan kehamilan anak laki-laki, sedangkan perut yang tinggi menandakan kehamilan anak perempuan.

Namun, faktanya tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Bentuk dan ukuran perut selama kehamilan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jumlah kehamilan sebelumnya, otot perut, dan posisi bayi. Oleh karena itu, tidak mungkin memprediksi jenis kelamin bayi berdasarkan bentuk perut selama kehamilan.

Ciri Ciri Perut Hamil dan Perut Buncit pada Wanita, Ini Bedanya!

Mitos hamil anak laki laki

tips puasa saat hamil

Sejak lama, orang-orang telah mempercayai mitos seputar prediksi jenis kelamin bayi. Namun, sejumlah anggapan tersebut tidak didukung dengan bukti ilmiah sehingga bisa dikatakan sebagai mitos. Berikut sejumlah mitos seputar ciri-ciri hamil anak laki-laki.

1. Bentuk perut lebih rendah

Beberapa orang percaya bahwa perut yang rendah menandakan kehamilan anak laki-laki. Namun, posisi bayi dalam rahim tidak berkaitan dengan jenis kelamin.

2. Detak jantung yang lebih cepat

Mitos yang menyebar adalah bahwa detak jantung janin yang lebih cepat menandakan kehamilan anak laki-laki. Namun, detak jantung janin dapat bervariasi dan tidak menunjukkan jenis kelamin.

10 Ciri-ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil, Salah Satunya Libido Tinggi!

3. Selera makan yang asin

Beberapa orang percaya bahwa wanita yang menginginkan makanan asin atau berlemak saat hamil menandakan kehamilan anak laki-laki. Namun, selera makan dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan tubuh dan tidak menunjukkan jenis kelamin bayi.

4. Kepala bayi yang turun

Mitos ini menyatakan bahwa kepala bayi yang turun menandakan kehamilan anak laki-laki. Namun, posisi bayi dalam rahim berkaitan dengan faktor medis dan tidak berkaitan dengan jenis kelamin.

5. Tidak mual

Beberapa orang percaya bahwa wanita yang tidak mengalami mual selama kehamilan menandakan kehamilan anak laki-laki. Namun, mual selama kehamilan dapat bervariasi tergantung pada kondisi tubuh dan tidak berkaitan dengan jenis kelamin bayi.

6. Pertumbuhan rambut

Banyak orang mengira bahwa rambut panjang dan berkilau adalah salah satu tanda yang paling umum bahwa seorang wanita hamil dengan seorang anak laki-laki. Namun, sebenarnya hal itu bukanlah indikasi pasti.

Rambut yang sehat dan indah selama kehamilan bisa disebabkan oleh nutrisi dari vitamin prenatal serta lonjakan hormon, terutama estrogen. Vitamin prenatal mengandung banyak nutrisi penting seperti seng, biotin, dan vitamin B lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kuku.

Namun, konsumsi makanan yang sehat juga berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Jadi, jika kamu ingin memiliki rambut, kulit, dan kuku yang sehat selama kehamilan, pastikan untuk memperhatikan pola makan dan mengkonsumsi nutrisi yang cukup.

7. Kulit kering

Ciri-ciri hamil anak laki-laki yang juga merupakan mitos adalah kulit kering. Seringkali dianggap bahwa kulit kering merupakan tanda bahwa seorang wanita hamil dengan seorang anak laki-laki, namun sebenarnya hal itu tidaklah benar. Meskipun begitu, kulit kering pada saat kehamilan sebaiknya tidak diabaikan, karena bisa menjadi gejala bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak cairan.

Agar kulit tetap lembap dan sehat, pastikan minum cukup air. Jika sudah memenuhi target delapan gelas sehari, cobalah untuk meningkatkan asupan air menjadi sepuluh gelas per hari. Selain itu, untuk mengatasi kulit kering pada perut yang rentan terhadap pengencangan dan peregangan, kamu bisa mencoba melembabkan kulit dengan minyak kelapa.

—–

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference