Ciri-ciri hamil dari raut wajah

Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan pada wajah dan tubuhnya. Bahkan, ciri ciri orang hamil bisa dilihat dari raut wajah, lho. Tentunya hal ini disebabkan karena pengaruh hormonal saat hamil. Tanda ini bisa menjadi perhatian selama hamil agar bisa disiasati dan tidak menimbulkan efek buruk pada wajah.

Apa saja ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang bisa terlihat? Yuk simak 10 tanda dan ciri wanita hamil yang dapat dilihat dari perubahan dan kondisi wajahnya.

Mitos dan fakta ciri ciri orang hamil dari raut wajah

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah bukan sebuah mitos ya ladies. Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa raut wajah bisa berubah saat hamil. Perubahan ini nyata disebabkan karena sirkulasi darah dan perubahan hormon.

Adanya perubahan ini merupakan hal alami dan wajar pada saat menjalani kehamilan. Kamu bisa mengatasinya dengan terus merawat kulit wajah dengan baik dan menggunakan skincare yang aman untuk ibu hamil. Apa saja ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang bisa terlihat dengan jelas?

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah

Ladies, saat seorang wanita hamil, perubahan tidak hanya terjadi pada perut yang semakin membesar, lho. Terdapat perubahan yang cukup signifikan pada wajah ibu hamil sebagai tanda kehamilan. Ciri ciri orang hamil dari raut wajah antara lain:

1. Wajah kusam dan flek hitam

Tanda seorang wanita hamil yang dapat terlihat dari wajahnya adalah muncul flek hitam dan kusam, wajah kusam adalah hal yang normal. Tubuh akan memproduksi hormone kehamilan lebih banyak sehingga timbul bercak. Flek hitam juga dapat muncul pada area yang terkena sinar matahari seperti dahi, pipi, hidung dan bibir.

2. Pembuluh darah terlihat jelas

Pembuluh darah kecil atau kapiler akan terlihat karena banyaknya darah yang mengalir di tubuh. Peningkatan hormon estrogen menjadi sebab pembuluh darah terlihat dengan jelas saat wanita sedang hamil. Pembuluh juga dapat terlihat pada leher, tenggorokan dan lengan serta akan memudar setelah melahirkan.

3. Kulit lebih sensitive

Meningkatnya hormon pada wanita hamil menyebabkan kulit terasa tipis dan menjadi sensitif. Terkadang jenis sabun dan detergen tertentu bisa menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi kulit.

4. Kulit wajah cerah atau berkilau

Menurut American Pregnancy, ibu hamil akan merasakan ciri ciri orang hamil dari raut wajah yang baik seperti kulit terlihat cerah dan berkilau. Kulit yang cerah disebabkan karena produksi darah yang meningkat sebesar 50% dibandingkan sebelum hamil.

5. Wajah bengkak

Tanda hamil yang selanjutnya bisa terlihat dari wajah yang membengkak, selain itu, tangan dan kaki juga membengkak dan menjadi faktor penambahan berat badan ibu hamil. Kondisi ini akan menghilang setelah melahirkan. Namun jika ternyata bengkak disertai dengan rasa sakit tidak normal, maka kamu bisa segera konsultasi dengan dokter ya, ladies.

6. Banyak jerawat

Jerawat dapat timbul pada usia kehamilan trimester pertama da kedua, tanda hamil ini mungkin mengganggu pada beberapa wanita. Kondisi ini disebabkan peningkatan hormon androgen yang memproduksi minyak lebih banyak. Penumpukan sel kulit mati meningkat dan memicu jerawat muncul.

7. Bulu mata/alis rontok

Ciri ciri orang hamil dari raut wajah bisa terlihat dari bulu dan alis yang rontok. Hal ini bisa terjadi jika asupan makanan pada ibu hamil kurang protein dan vitamin serta kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik.

8. Bercak warna coklat

Bercak wajah berwarna cokelat atau melasma bisa menjadi tanda hamil yang terlihat pada raut wajah. Melasma akan menghilang setelah melahirkan. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 saat ada di luar ruangan sehingga membantu meratakan kembali warna kulit wajah.

9. Kulit wajah kering

Perubahan hormon hamil bisa menyebabkan kulit kering dan kehilangan kelembaban dan elastisitasnya sehingga tampak kering. Gunakan pelembab dengan kandungan tinggi air sehingga wajah bisa normal dan jauh dari kekeringan.

10. Hidung bengkak

Hidung bengkak menjadi salah satu ciri ibu hamil karena peningkatan sirkulasi darah pada membrane mucus selama hamil. Peningkatan ini terjadi karena produksi hormone estrogen dan membuat hidung ibu terlihat lebar dan besar.

Perubahan kulit wajah pada masa kehamilan

Perubahan pada kulit wajah saat hamil terkadang mengganggu ya ladies. Namun hal ini tentu harus dinikmati karena bagian dari perjalanan kehamilan yang normal. Untuk kamu yang mengalami masalah wajah saat hamil kamu bisa tetap rutin dengan mencegah timbulnya masalah dengan cara di bawah ini:

  • Bersihkan wajah dengan sabun brbahan lembut dua kali sehari secara rutin.
  • Keringkan wajah dengan handuk, tepuk perlahan dengan handuk berbahan halus.
  • Hindari menggosok menggunakan scrub untuk kulit wajah
  • Gunakan produk perawatan kulit wajah dan kosmetik dengan bahan aman bersifat non-comedogenic.
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor.
  • Konsumsi makanan sehat bergizi serta buah-buahan, sayur dan perbanyak minum air putih.

Apakah perubahan pada raut wajah harus dikonsultasikan ke dokter?

Kapan harus ke dokter?

Perubahan kulit wajah saat hamil merupakan hal yang normal ya ladies. Sangat jarang ketika perubahan kulit wajah berhubungan dengan kondisi kesehatan. Jika masih dalam tahap wajar, maka yang perlu kamu lakukan adalah tetap merawat kulit dan membersihkannya dengan rutin.

Akan tetapi jika ciri ciri orang hamil dari raut wajah disertai dengan iritasi, gatal, ruam, atau kondisi wajah yang memburuk lebih dari beberapa hari, maka kamu bisa merujuk ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Share artikel ini
Reference