proses kuret seperti apa

Apakah kamu pernah dengar tentang prosedur kuret? Kuret merupakan proses pembedahan singkat yang menyebabkan serviks melebar. Dalam proses ini, akan digunakan instrumen khusus untuk mengikis lapisan rahim.

Sebelum melakukan kuret, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, termasuk prosedur dan efek sampingnya. Nah, agar lebih paham, baca sampai selesai artikel ini untuk tahu proses kuret seperti apa dan alasan melakukan kuret.

Proses kuret seperti apa?

Kuret merupakan prosedur untuk mengangkat jaringan dari dalam rahim. Proses ini memungkinkan untuk mendiagnosis dan mengobati kondisi rahim tertentu.

Seperti pendarahan hebat atau membersihkan lapisan rahim setelah mengalami keguguran. Proses kuret dilakukan dengan menggunakan alat bedah yang disebut kuret untuk membuka bagian bawah rahim yang sempit.

Kuret dilakukan dengan melakukan dua langkah utama, yaitu pelebaran dan kuret.

  • Pelebaran bagian bawah rahim untuk menyisipkan instrumen. Dokter akan memasukkan laminaria ke dalam lubang atau menggunakan obat untuk melunakkan serviks dan membuatnya melebar.
  • Kuret melibatkan pengikisan lapisan dan mengeluarkan isi rahim dengan alat yang bernama kuret. Dokter juga dapat memakai kanula untuk menyedot sisa isi rahim. Hal ini bisa mengakibatkan kram. Sampel jaringan akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa.

Terkadang prosedur lain juga dilakukan bersama dengan prosedur kuret. Misalnya, dokter mungkin merekomendasikan disebut histeroskopi untuk menghilangkan polip atau fibroid.

Alasan melakukan kuret

efek samping kuret
Young Asian doctor woman talking and holding hand for women patient in sick bed. Medicine, age, healthcare, psychiatrist and people concept.

Kamu mungkin perlu melakukan kuret karena alasan tertentu, seperti:

1. Mendiagnosis suatu kondisi

Jika informasi lebih lanjut mengenai kondisi rahim diperlukan, tenaga kesehatan kemungkinan akan merekomendasikan kuret, yang biasanya dilakukan di ruang operasi.

Proses kuret dilakukan untuk mendiagnosis pendarahan uterus abnormal, fibroid, polip, hormon yang tidak seimbang, maupun kanker rahim.

2. Mengobati suatu kondisi

Saat melakukan kuret untuk mengobati suatu kondisi, tenaga medis akan mengeluarkan isi dari dalam rahim, bukan hanya sampel jaringan kecil. Hal ini dilakukan untuk:

  1. Mencegah infeksi atau pendarahan hebat dengan membersihkan jaringan yang tersisa di rahim setelah keguguran
  2. Menghilangkan tumor
  3. Mengatasi pendarahan yang berlebihan setelah melahirkan dengan membersihkan plasenta yang tersisa di dalam rahim
  4. Menghilangkan polip serviks atau rahim, yang biasanya tidak bersifat kanker (jinak)

Bahaya Atau Tidak? Ini Efek Samping Kuret Yang Harus Kamu Ketahui

Prosedur proses kuret

Prosedur melakukan kuret, yaitu:

  • Kamu akan menerima anestesi. Pilihan anestesi yang digunakan tergantung pada alasan kuret dilakukan dan riwayat kesehatan.
  • Kamu akan berbaring dengan tumit yang bertumpu pada penyangga.
  • Tenaga medis akan memasukkan alat yang disebut dengan spekulum ke dalam vagina untuk melihat kondisi serviks.
  • Tenaga medis akan melebarkan serviks secara perlahan sampai terbuka.
  • Tenaga medis akan memasukkan instrumen berbentuk sendok dengan ujung yang tajam yang bernama kuret untuk menghilangkan jaringan rahim.

Ingin Hamil Lagi Namun Cemas, Yuk Simak 7 Tips Cepat Hamil Pasca Kuret

Risiko dan efek samping kuret

ciri-ciri terjadi infeksi setelah kuret
ciri-ciri terjadi infeksi setelah kuret

Efek samping dari kuret yang bisa berlangsung selama beberapa hari, yaitu:

  • Kram ringan
  • Bercak atau pendarahan ringan
  • Mual atau pusing karena efek dari penggunaan bius

Komplikasi dari kuret sebenarnya jarang terjadi. Namun, ada beberapa risiko yang mungkin bisa terjadi, meliputi:

1. Perforasi rahim

Hal ini terjadi ketika alat bedah membuat lubang di rahim. Hal tersebut lebih sering terjadi pada wanita yang baru saja hamil dan yang telah mengalami menopause.

Biasanya, perforasi akan sembuh dengan sendirinya. Namun, jika pembuluh darah atau organ lain terdapat kerusakan, diperlukan prosedur lain untuk memperbaikinya.

2. Kerusakan pada serviks

Jika serviks robek selama kuret, tenaga medis akan memberikan obat-obatan untuk menghentikan pendarahan atau menutup lukanya dengan jahitan.

3. Jaringan parut pada dinding rahim

Jaringan parut pada dinding rahim juga dikenal sebagai sindrom Asherman. Sindrom ini lebih berpotensi terjadi ketika kuret dilakukan setelah keguguran atau melahirkan.

4. Infeksi

Komplikasi setelah melakukan proses kuret juga berisiko menyebabkan infeksi setelah kuret. Risiko Meskipun begitu, infeksi setelah kuret jarang terjadi.

Baca juga: Cara Memperlancar Haid setelah Prosedur Kuret

Kapan harus ke dokter?

Segera ke dokter jika kamu mengalami beberapa hal berikut ini.

  • Pendarahan yang cukup berat sehingga kamu perlu sering mengganti pembalut setiap jam
  • Merasa pusing dalam waktu yang sangat lama
  • Demam
  • Mengalami kram yang berlangsung lebih dari 48 jam
  • Rasa sakit yang semakin parah
  • Keluarnya cairan yang berbau busuk dari vagina

Kuret adalah prosedur untuk mengangkat jaringan rahim. Tenaga medis dapat melakukan kuret dan histeroskopi untuk melakukan diagnosis terhadap pendarahan yang tidak dapat dijelaskan.

Prosedur ini juga perlu dilakukan setelah mengalami keguguran. Jika kamu mengalami keguguran atau mengalami pendarahan, kamu bisa membicarakannya dengan tenaga medis untuk mengetahui apakah kamu memerlukan prosedur kuret.

Share artikel ini
Reference