ipl acne adalah perawatan untuk mengatasi jerawat

Kini ada berbagai prosedur perawatan kulit yang bisa kamu coba, salah satunya IPL acne. IPL acne adalah perawatan kulit untuk mengatasi jerawat dan bekasnya. Tertarik untuk mencoba prosedur ini? Yuk, ketahui dulu manfaat dan efek sampingnya!

Siapa yang tak ingin memiliki kulit yang halus dan bercahaya? Memiliki kulit sehat, halus, dan bercahaya memang menjadi dambaan semua orang, terlebih para kaum hawa. Makanya tak heran jika banyak wanita yang rela merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan demi mendapatkan kulit impian.

Apa itu IPL acne?

Jerawat bukanlah kondisi yang hanya menyerang remaja, tetapi dapat terjadi pada seluruh kalangan usia. Penyebab munculnya jerawat pun bermacam-macam, yaitu genetika, perubahan hormon, faktor lingkungan, hingga stres pun dapat menjadi penyebab jerawat

Tingkat keparahannya pun bisa berbeda-beda pada tiap orang, mulai dari komedo ringan hingga peradangan parah dengan kista yang terbentuk lebih dalam di kulit. Tak hanya itu, jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana saja, tetapi terutama terlihat di wajah, dada, dan punggung. 

Selain komedo, jerawat kistik membutuhkan perawatan kulit khusus. Nah, apabila kamu memiliki masalah jerawat, perawatan IPL ini diyakini dapat membantu meminimalkan keparahan dengan memperlambat produksi minyak secara keseluruhan yang dihasilkan dari peningkatan aktivitas kelenjar sebaceous.

Lantas, apa itu IPL acne? IPL (Intense Pulse Light) acne adalah prosedur perawatan kulit yang menggunakan gelombang cahaya untuk menargetkan dan menghancurkan sel-sel tertentu agar warna dan tekstur kulit semakin baik. 

Tak sedikit orang yang menganggap terapi IPL acne adalah rangkaian yang sama dengan terapi laser. Padahal, faktanya, kedua perawatan ini jelas berbeda. Bahkan, baik IPL maupun laser mempunyai alat dan prosedur perawatan yang berbeda.

IPL acne adalah perawatan kesehatan kulit yang menggunakan berbagai macam gelombang cahaya lampu xenon yang dipadukan agar dapat menyebarkan cahaya pada area yang lebih besar sehingga memungkinkan gelombang cahaya menembus lebih dalam ke dalam kulit. 

Setelah gelombang cahaya diserap oleh kulit, energi cahaya diubah menjadi panas yang menyebabkan penghancuran bintik, kista, dan bakteri yang semuanya dapat menjadi penyebab jerawat. Sementara itu, cahaya pada perawatan laser kurang terkonsentrasi karena hanya menggunakan satu gelombang cahaya.

Cara Mengobati Jerawat Nodul, Bisakah Tanpa ke Dokter? Ini Faktanya!

Apa saja manfaat IPL acne?

ipl acne adalah prosedur perawatan jerawat

Ada beberapa orang yang mungkin lebih memilih rutin menggunakan skincare untuk merawat kulitnya. Namun, tak sedikit juga orang yang memilih untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain menggunakan obat jerawat alami, banyak orang yang akhirnya mencoba berbagai terapi seperti IPL untuk mengatasi masalah kulitnya.

Dengan menggunakan perawatan IPL, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti:

1. Perawatan IPL lebih aman

Apabila kamu memiliki jerawat kistik, biasanya kamu akan disarankan melakukan berbagai terapi. Umumnya, pengobatan jerawat yang intens kerap kali menimbulkan berbagai efek samping yang dapat merusak kesehatan secara keseluruhan. 

Namun, hal ini berbeda dengan IPL acne yang sebaliknya dapat menghilangkan jerawat hingga ke dalam kulit tanpa menyebabkan efek samping atau bahkan kerusakan jaringan.

2. Perawatan IPL langsung menargetkan ke area jerawat

Ketika kamu  memilih perawatan IPL untuk jerawat, maka prosedur perawatan ini akan langsung menargetkan pada titik jerawat itu sendiri dan bukan hanya pada area kulit yang lain.

Pasalnya, gelombang cahaya pada prosedur IPL dapat menargetkan jerawat jauh di dalam kulit dan kemudian menghancurkannya tanpa merusak permukaan kulit.

3. Tidak perlu waktu pemulihan

Perawatan IPL sendiri menggunakan panjang gelombang cahaya yang tersebar, perawatan itu sendiri diyakini tidak menyakitkan seperti halnya obat jerawat oles lainnya yang memerlukan waktu pemulihan setelah perawatan.

Meskipun area perawatan dengan IPL  mungkin terasa seperti terbakar sinar matahari ringan setelah perawatan, hal ini hanya akan berlangsung antara 4-6 jam. 

Selain beberapa manfaat dan kelebihan tersebut, IPL juga dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti:

  • Bintik hitam akibat matahari
  • Bintik penuaan
  • Rosacea
  • Cherry hemangioma atau perubahan warna merah mirip tahi lalat
  • Pigmentasi hormonal

Apa Ciri-Ciri Jerawat Kistik? Yuk, Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Efek samping perawatan IPL

Tak bisa dipungkiri bahwa kulit termasuk salah satu bagian yang paling sensitif. Meskipun perawatan IPL telah menjanjikan keamanan, namun bukan tidak mungkin beberapa orang juga dapat mengalami efek samping.

Meskipun terbilang aman, beberapa efek samping ini bisa terjadi, seperti:

  • Fotosensitivitas atau kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari
  • Nyeri selama perawatan berlangsung
  • Perubahan warna kulit permanen akibat hipopigmentasi atau hiperpigmentasi
  • Kulit tampak memerah
  • Memar

Apabila kulitmu tergolong sensitif, sebaiknya cucilah muka dengan air dingin selama beberapa hari sejak perawatan dilakukan.

Manfaat Bawang Merah untuk Wajah Bebas Flek dan Jerawat, Ini Cara Memakainya!

Berapa lama perawatan IPL acne yang dibutuhkan?

Pada dasarnya, intensitas perawatan yang dibutuhkan tiap orang bisa berbeda-beda tergantung kondisi kulitnya. Namun, biasanya agar hasilnya maksimal, dibutuhkan perawatan IPL lebih dari sekali atau sekitar 3-6 kali perawatan dalam interval 2-4 minggu. Untuk waktu perawatan per sesinya tergantung pada ukuran area kulit yang memerlukan perawatan.

Dari penjelasan di atas, kini kamu tahu bahwa IPL acne adalah prosedur perawatan kulit yang menggunakan gelombang cahaya untuk mengatasi berbagai masalah kulit khususnya kulit berjerawat. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Sebaiknya kamu konsultasikan dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu, ya!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference