puasa saat hamil muda

Puasa di bulan Ramadan hukumnya wajib bagi umat muslim yang mampu, sehat jasmani, dan juga sehat rohani. Hukum ini bisa berubah tergantung dari kondisi kesahatan tubuh, termasuk kondisi tubuh ketika sedang hamil. Lalu, bolehkah puasa saat hamil muda?

Yuk, cari tahu apakah puasa saat hamil muda itu diperbolehkan atau tidak! Jika kamu sedang hamil muda dan ingin berpuasa, simak juga tips aman puasa di artikel ini.

Bolehkah puasa saat hamil muda?

Ibu hamil sebenarnya tidak diwajibkan untuk menjalani puasa di bulan suci Ramadan, apalagi jika merasa khawatir akan terjadi sesuatu pada janin saat berpuasa. Dampak buruk jika berpuasa biasanya tergantung dari kondisi kesehatannya secara keseluruhan.

Seorang wanita dikatakan hamil muda jika usia kehamilannya berada pada usia trimester 1, yaitu 1-13 minggu. Pada fase trimester ini, kamu akan mengalami keluhan yang tidak biasa, seperti lemas, pusing, muntah, dan mual. Itulah alasan puasa saat hamil muda menjadi tidak wajib jika ada keluhan tersebut.

Beberapa penelitian mengatakan, puasa yang aman bagi ibu hamil adalah ketika usia kandungan berada di trimester 2, 4-7 bulan. Usia kehamilan kurang dari 4 bulan rentan keguguran, sedangkan usia lebih dari 7 bulan biasanya akan sering mengalami kelelahan.

Jika tidak merasakan adanya keluhan, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa. Kondisi kehamilan setiap orang berbeda-beda, maka kewajiban berpuasa pun akan berbeda pula, terutama menyangkut pemenuhan gizi agar janin tetap sehat dan tumbuh sempurna.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa puasa saat hamil:

  1. Tidak memicu bayi lahir lebih awal atau prematur
  2. Tidak membuat bayi lahir dengan berat yang rendah
  3. Mengurangi risiko penambahan berat badan
  4. Mengurangi risiko terkena diabetes gestasional (berpuasa saat trimester kedua)

Dibilang Bikin Batal, Apa Penyebab Muntah Saat Puasa pada Ibu Hamil?

Tips aman puasa saat hamil

tips puasa aman saat hamil muda

Puasa saat hamil muda hukumnya tidak wajib, boleh dilakukan atau tidak tergantung dari kondisi kesehatannya dan janin yang dikandung. Namun, jika tetap ingin berpuasa, berikut tips aman yang bisa kamu lakukan!

1. Perbanyak minum air putih

Saat hamil, kamu membutuhkan cairan lebih banyak. Jika berpuasa, maka memperbanyak minum air putih akan membantu terhindar dari dehidrasi. Saat sahur dan berbuka puasa, kamu wajib minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Selain air putih, pemenuhan kebutuhan cairan tubuh juga bisa didapatkan dari konsumsi makanan. Kamu perlu mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saat sahur dan berbuka puasa. Hindari mengonsumsi soda, teh, dan kopi.

2. Konsumsi makanan bergizi

Semua orang yang menjalankan ibadah puasa sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka, termasuk ibu hamil. Konsumsi makanan bergizi yang mengandung nutrisi sehat dan seimbang akan menjaga tubuh dan janin tetap sehat.

Panduan Pola Makan Ibu Hamil saat Puasa

3. Kontrol berat badan

Puasa saat hamil muda bukan berarti kamu bisa mengonsumsi semua jenis makanan. Janin memang membutuhkan asupan makanan yang cukup, tetapi dengan tetap memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka, termasuk mengontrol berat badan.

Pastikan juga berat badan sebelum berpuasa berada pada kategori normal pada usia trimester kehamilan kamu saat ini. Berat badan berlebih atau kurang dapat memengaruhi kesehatan pada janin. Oleh karena itu, pantau selalu berat badanmu dan konsultasikan dengan dokter.

4. Istirahat yang cukup

Puasa saat hamil tidak akan memberikan dampak buruk pada janin jika kamu juga mempunyai waktu istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan membuat badan lebih segar, berenergi, dan tidak gampang lemas. Hal ini juga akan mengurangi risiko stres ketika berpuasa.

5. Kurangi pekerjaan rumah tangga

Kamu perlu bekerja sama dengan suami untuk melakukan tips ini. Sebaiknya kamu tidak melakukan pekerjaan rumah tangga yang terlalu berat. Kamu bisa meminta bantuan suami kamu untuk melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga secara bergantian.

Kamu perlu segera menghubungi dokter kandungan jika muncul beberapa gejala berikut:

  • Berat badan turun atau naik secara drastis
  • Menjadi sangat haus dan jarang buang air kecil (risiko infeksi saluran kemih)
  • Merasa pusing, lemah, bingung atau lelah

10 Sumber Nutrisi Ibu hamil Saat Puasa Agar Aman dan Lancar

Itulah penjelasan tentang puasa saat hamil muda dan tips aman yang bisa kamu terapkan. Jika kamu sendiri tidak yakin dengan kondisi kesehatan saat ini, segera berkonsultasi dengan dokter ya, Moms! Selamat menunaikan ibadah puasa.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference