cara mengatasi kulit belang

Warna kulit yang tidak merata atau kulit belang adalah masalah yang pernah dialami oleh sebagian orang. Namun, ternyata penyebabnya dapat bervariasi, tidak hanya berasal dari panas matahari. Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit belang? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini, Yoonies!

Apa saja penyebab kulit belang?

Penyebab kulit belang paling umum memang akibat paparan sinar matahari. Selain itu, berikut penjelasan detail mengenai penyebab kulit belang:

1. Paparan sinar matahari

Ketika kulit tak terlindungi dari sinar matahari atau tidak menggunakan pelindung untuk waktu yang lama, mekanisme pertahanan kulit akan memproduksi melanin dalam jumlah berlebih untuk melindungi dari radiasi ultraviolet matahari. Hal inilah yang kulit menjadi gelap.

2. Inflamasi atau peradangan

Flek, warna kulit yang tak merata, atau kulit belang sering kali timbul setelah kamu mengalami kondisi tertentu, seperti jerawat, cacar air, eksem, atau bahkan karena terluka. Warna kulit yang menggelap bisa juga akibat inflamasi atau peradangan.

3. Ketidakseimbangan hormon

Selain paparan sinar matahari atau karena tubuh sedang mengalami peradangan, ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit belang, lho.

4. Faktor genetika 

Kulit orang-orang yang memasuki usia paruh baya dan seterusnya mulai kehilangan kekenyalan dan warna kulitnya tampak tak merata atau belang. Bintik-bintik akibat penuaan, garis-garis halus, dan kerutan membuat warna kulit menjadi belang.

5. Polusi

Terus-menerus terpapar polutan seperti debu, asap, emisi kendaraan, bahan kimia, dan karbon dioksida dapat merusak kulit. Polutan yang terbawa udara diam-diam meresap melalui pori-pori dan menyerang cadangan kolagen dan elastin kulit. 

Dalam kondisi seperti itu, sistem kekebalan tubuh meningkatkan produksi melanin yang kaya akan antioksidan untuk mengatasi ancaman radikal bebas. Namun, produksi melanin yang berlebihan juga menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata atau belang.

Ciri Ciri Kanker Kulit yang Tak Boleh Diabaikan, Ini Cara Mendeteksinya!

Cara mengatasi kulit belang

Perawatan secara alami ditambah perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat memiliki dampak yang cukup signifikan dalam mengurangi hiperpigmentasi atau warna kulit yang tidak merata. Beberapa di antaranya bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa bantuan dokter:

1. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit 

Produk skincare atau kosmetik bisa mengakibatkan jerawat, kulit kering, atau terkelupas jika tidak cocok dengan jenis kulit. Bekas jerawat atau kulit yang terluka akan menyebabkan kulit menjadi belang. Oleh karena itu, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit.

2. Lakukan eksfoliasi secara teratur dan hati-hati

Eksfoliasi membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati sehingga mengurangi tampilan kulit yang belang. Cobalah untuk eksfoliasi secara rutin 2 kali seminggu.

3. Gunakan sunscreen

Oleskan tabir surya atau sunscreen dengan SPF 30 atau lebih setiap hari, baik saat kamu beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Ingatlah untuk mengoleskan kembali sunscreen setiap 2-3 jam sekali untuk menjaga kulit tetap terlindungi.

4. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat akan mendukung kesehatan kulit. Pastikan kamu mencukupi kebutuhan air setiap harinya, tidur berkualitas, menerapkan pola makan yang sehat, hingga berolahraga secara teratur.

5. Lakukan perawatan dan konsultasi dengan dokter kulit jika ingin hasil maksimal

Jika kamu mencari hasil yang cepat untuk mengatasi kulit belang, dokter mungkin akan menyarankan laser, IPL, peeling, dan treatment lainnya. Selalu konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk menentukan perawatan yang cocok denganmu.

Punya Kulit Kering? Ini Ciri-Cirinya Dan Cara Merawatnya Supaya Glowing

Itulah penyebab dan cara mengatasi kulit belang yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba cara-cara di atas, Yoonies! Pastikan kamu selalu menjaga gaya hidup sehat dan menggunakan sunscreen di dalam maupun luar ruangan.

Share artikel ini
Reference