cara membuat bibimbap
Hidup Sehat Nutrisi

Cara Membuat Bibimbap Khas Korea Sendiri di Rumah, Mudah dan Praktis!

dr. Wisniaty Condro | April 13, 2022
Share

Suka nonton drama Korea atau hobi kulineran? Kamu pasti enggak asing dengan salah satu makanan Korea yaitu bibimbap. Dengan bahannya yang sederhana, bibimbap adalah salah satu pilihan makanan yang bisa kamu buat di rumah dengan mudah.

Selain bernutrisi, makanan yang memadupadankan sayuran dan daging ini dinilai bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Penasaran bagaimana cara membuat bibimbap? Yuk, simak dulu penjelasan seputar bibimbap di bawah ini.

Apa itu bibimbap?

Bibimbap (비빔밥) adalah nasi campur khas Korea yang terdiri dari berbagai campuran sayuran dan daging. Bisa disajikan bersama dengan saus gochujang (고추장) atau saus pedas manis, bibimbap diambil dari kata bibim yang artinya mencampur dan bap yang berarti nasi.

Di Korea, bibimbap memiliki banyak jenis tergantung topping, saus, hingga daerah asal bibimbap dibuat. Berikut adalah beberapa jenis bibimbap yang perlu kamu ketahui:

  • Bibimbap Sannamul (terdiri dari sayuran)
  • Bibimbap jeyuk (terdiri dari babi pedas)
  • Bibimbap haemul (terdiri dari campuran makanan laut)
  • Bibimbap yeolmu (terdiri dari lobak muda)
  • Bibimbap dolsot (tediri daari sayuran dan daging)
  • Hweodopbap (terdiri dari ikan)

Selain beberapa jenis bibimbap di atas, ada salah satu bibimbap yang paling terkenal yaitu bibimbap Jeonju. Bibimbap jenis ini menggunakan setidaknya 30 topping sehingga lebih rumit untuk dihidangkan.

Meskipun begitu, masih banyak kok jenis bibimbap rumahan yang bisa dibuat dengan mudah. Kamu bahkan bisa menemukan beberapa bahan umum yang biasanya tersedia di kulkas rumah kamu.

Lantas, apa saja bahan-bahan yang terkandung di dalam bibimbap?

Kandungan dalam bibimbap

Secara umum, nasi campur khas Korea yang satu ini terdiri dari campuran daging, sayuran, serta telur ceplok. Entah itu campuran seperti tauge, bayam, mentimun, jamur, hingga wortel, bibimbap dinilai mengandung sejumlah serat dan vitamin.

Sayangnya, karena bibimbap menggunakan nasi maka bibimbap juga dianggap sebagai makanan yang memiliki karbohidrat tinggi. Oleh karena itu, beberapa mungkin mengakali nasi putih menjadi nasi merah.
Bibimbap juga terdiri dari daging dan saus gochujang yang terkadang diberikan sedikit tambahan gula dan minyak wijen. Alhasil, nasi campur yang satu ini mengandung lemak, gula, serta kolesterol.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir sebab kandungan dalam bibimbap bisa kamu ubah sesuai selera. Artinya, jika kamu adalah vegetarian maka kamu bisa melewati daging dan menambahkan beberapa sayuran lainnya seperti lobak, bawang, daun selada, kubis merah, kimchi, hingga rumput laut panggang.

Bicara tentang kandungan bibimbap, kamu yang sedang menjaga berat badan tubuh mungkin penasaran dengan jumlah kalori bibimbap. Berikutnya adalah jumlah kalori dari bibimbap.

Kalori bibimbap

Satu porsi bibimbap yang terdiri dari campuran sayuran dan irisan daging diperkirakan mengandung sekitar 634 hingga 710 kalori. Kalori ini dipecah ke dalam tiga kategori yaitu lemak sebesar 28 hingga 46%, karbohidrat sebesar 53 hingga 56%, serta protein sebanyak 12 sampai 15%.

Jika kamu ingin tahu dan memastikan kandungannya secara terperinci, berikut adalah penjabarannya:

  • Lemak jenuh 4,18 gram
  • Lemak tak jenuh ganda 4,41 gram
  • Lemak jenuh tunggal 9,45 gram
  • Kolesterol 126-239 mg
  • Natrium 376 mg
  • Karbohidrat 78-88,26 gram
  • Serat 2,9 gram
  • Gula 1-12 gram
  • Protein 21-24,16 gram
  • Sodium 418 mg
  • Potassium 522 mg
  • Vitamin D 1 mcg
  • Kalium 509 mg

Tidak hanya itu, bibimbap juga menawarkan sejumlah nutrisi seperti vitamin A sebesar 169 mcg atau sekitar 209%, vitamin C sebanyak 8,7 mg atau sebesar 45%, kalsium sebesar 78 mg atau 10%, serta besi sekitar 2,97 mg.

Lalu, apa saja manfaat yang kamu peroleh saat menyantap nasi campur khas Korea ini?

Manfaat makan bibimbap untuk kesehatan

Bibimbap masuk dalam kategori makanan diet tinggi kalori. Dengan porsinya yang dinilai cukup besar, seseorang akan merasa kenyang lebih lama.

Di sisi lain, bibimbap mengandung banyak sayuran hijau hingga parutan rumput laut yang bisa membantu menurunkan berat badan. Namun demikian, kandungan daging pada bibimbang bisa saja menyebabkan penambahan berat badan.

Oleh karena itu, jika kamu menggunakan daging sebagai bahan campuran bibimbap, pilihlah daging tanpa lemak. Biarpun mungkin masih tinggi kalori, menambah campuran sayur dan menggunakan daging tanpa lemak bisa saja mengurangi kandungan lemak dan karbohidrat.

Terakhir, ingatlah bahwa bibimbap terdiri dari telur dan sayuran seperti wortel hingga bayam. Sayuran yang dilengkapi dengan telur memberikan banyak nutrisi, protein, kalsium, dan potassium. Selain mendukung pengurangan berat badan, kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh.

Cara membuat bibimbap yang sehat

Pada dasarnya, bibimbap adalah makanan sederhana dengan bahan yang mudah ditemukan dan dibuat. Meskipun mungkin terlihat sulit, kamu bisa menemukan bahan-bahan dasar untuk membuat bibimbap di kulkas kamu.

Selain mencampur bahan dengan saus gochujang, berikut adalah cara membuat bibimbap yang sehat:

  • Iris daging tipis-tipis dan lakukan marinasi selama 20 menit
  • Tumis daging yang telah dimarinasi selama 2 hingga 3 menit
  • Sayuran seperti bayam bisa direbus, diasinkan, atau digoreng sebelum dibumbui
  • Sayuran seperti mentimun bisa diiris tipis secara melintang, ditaburi garam, diamkan selama 10 sampai 15 menit, diperas, kemudian dicampur dengan bumbu.
  • Jika kamu menggunakan jamur dan wortel, irislah kedua bahan tersebut lalu ditumis dengan sedikit minyak, garam, dan merica selama 1 hingga 2 menit
  • Terakhir ceplok telur sebagai topping tambahan bibimbap

Setelah selesai, kamu bisa menyajikan topping bersama dengan nasi yang masih hangat. Tata topping di atas nasi dengan baik dan bibimbap siap untuk disantap!

Agar bibimbap kamu makin menyehatkan, ada sejumlah tips mengonsumsi bibimbap yang harus kamu coba. Cek tipsnya di bawah ini.

Tips mengonsumsi bibimbap

Jika kamu vegetarian maka kamu bisa melewati penggunaan bahan seperti daging dan telur. Agar tidak mengurangi kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam bibimbap, kamu bisa menggunakan topping tambahan lainnya seperti tahu.

Sementara, jika kamu tidak mengonsumsi daging sapi, kamu bisa menggantinya dengan daging ayam atau bahkan daging babi pedas. Agar bibimbap terasa makin nikmat, kamu bisa menghidangkannya di atas wadah saji besi atau hot plate.

Reference
Share