cara memberi kepastian kepada wanita

Memberikan kepastian kepada pasangan adalah salah satu fondasi penting dalam menjaga hubungan yang sehat dan bahagia. Namun, tidak sedikit orang masih sulit untuk memberikan kepastian pada pasangan.

Tapi sebenarnya bagaimana sih cara memberi kepastian sehingga pasangan bisa tahu kalau kamu juga sebenarnya serius dan mengharapkan hubungan yang lebih mendalam dalam jangka waktu panjang. Berikut ulasannya.

Apa itu kepastian?

Kepastian dalam hubungan mengacu pada perasaan keyakinan dan jaminan bahwa pasangan akan tetap berada di sisi kamu, memprioritaskan hubungan, dan mempertahankan komitmen dalam jangka panjang. Ini adalah kepercayaan bahwa hubungan akan menjadi lebih stabil, aman, dan berlangsung dalam jangka panjang.

15 Cara Menjaga Hubungan Pacaran Agar Tidak Bosan, Simpel Tapi Ampuh!

Cara memberi kepastian pada wanita

cara mengakhiri hubungan toxic

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara memberi kepastian pada wanita, kamu bisa coba beberapa cara berikut ini. 

1. Jaga Komunikasi 

Berbicaralah dengan jujur ​​dan terbuka tentang perasaan, harapan, dan kebutuhan kamu dalam hubungan. Dengarkan dengan empati ketika wanita berbicara, dan tunjukkan bahwa  memperhatikannya.

2. Tetap setia dan dapat diandalkan

Cara memberikan kepastian pada pasangan adalah dengan tetap setia dan dapat diandalkan. Dengan begitu, pasangan bisa yakin akan hubungan yang ia jalani.

Kesetiaan dan konsistensi adalah kunci untuk memberikan kepastian pada wanita. Tetaplah setia dan jangan melanggar kepercayaan yang telah dibangun. Pastikan bahwa kata-kata dan tindakan kamu memang  selaras sehingga pasangan tahu bahwa kamu dapat diandalkan.

3. Luangkan waktu untuk pasangan  

Berikan perhatian dan waktu yang cukup untuk wanita. Jadwalkan kualitas waktu bersama, untuk memperkuat hubungan. Tunjukkan bahwa kamu memang menghargai dan peduli dengan kehadirannya.

4. Saling mendukung

Bentuk komitmen lainnya adalah dengan saling memberi dukungan. Biarkan kekasih kamu untuk mewujudkan mimpi, tujuan dan keinginannya. Bantu ia untuk mencapai potensinya dengan memberikan dorongan, motivasi, dan dukungan emosional. Jadilah pendukung terbaiknya dalam segala hal.

Ternyata Take and Give Penting Untuk Bangun Hubungan Yang Sehat

5. Jaga keterbukaan dan kejujuran

Cara memberi kepastian selanjutnya adalah dengan menjaga keterbukaan dan kejujuran. Berbagi dengan jujur ​​tentang perasaan, pemikiran, dan harapan  membantu membangun kepastian atau komitmen dalam hubungan. Jangan menyembunyikan hal-hal penting atau membuat wanita merasa tertipu. Keterbukaan adalah kunci untuk membangun kepercayaan dan kepastian.

6. Perhatikan detail dan perhatian kecil

Perhatikan kebutuhan dan keinginan wanita. Kenali minatnya, ingat tanggal penting, dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal kecil yang membuatnya merasa istimewa. Perhatian pada detail akan memberikan kepastian bahwa kamu peduli dan memperhatikannya.

7. Sampaikan komitmen dan rencana masa depan

Ini mungkin menjadi komitmen yang paling penting untuk wanita. Jelaskan komitmen dalam hubungan dan berbagi visi masa depan kamu bersama. Ini memberikan kepastian kepada wanita bahwa kamu serius tentang hubungan ini dan ingin membangun masa depan yang berkelanjutan bersamanya.

Penyebab ketidakpastian dalam cinta

ciri hubungan toxic relationship

Dalam hubungan, kadang tidak semulus yang diharapkan. Bahkan beberapa pasangan juga kerap tidak memberikan kepastian dalam hubungan mereka. Tapi apa saja sih penyebab ketidakpastian dalam cinta?

Ketidakpastian dalam hubungan sebagian merupakan reaksi alami yang muncul dari keinginan kita untuk melindungi diri sendiri. Kebanyakan orang begitu fokus untuk mencapai hubungan yang sukses sehingga mereka memiliki kecemasan dalam hubungan, karena mereka selalu khawatir hubungan mereka saat ini akan gagal. Mereka tidak akan pernah menemukan kepastian.

Dalam beberapa kasus, ketidakpastian hubungan bisa menjadi ekstrem dan berasal dari rasa tidak aman yang parah. Misalnya, beberapa orang mungkin memiliki keterikatan yang tidak aman, yang dapat menyebabkan rasa takut ditinggalkan dan perasaan bahwa suatu hubungan ditakdirkan untuk gagal setiap kali masalah kecil muncul dengan sendirinya.

Attachment atau gaya keterikatan yang tidak aman dapat berkembang karena pelecehan dan penelantaran anak atau pengasuhan yang tidak konsisten dari orang tua. Ini justru menyebabkan ketidakpastian dalam hubungan asmaranya kelak. 

Itulah ulasan mengenai cara memberi kepastian. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk memberikan kepastian pada pasangan. Penting untuk mengekspresikan kepastian tersebut sehingga pasangan tidak lagi ragu akan hubungan yang kalian jalani.

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference