Siapa yang suka makan tape singkong? Tape singkong adalah salah satu jenis makanan tradisional Indonesia yang sangat populer. Tape singkong terbuat dari tepung singkong yang difermentasi, sehingga memiliki rasa khas dan aroma yang khas. Karena rasanya yang enak, banyak orang mengonsumsinya secara berlebihan tanpa memikirkan berapa kalori tape sebenarnya.

Tape singkong memiliki tekstur yang lembut dan gurih, sehingga banyak dipilih sebagai camilan atau bahkan sebagai makan siang. Saat ini, tape singkong juga tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti rasa keju, rasa original, dan rasa lainnya.

Nah, agar tahu lebih banyak tentang tape singkong dan berapa kalori tape jenis ini, yuk simak penjelasan berikut!

Kalori tape singkong

manfaat tape singkong

Kamu sedang berusaha mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuhmu? Nah, kamu wajib tahu berapa kalori tape singkong.

Setiap 100 gram tape singkong memiliki kandungan kalori sekitar 170-200 kalori. Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat sekitar 42,5 gram, protein sekitar 0,5 gram, dan lemak sekitar 0,1 gram.

Walaupun memiliki kandungan kalori yang tinggi, tape singkong masih bisa menjadi pilihan makan yang sehat jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Misalnya dengan membatasi porsi makan. Selain itu, pastikan kamu memilih tape singkong yang berkualitas dan diproses dengan baik agar kandungan gizinya tetap terjaga.

Manfaat tape untuk kesehatan

kalori tape

Karena kandungan nutrisi di dalamnya yang cukup banyak, ada beberapa manfaat tape untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan, seperti:

1. Menghangatkan tubuh

Khasiat tape singkong sangat baik untuk menghangatkan tubuh. Makanan ini sangat cocok untuk cuaca dingin. Hal ini karena kandungan alkohol (kadar rendah) pada tape singkong dapat menghangatkan tubuh.

Selain itu, makanan ini juga bisa dikonsumsi saat kamu mengalami demam ringan dan merasa tidak enak badan. Itu karena tape singkong dapat menghangatkan darah dan merangsang kulit agar tetap hangat.

2. Memberikan energi

Keunggulan lain dari tape singkong adalah dapat dijadikan sebagai makanan penambah energi. Hal ini dikarenakan tape singkong merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang banyak mengandung karbohidrat.

Konsumsi tape singkong sama dengan nasi dan sumber karbohidrat lainnya. Karbohidrat merupakan sumber energi yang membantu memecah dan menutrisi tubuh sel. Hasilnya, tubuhmu akan terasa lebih kuat dan berenergi sepanjang hari.

3. Mencegah anemia

Tape singkong dipercaya dapat mencegah anemia karena mengandung vitamin B12. Vitamin ini dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Selain itu, berbagai studi menunjukkan bahwa proses fermentasi pada pembuatan tape singkong dapat meningkatkan kandungan vitamin B12 di dalamnya.

Kalori Kue Lapis Rendah, Yuk Ketahui Resep Membuatnya!

4. Membantu mengurangi jerawat

Manfaat mengejutkan dari makan tape singkong adalah membantu mengurangi jerawat. Jika kamu kesal karena punya banyak jerawat, cobalah mengonsumsi makanan yang satu ini.

Manfaat kalori tape singkong untuk mengatasi jerawat diklaim berasal dari kandungan senyawanya yang dipercaya mampu menetralkan racun penyumbat pori. Meski begitu, kamu harus mengonsumsi tape singkong secukupnya untuk menghindari risiko efek samping.

5. Sumber probiotik

Dibuat dengan proses fermentasi, tape singkong juga merupakan sumber probiotik. Banyak mikroorganisme yang terlibat selama proses fermentasi untuk membentuk sari pati probiotik yang unggul. Probiotik dikatakan mampu melawan bakteri dan virus dalam sistem pencernaan.

6. Baik untuk sistem pencernaaan

Kandungan probiotik dalam tape singkong, ditambah asam laktat, membuat makanan ini mampu menangkal bakteri dan meningkatkan kinerja bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Selain itu, konsumsi singkong secara teratur diduga dapat mendukung proses sekresi, sehingga terhindar dari risiko sembelit.

Berapa Kalori Strawberry? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan!

7. Baik untuk otot dan saraf

Proses fermentasi kalori tape singkong dapat meningkatkan kandungan tiamin, juga dikenal sebagai vitamin B1. Thiamin dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem saraf dan kualitas otot tubuh manusia. Hal ini pula yang menyebabkan beberapa orang merasa lebih sehat dan energik setelah mengkonsumsi tape singkong.

Itulah beberapa informasi tentang kalori tape singkong serta manfaat makanan ini bagi kesehatan. Meskipun kalorinya tinggi, kamu yang sedang diet tetap bisa mengonsumsi asal kamu tetap memperhatikan porsinya, yaa!


Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference