cara mengompres perut agar cepat haid

Mungkin kamu pernah mendengar tentang mengompres perut agar cepat haid. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk penjelasan tersebut.

Beberapa orang beralasan mengompres perut dengan mungkin didasarkan atas fakta bahwa air dingin membantu otot untuk kembali segar.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran, yuk kita lihat benarkah ada cara mengompres perut agar cepat haid?

Cara mengompres perut agar cepat haid

Memanaskan tubuh (terutama perut) dengan mandi air hangat selama 20-30 menit dipercaya bisa mempercepat haid.

Nah, sebaiknya lakukan beberapa hari berturut-turut, atau dengan menggunakan bantal pemanas untuk memulai siklus menstruasi dengan meletakkannya di perut bagian bawah, bisa efektif.

Mandi air hangat atau kompres di perut dapat melakukan keajaiban untuk mengendurkan otot-otot yang tegang, menghilangkan stres emosional, dan meningkatkan aliran darah.

Hal ini karena air hangat mampu membuka sirkulasi darah sehingga membuat tubuh lebih tenang.

Tidak ada bukti ilmiah mengapa ini berhasil, tetapi tampaknya ini adalah cara yang cukup universal untuk membantu menyelesaikan sesuatu.

Diperkirakan bahwa panas melemaskan otot-otot di perut dan daerah panggul, memungkinkan aliran darah yang tepat ke rahim untuk memulai proses menstruasi.

Mengompres dengan salah satu dari air tersebut bukannya tidak berefek. Mereka hanya tidak memberikan dampak yang bisa disebut sebagai mempercepat.

Karena hal utama yang mengatur soal haid kamu adalah hormon.

Cara Agar Mempercepat Haid, Yuk Coba 10 Jenis Makanan Ini!

Cara lain untuk mempercepat haid

Cara mempercepat haid

Jika kamu mengharapkan haid, mungkin saja untuk memacu aliran darah sedikit lebih cepat, tetapi lakukanlah dengan banyak pertimbangan. Kamu juga bisa mencoba cara lain, seperti berikut:

Relaksasi

Stres berat mempengaruhi hormon seks seperti estrogen dan dapat menyebabkan gangguan sementara pada haid. Cobalah mandi air hangat, bermeditasi, berjalan-jalan, atau mengobrol dengan teman baik — apa pun yang membantu kamu melepas lelah.

Baca juga:

Nanas

Enzim bromelain yang ditemukan dalam nanas memiliki sifat anti-inflamasi dan dikabarkan dapat melunakkan serviks untuk mempercepat persalinan, tetapi tidak ada penelitian yang mendukung hal ini.

Penelitian memang mendukung penggunaan nanas untuk mengurangi peradangan, sehingga mungkin membantu kamu merasa baik saat sedang menstruasi.

Nanas juga aman dikonsumsi selama kehamilan. Tidak ada cukup bromelain dalam nanas untuk memicu menstruasi atau menginduksi persalinan.

Sedikit informasi untukmu, bromelain dalam nanas dihancurkan selama proses pengalengan, jadi nanas kalengan mungkin lebih tidak berguna daripada nanas yang segar dalam mempengaruhi perubahan siklus menstruasimu.

Intinya: Nanas sehat dan merupakan sumber bromelain yang baik, yang mengurangi peradangan. Jadi mengapa tidak menggigit beberapa terlepas?

Apakah Nanas Bisa Melancarkan Haid? Cek Faktanya Sebelum Konsumsi!

Pepaya

Dalam pengobatan ayurveda, diperkirakan bahwa makan pepaya mentah dapat membantu mencegah haid terlambat, dan beberapa praktisi pengobatan alternatif menyarankan pepaya mentah karena diduga dapat menyebabkan “aliran menstruasi yang tepat.”

Sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa pepaya tampaknya memiliki sifat “anti-fertilitas” dan bertindak sebagai aborsi, sehingga bisa berbahaya bagi wanita hamil.

Pepaya memiliki banyak vitamin dan mineral, jadi jika kamu tidak hamil, jangan ragu untuk memanjakan diri.

Jahe

Jahe adalah obat tradisional Tiongkok yang dianggap dapat merangsang aliran darah menstruasi dan “chi” (kekuatan hidup).

Tidak ada penelitian yang cukup untuk membuktikan keefektifannya dalam menginduksi menstruasi, tetapi jahe memang memiliki kredibilitas anti-inflamasi dan telah digunakan selama berabad-abad untuk meredakan sakit perut.

Tidak ada salahnya mencoba teh jahe. Potong satu sendok makan jahe segar dan rendam dalam secangkir air panas selama 5 menit.

Vitamin C

Vitamin C diduga meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron, menyebabkan rahim berkontraksi dan lapisan rahim rusak.

Namun, tidak ada cukup bukti ilmiah untuk mendukung hal ini. Yang pasti, vitamin C baik untukmu, jadi isi piring kamu dengan kangkung, buah jeruk, dan brokoli, dan lihat apa yang terjadi.

11 Sayuran yang Mengandung Vitamin C, Pilih Yang Kamu Suka!

Dong quai

Beberapa penelitian kecil mendukung keefektifan ramuan Cina ini untuk mengurangi gejala PMS dan menopause dan untuk menghilangkan hot flashes, tetapi para peneliti tidak begitu mengerti bagaimana caranya.

Ramuan ini juga dianggap merangsang aliran darah, jadi mungkin bisa membantu dalam menginduksi menstruasi. Ingat, dong quai tidak boleh digunakan selama kehamilan karena dapat menyebabkan kontraksi rahim dan menyebabkan keguguran.

Teh peterseli

Kamu mungkin pernah menemukan resep teh peterseli untuk mempercepat menstruasi. Kandungan vitamin C dan apiol yang ditemukan dalam peterseli dapat membantu merangsang kontraksi rahim, namun sejumlah apiol beracun dan berbahaya bagi wanita hamil. Peterseli apiol dalam dosis besar dapat menyebabkan sakit perut yang parah, muntah, diare, dan bahkan kematian.

Berhubungan seks

Umumnya, seks tidak akan menyebabkan seseorang mengalami menstruasi jika tidak pada waktu itu. Namun, jika mereka berhubungan seks sekitar waktu menstruasi – sekitar 24 jam sebelum perkiraan dimulai – kamu mungkin melihat menstruasi mereka dimulai.

Hal ini juga dapat terjadi jika kamu menjalani pemeriksaan panggul tepat sebelum menstruasi, karena dapat membuka serviks sedikit lebih lebar.

Jika melakukan hubungan seks secara teratur menyebabkan pendarahan dan menstruasi yang teratur seharusnya tidak datang dalam waktu dekat, berbicaralah dengan dokter untuk menentukan apakah ada masalah yang perlu ditangani.

6 Cara Cepat Menstruasi Untuk Anak yang Belum Menstruasi

Share artikel ini
Reference