decidual cast

Bagi sebagian besar wanita, menstruasi adalah hal yang normal. Kecuali jika kamu sedang hamil atau memiliki kondisi kesehatan seperti PCOS yang membuat haid tidak teratur. Tidak hanya itu, ternyata ada jenis masalah lain dalam haid, dikenal dengan kondisi decidual cast

Kondisi ini cukup langka dan terjadi ketika tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya. Meskipun tidak dianggap mengancam kesehatan, decidual cast membuat rahim alih-alih meluruhkan lapisannya selama beberapa hari (saat haid), rahim akan luruh sekaligus dan muncul dalam bentuk gumpalan.

Apa itu decidual cast?

Berapa lama menstruasi pada wanita

Decidual Cast adalah gumpalan jaringan besar dan utuh yang keluar dari vagina. Hal ini terjadi ketika lapisan lendir rahim yang tebal, yang disebut desidua, luruh dalam bentuk yang hampir sama persis dengan bentuk rongga rahim, sehingga menciptakan gumpalan berbentuk segitiga. Istilah medis yang digunakan dokter untuk hal ini adalah dismenore membranosa. 

Untuk lebih memahami kondisi ini, akan sangat membantu jika kamu mengerti tentang apa yang terjadi di dalam rahim selama siklus menstruasi. Jadi, selama siklus menstruasi, endometrium (lapisan rahim) akan menebal. Hal ini terjadi karena tubuh sedang mempersiapkan rahim untuk kemungkinan kehamilan. 

8 Tanda Detox Rahim Berhasil? Ini Tips Detox Rahim!

Jika tidak hamil pada siklus tersebut, kamu akan mengalami menstruasi. Lapisan yang sekarang tebal ini akan luruh selama beberapa hari, sedikit demi sedikit. Jika pada umumnya rahim meluruhkan darah haid selama 5-6 hari lamanya, rahim dengan decidual cast hanya akan meluruhkannya satu kali, sekaligus dalam jumlah yang banyak. 

Gejala decidual cast

Gangguan menstruasi

Dokter mungkin tidak tahu pasti apa penyebabnya. Tetapi kemungkinan bahwa hal ini dapat menjadi tanda kehamilan ektopik (kehamilan yang terbentuk di luar rahim) atau terkait dengan kontrasepsi hormonal dengan progesteron.

A-Z Fungsi Hormon Progesteron Untuk Tubuh Wanita

Decidual Cast bisa sangat menyakitkan, kamu mungkin akan mengalami gejala seperti:

  • Kram perut yang menyakitkan
  • Perdarahan vagina yang berat
  • Mual
  • Pusing hingga pingsan

Namun, setelah semuanya luruh, gejala-gejala tersebut akan segera hilang. Saat keluar, gumpalan akan terlihat berwarna merah muda, berdaging, dan padat. Terkadang mungkin terlihat mengkilap karena terbuat dari jaringan, lendir, dan gumpalan darah.

Penyebab decidual cast

mitos menstruasi

Tidak ada penyebab pasti dari kondisi ini, berikut adalah beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab Decidual Cast:

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi ketika sel telur dibuahi di luar rahim. Umumnya kondisi ini tidak dapat dipertahankan dan harus dilakukan prosedur medis darurat. Kehamilan ini juga dapat mengancam nyawa ibu.

Kontrasepsi hormonal

Kontrasepsi hormonal, terutama yang mengandung progesteron dosis tinggi, dapat meningkatkan risiko terjadinya decidual cast. Ini mungkin termasuk kontrasepsi oral serta kontrasepsi yang dapat disuntikkan atau diimplan. Penggunaan kontrasepsi hormonal secara tidak konsisten juga bisa menjadi penyebabnya.

Penyebab lainnya

Dokter mungkin mempertimbangkan kondisi lain dengan gejala yang serupa saat mengevaluasi kondisi kamu, termasuk:

  • Kehamilan
  • Kehamilan yang berakhir atau keguguran
  • Massa intrauterin (di dalam rahim)
  • Polip fibroepitel, juga dikenal sebagai skin tag
  • Sarcoma botryoides, sejenis tumor yang berkembang di dalam organ berongga
  • Rhabdomyosarcoma, kanker jaringan lunak

Apakah decidual cast berbahaya? 

Tidak, decidual cast biasanya bukan merupakan penyakit serius atau keadaan darurat medis. Namun, kamu tetap harus memberi tahu dokter, terutama jika mengalami pendarahan hebat atau sedang hamil. Kondisi ini juga dapat menimbulkan gejala yang menyakitkan, melebihi gejala haid biasa, sehingga kamu perlu penanganan dokter untuk meredakannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Gumpalan Darah saat Haid? Kenali Juga Penyebabnya!

Decidual cast jarang terjadi dan masuk dalam kategori kondisi langka. Hal ini paling sering terjadi pada wanita hamil yang mengalami kehamilan ektopik saja. Meski begitu, kondisi ini bukan keguguran meskipun keduanya memiliki gejala yang sama. 

Diagnosis

Sebelum memastikan decidual cast, dokter juga harus menyingkirkan kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala serupa. Hal ini dapat mencakup:

  • Tumor jinak atau kanker
  • Polip
  • Kehamilan
  • Keguguran
  • Kehamilan ektopik

Karena kurangnya informasi mengenai kondisi decidual cast dalam penelitian medis dan buku teks OB/GYN saat ini, hal ini mungkin juga merupakan kondisi yang kurang terdiagnosis.

Dari kasus yang terkonfirmasi, kebanyakan orang melaporkan bahwa gumpalan yang keluar kira-kira sebesar telapak tangan mereka. Ukuran pastinya bervariasi, tetapi kamu bisa memperkirakan ukurannya kira-kira sebesar kenari atau jeruk nipis kecil. 

Umumnya gumpalan akan keluar sebagai satu bagian besar jaringan yang berbentuk rahim. Namun, ada kemungkinan gips keluar dalam beberapa bagian kecil dan berangsur-angsur. 

____________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference