cara mengatasi ereksi sebentar

Ereksi terjadi ketika penis terisi darah dan menjadi kaku untuk melakukan hubungan seksual. Ereksi sendiri sering terjadi sebelum berhubungan seks, bisa terjadi kapan saja, bahkan saat pria sedang tidur dan tidak memikirkan tentang seks.

Meskipun ereksi adalah pengalaman fisik, proses sebenarnya dimulai di otak. Langkah pertama adalah rangsangan seksual, yang dapat terjadi melalui semua indera. Hal ini kemudian memicu gairah dan mengirimkan banyak pesan melalui saraf untuk memberitahu otak merangsang pembuluh darah pada penis dan menyebabkan penis membesar dan menjadi kaku.

Ketika aliran darah berhenti, biasanya setelah ejakulasi atau berakhirnya gairah seksual, penis akan menjadi lembek. Lantas, bagaimana cara mengatasi ereksi yang cuma sebentar? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Berapa lama ereksi yang normal?

proses

Faktanya, tidak ada aturan hitam dan putih tentang berapa lama ereksi harus bertahan. Setiap pria dan setiap ereksi adalah unik. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi berapa lama ereksi berlangsung meliputi:

  1. Umur: Pria yang lebih tua mungkin tidak bisa ereksi selama pria yang lebih muda. Faktanya, semakin tua seorang pria, semakin besar kemungkinan dia mengalami disfungsi seksual.
  2. Kesehatan: Kondisi medis seperti disfungsi ereksi, penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kesulitan dalam memiliki atau mempertahankan ereksi.
  3. Keadaan emosional: Kecemasan, stres, rasa malu tentang seks, dan gangguan semua dapat memengaruhi kemampuan pria untuk mempertahankan ereksi.
  4. Efek kimia: Alkohol atau obat-obatan dapat mempersulit mempertahankan ereksi. Selain itu, obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, antihistamin, obat tekanan darah tinggi, dan lainnya, dapat menyebabkan masalah ereksi. Di sisi lain, obat disfungsi ereksi dapat memperpanjang ereksi pria.

Sebenarnya tidak ada waktu “rata-rata” untuk berapa lama penis yang sedang ereksi, atau aktivitas seksual, harus bertahan.

Untuk memberi kamu gambaran tentang kisarannya, menurut sebuah studi tahun 2005 terhadap 500 pasangan, waktu dari saat penis memasuki vagina selama hubungan seksual hingga saat penis ejakulasi bervariasi dari kurang dari satu menit hingga 44 menit, dengan rata-rata lima menit.

Tingkatkan Kemungkinan Hamil, Ini Cara Mengentalkan Sperma Yang Bisa Dicoba

Apa penyebab ereksi tidak tahan lama?

Jika kamu kesulitan mempertahankan ereksi, salah satu faktor di atas mungkin berperan. Jika masalah ini berlanjut, kamu mungkin mengalami disfungsi ereksi. Gejala umum disfungsi ereksi meliputi:

  • Ketidakmampuan terus-menerus untuk mencapai ereksi
  • Ketidakmampuan terus-menerus untuk mempertahankan ereksi untuk berhubungan seks
  • Berkurangnya hasrat seksual
  • Dalam beberapa kasus, faktor psikologis seperti kecemasan atau stres menyebabkan disfungsi ereksi. Ini bisa bersifat siklus, karena disfungsi ereksi dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan ketegangan hubungan.

Cara mengatasi ereksi yang cuma sebentar juga bisa dengan merubah gaya hidup, seperti pola makan, kurang olahraga, atau merokok, juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi. Di lain waktu itu terhubung ke kondisi medis seperti:

  1. Diabetes
  2. Penyakit Parkinson
  3. Sindrom metabolik
  4. Gangguan tidur
  5. Testosteron rendah
  6. Penyakit jantung
  7. Kolesterol Tinggi
  8. Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  9. Aterosklerosis (arteri tersumbat)

Masalah ereksi pada pria muda

Pada tahun 2013, The Journal of Sexual Medicine melaporkan bahwa 26 persen pria usia 17 hingga 40 tahun mengalami kesulitan ereksi. Kasus-kasus ini cukup bervariasi, mulai dari sedang hingga berat.

Apa Penyebab Kanker Prostat? Ketahui dan Waspadai Segera!

Penelitian mengungkap bahwa masalah ereksi yang terjadi pada pria muda lebih berkaitan erat dengan gaya hidup, serta kondisi kesehatan mentalnya daripada masalah fisiknya. Pria yang berusia lebih muda ditemukan lebih banyak mengonsumsi alkohol, tembakau, obat-obatan daripada usia pria yang lebih tua.

Selain itu, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa masalah ereksi pada pria biasanya berasal dari depresi atau kecemasan yang berat.

Bagaimana cara mempertahankan ereksi lebih lama?

cara mengentalkan sperma

Kesehatan seksual adalah bagian penting dari kesejahteraan, dan meskipun tidak ada “ereksi rata-rata”, mengalami kesulitan mendapatkan ereksi yang cukup keras untuk seks bisa membuat putus asa.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang keadaan ereksi Anda, pertimbangkan skor kekerasan ereksi yang digunakan oleh dokter saat mendiagnosis disfungsi ereksi:

0: Penis tidak membesar
1: Penis lebih besar, tapi tidak keras
2: Penis terasa keras, tapi tidak terlalu keras untuk penetrasi
3: Penis cukup keras untuk penetrasi, tapi tidak sepenuhnya keras
4: Penis sangat keras dan benar-benar kaku

Sebagai langkah pertama menuju ereksi yang lebih keras dan lebih lama, cara mengatasi ereksi yang cuma sebentar untuk membuat beberapa perubahan gaya hidup yang sederhana namun efektif

  • Terlibat dalam foreplay sebelum berhubungan seks
  • Latih teknik pengurangan stres dan kecemasan seperti mindfulness atau meditasi, atau mencari konseling
  • Berhenti merokok
  • Kurangi atau berhenti minum atau penggunaan narkoba
  • Berolahraga dan menurunkan berat badan

Mencegah masalah ereksi

Penerapan gaya hidup sehat juga sangat penting kamu lakukan, seperti olahraga teratur, konsumsi makanan sehat untuk mencegah adanya disfungsi ereksi.

Disfungsi ereksi sendiri disebabkan karena kurangnya aliran darah karena kesehatan peredaran darah adalah kuncinya. Selain itu, cara mengatasi ereksi yang cuma sebentar adalah dengan berolahraga. Berikut latihan kardio yang bisa kamu coba, seperti:

  • Bersepeda
  • Berlari
  • Renang
  • Aerobik
  • Hindari lemak yang tidak sehat, gula dan garam dengan jumlah besar

Adanya kondisi kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung juga bisa menyebabkan masalah ereksi. Selain itu, penyebab lain adalah resep obat yang digunakan untuk mengobati penyakit lain.

Share artikel ini
Reference