haid hari pertama

Kamu pasti pernah mengalami haid pertama sedikit? Hal ini sebenarnya cukup banyak dialami wanita dan tidak menjadi masalah serius, karena di hari berikutnya darah akan keluar lebih banyak.

Tapi, kondisi ini juga bisa membuat kamu bingung untuk menentukan hari pertama haid dan menghitung siklus yang tepat.

Apa yang dialami haid hari pertama?

Pendarahan dapat dimulai dengan aliran yang stabil yang berlanjut selama beberapa hari, sehingga jelas bahwa menstruasi telah dimulai. Namun, di lain waktu, kamu bisa saja mengalami pendarahan ringan yang berhenti selama beberapa jam sebelum mulai lagi. Atau bahkan hanya berupa flek tetesan darah, kemudian mungkin tidak ada sama sekali selama satu hari atau lebih.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk mengetahui apakah haid ringan ini adalah ‘Hari Pertama’ atau bukan, ada aturan umum untuk siklus alami yang dapat membantu memperjelasnya:

  • Jika kamu mengalami flek atau pendarahan ringan pada suatu hari dan perdarahan ini terjadi lagi keesokan harinya, maka hari sebelumnya adalah Hari pertama kamu. Hal ini dikarenakan estrogen turun cukup rendah pada hari sebelumnya. Hanya perlu beberapa saat untuk mendapatkan aliran yang lebih deras.
  • Jika kamu mengalami flek atau pendarahan ringan pada suatu hari, kemudian berhenti pada hari berikutnya, kemungkinan besar karena perdarahan terobosan, yang dapat terjadi menjelang menstruasi. Ini berarti itu bukan Hari Pertama kamu.

Aturan praktis tersebut hanya berlaku untuk siklus alami karena KB hormonal dapat menyebabkan flek dan perdarahan di antara periode.

Keluar Flek Coklat Setelah 3 Bulan Melahirkan, Pertanda Apa?

Haid hari pertama sedikit apakah normal?

Kamu tidak perlu khawatir saat mengalami haid hari pertama sedikit, kondisi ini umumnya normal. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi berbeda, sehingga menstruasi mungkin datang tepat waktu atau lebih tidak terduga. Begitu juga dengan volumenya, ada yang deras dan ringan. 

Periksakan ke dokter jika kamu merasa ada yang tidak normal, seperti:

  • Mengalami perdarahan haid kurang dari dua hari
  • Perdarahan sangat ringan, seperti flek
  • Melewatkan satu atau lebih siklus menstruasi yang teratur
  • Menstruasi ringan yang lebih sering daripada siklus 21 hingga 35 hari yang biasa terjadi

5 tips atasi haid hari pertama

Manfaat tidur tanpa bantal

Haid hari pertama terkadang tidak bisa kita duga kapan datangnya. Menghitung siklus haid terkadang menjadi hal yang cukup rumit, kita tidak bisa tahu pasti tanggal berapa haid datang. Berikut adalah beberapa tips atasi haid di hari pertama:

1. Siapkan perlengkapan menstruasi

Dimanapun kamu berada, jika merasa siklus haid sudah mendekat, pastikan kamu selalu membawa perlengkapan menstruasi seperti pembalut, tissue, dan lain-lain. Terkadang hari pertama bisa menjadi sangat deras, pastikan kamu membawa stok pembalut yang cukup.

2. Kendalikan emosi

Jika kamu mengidentifikasi bahwa mood menurun terkait PMS, jangan melawan emosi atau mencoba mengubahnya. Seringkali, ketika kita mencoba untuk mendorongnya, emosi tersebut justru semakin meningkat. Biarkan dirimu berada dalam ruang yang rentan dan lembut dan terimalah. Ketahuilah bahwa itu akan segera berlalu, bersikaplah lembut terhadap diri sendiri.

Ketahui Apa Saja Tanda-Tanda Kondisi Emosi Atau Psikologis Masa Pubertas Anak

3. Ubah pola makan 

Pola makan adalah kunci kesehatan fisik dan mental. Pola makan yang sehat dapat membantu meringankan gejala PMS. Pertimbangkan untuk menerapkan hal-hal berikut ini:

  • Hindari garam, kafein dan alkohol, dan batasi asupan gula.
  • Minum banyak air untuk membantu mengurangi kembung dan membantu pencernaan.
  • Makanlah makanan yang kaya akan kalsium. Penelitian telah menunjukkan bahwa kalsium membantu meringankan PMS.

4. Kurangi stres

Ada banyak cara untuk mengurangi stres. Temukan teknik yang paling cocok seperti yoga, meditasi, pijat, dan latihan pernapasan adalah teknik relaksasi yang efektif. Jika kamu senang membuat jurnal, luangkan waktu untuk merefleksikan perasaan – ini bisa memberi perasaan lega. Sesuatu yang sederhana seperti berjalan-jalan atau mendengarkan musik juga dapat membantu. 

5. Gunakan aplikasi siklus haid

Jika kamu tidak ada waktu untuk menghitung siklus haid, tidak perlu khawatir karena kini sudah banyak aplikasi yang siap untuk menghitung siklus haid. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan hari hari pertama dengan matang.

___________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference