cara agar pasangan tidak selingkuh

Setiap hubungan tentu harus didasarkan pada kepercayaan dan kesetiaan. Sayangnya, masalah perselingkuhan dapat terjadi dalam suatu hubungan dan bisa merusak kepercayaan dan menyebabkan rasa sakit.

Itu sebabnya, penting untuk mengetahui cara agar pacar tidak selingkuh dengan membangun hubungan yang sehat. Ini tipsnya!

10 Cara agar pacar tidak selingkuh

cara agar pacar tidak selingkuh

Selingkuh menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi setiap hubungan. Terlebih lagi, jika itu dilakukan oleh pacar yang kamu cintai.

Namun, bukan berarti kamu hanya bisa pasrah dan menyerah begitu saja. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pasangan kamu dari godaan untuk selingkuh. Begini caranya!

1. Terbuka dan komunikatif

Komunikasi yang terbuka dan jujur ​​merupakan kunci utama dalam menjaga hubungan tetap harmonis dan jauh dari godaan selingkuh.

Pastikan selalu berbicara dengan pasangan secara terus terang dan jangan takut untuk membahas masalah yang mungkin dapat mengganggu hubungan kamu.

2. Menjaga keharmonisan hubungan

Jangan biarkan hubungan kamu dengan pacar menjadi hambar dan membosankan. Cobalah untuk terus menghidupkan suasana romantis dan membuat pasangan merasa dihargai.

Hal ini akan membantu menghindarkan pasangan dari godaan untuk mencari kebahagiaan di luar hubungan.

Yuk Ketahui Ciri-ciri Suami Selingkuh dan Penyebab Utamanya

3. Memberikan ruang privasi

Cara agar pacar tidak selingkuh lainnya adalah memberikan ruang privasi. Memberikan ruang privasi pada pasangan tidak hanya menunjukkan kepercayaan, tetapi juga membantu mencegah terjadinya rasa terkekang yang dapat memicu godaan selingkuh. 

Namun, pastikan tetap berkomunikasi dan saling terbuka agar pasangan merasa nyaman dan tidak merasa diabaikan.

4. Menjaga kualitas waktu bersama

quality time bersama pacar

Waktu bersama yang berkualitas menjadi faktor penting dalam menjaga keharmonisan hubungan.

Carilah kesempatan untuk melakukan aktivitas bersama pasangan dan pastikan hal tersebut menjadi momen yang menyenangkan bagi kamu dan pasangan, misalnya:

  • Tetap fokus pada satu sama lain saat berbicara. Jangan terganggu oleh pesan teks atau panggilan telepon lainnya selama waktu bersama.
  • Mengalokasikan waktu yang cukup untuk berkualitas bersama pasangan, misalnya jadwal rutin untuk berkencan. 
  • Meluangkan waktu untuk minat bersama dengan menemukan sesuatu yang menarik bagi kamu dan pasangan

5. Menghargai pasangan

Menghargai pasangan merupakan salah satu kunci utama dalam menjaga hubungan tetap harmonis dan jauh dari godaan selingkuh. Pastikan selalu untuk menghargai perasaan, pendapat, dan keputusan pasangan.

Kamu juga bisa melakukan ini dengan memberikan apresiasi pada pasangan. Ini bisa bantu meningkatkan kepercayaan diri dan menghindarkan pasangan dari godaan untuk mencari pengakuan di luar hubungan. 

Cobalah untuk selalu memberikan pujian dan penghargaan pada pasangan atas segala hal yang telah dilakukan. 

7 Cara Menjadi Pasangan Romantis untuk Kekasih

6. Hindari membuat pasangan cemburu yang tidak perlu

Membuat pasangan cemburu secara tidak perlu hanya akan menimbulkan keraguan dan ketidakpercayaan. Hal ini justru dapat memicu godaan selingkuh.

Cobalah untuk selalu berbicara dengan pasangan dan menjalin hubungan yang saling percaya.

7. Tidak bersikap posesif

Cara lainnya agar pacar tidak selingkuh adalah tidak bersikap posesif. Bersikap posesif pada pasangan hanya akan membuat hubungan menjadi tegang dan tidak sehat.

Cobalah untuk memberikan kebebasan pada pasangan dan menjalin hubungan yang sehat dan harmonis. 

9 Ciri-Ciri Pacaran Sehat dan Cara Membangun Hubungan Sehat dengan Pasangan

8. Memperhatikan kebutuhan pasangan

Memperhatikan kebutuhan pasangan ternyata juga penting agar pacar tidak selingkuh. Ini karena terlalu fokus pada kebutuhan kamu sendiri justru bisa mengabaikan kebutuhan pasangan kamu.

Dengan memperhatikan kebutuhan pasangan, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu sangat peduli dan menghargai hubungan kalian.

9. Memiliki kesepakatan dalam hubungan

cara pacar tidak selingkuh

Memiliki kesepakatan yang eksplisit ternyata juga penting sebagai cara efektif agar pacar tidak selingkuh. Namun, kesepakatan dalam hubungan ini harus jelas dan mencakup cara mengatasi ajakan orang lain, informasi apa yang dibagikan, dan lainnya. 

Ada beberapa orang yang mungkin merasa diselingkuhi padahal pasangan mereka tidak menganggap hal tersebut adalah perselingkuhan. Misalnya, pacar kamu merasa mengantar lawan jenis adalah hal yang lumrah, sedangkan tidak bagi kamu. 

Pasangan kamu mungkin memiliki ide yang sangat berbeda apa yang termasuk bentuk perselingkuhan. Jadi, pastikan kamu dan pacar berada di kesepakatan yang sama agar tidak terjadi salah paham. 

10. Mempercayai pasangan

Hal terpenting dari semua cara agar pacar tidak selingkuh ini adalah percaya pada pasanganmu. Jangan meragukan kepercayaanmu terhadapnya tanpa alasan yang jelas. Jangan terlalu cemas dan curiga, karena bisa menyakiti hubungan. 


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference