Obat herbal adalah salah satu alternatif pengobatan yang telah ada sejak dulu. Banyak obat tradisional yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker dan tumor.

Kayu bajakah sempat menjadi tren pengobatan hingga membuat harga kayu herbal ini melonjak tinggi.

Benarkah jika kayu bajakah mampu menjadi obat tradisional untuk berbagai keluhan penyakit? Yuk simak informasi selengkapnya dalam ulasan ini.

Apa itu kayu bajakah?

kayu bajakah untuk promil

Kayu bajakah mempunyai nama latin Spatholobus Littoralis Hassk. Jenis kayu ini secara tradisional masih digunakan oleh suku Dayak dalam usaha untuk meredakan dan melawan kanker.

Beberapa waktu ini, kayu bajakah juga banyak digunakan sebagai bahan penelitian terhadap kesehatan namun belum dapat dipastikan apakah benar khasiatnya untuk kesehatan.

Kayu bajakah disebut mempunyai senyawa fitokimia dan kaya akan kandungan flavonoid yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Ada beberapa jenis kayu bajakah yang dikenal dan sering digunakan, yaitu:

  • Bajakah tampala atau Spatholobus Littoralis Hassk: Jenis bajakah ini banyak digunakan oleh masyarakat di pedalaman kalimantan tengah. Jenis kayu ini dipercaya dapat memproduksi kolagen dengan cepat dan dapat menyembuhkan luka.
  • Bajakah lamei: Jenis bajakah ini dipercaya dapat menyembuhkan diare dan biasanya tumbuh didaerah lembab.
  • Bajakah kalalawit atau Uncaria Gambir Roxb: Jenis bajakah ini dipercaya dapat membantu pembentukan kolagen, menjaga berat badan tetap stabil dan mencegah penyakit jantung. Senyawa yang bermanfaat untuk tubuh seperti fenol, steroid, tanin hingga antioksidan dapat membantu kesehatan lebih baik dari sebelumnya.

Tanaman bajakah merupakan tanaman yang dapat mencapai tinggi hingga 50 meter. Memiliki warna daun kuning, coklat dan putih serta memiliki bentuk yang cukup tajam. Bunga dari tanaman ini berbentuk kecil dengan warna merah muda, ungu, putih.

Tanaman herbal ini dipercaya sebagai salah satu penyembuh berbagai penyakit dan meningkatkan kekebalan daya tubuh. Benarkah ada manfaat dari konsumsi kayu bajakah?

Manfaat kayu bajakah

Tanaman bajakah diketahui mempunyai sejumlah manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh tubuh. Kandungan dan nutrisi dalam kayu bajakah dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan, diantaranya:

1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Berkat kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada kayu bajakah, konsumsi obat herbal ini dapat mencegah tubuh terkena penyakit dengan mudah. Sakit tidak gampang gampang dan tubuh akan selalu terasa bugar.

2. Obat disentri

Infeksi yang sering menyebabkan radang pada usus dapat ditangani dengan mudah berkat konsumsi kayu bajakah.

Kayu ini dapat memberikan kecukupan cairan sehingga dehidrasi bisa dicegah. Kandungan antibakteri pada kayu juga dapat melawan bakteri dan menyembuhkan gangguan pada pencernaan.

3. Ringankan rasa pegal

Madu kayu bajakah tidak hanya diolah dan dijadikan minuman saja, namun khasiat dari madu ini ternyata dapat meringankan rasa pegal pada badan.

Konsumsi air rebusan atau olahan kayu bajakah dapat memberikan efek nyaman pada bagian tubuh yang sering pegal.

4. Percepat penyembuhan luka

Banyak digunakan sebagai obat herbal di suku dayak, kayu ini dapat menghentikan perdarahan dan membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Senyawa yang terdapat pada kayu ini dapat bersifat menyembuhkan sehingga sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

5. Cegah penuaan dini

Asupan antioksidan yang tinggi dapat menjadi manfaat utama dari kayu bajakah. Kayu ini dapat memberikan efek kulit yang terasa lebih halus, kencang dan cegah keriput lebih cepat datang. Senyawa kolagen pada kayu membuat kulit terasa lebih kenyal.

13 Cara Alami Agar Awet Muda dan Terhindar Penuaan Dini

6. Antibakteri

Kayu bajakah juga dapat digunakan sebagai antibakteri alami sehingga mampu mencegah bakteri masuk dan menghancurkan sel tubuh.

Kayu bajakah mengandung tanin, saponin dan flavonoid yang dapat mencegah bakteri masuk dan menyerang tubuh.

7. Cegah diabetes

Dalam beberapa penelitian, kayu bajakah dinilai dapat menyembuhkan kanker pada tikus. Madu bajakah juga dapat mencegah diabetes dan menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Namun tentunya perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena masih memerlukan penelitian lanjutan.

8. Tinggi antioksidan

Kayu bajakah diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bahkan lebih baik dari jenis tanaman lainnya.

Hal ini menjadikan kayu bajakah dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat dijadikan obat herbal untuk mencegah berbagai macam penyakit.

10 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan dan Promil, Sudah Tahu?

Apakah kayu bajakah bisa untuk promil

Tenutnya banyak pasangans uami istri yang sering bertanya, apakah benar manfaat kayu bajakah untuk promil bisa didapatkan? Tentunya hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter kandungan dan juga program hamil yang diikuti.

Kayu bajakah memang mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan kesegaran pada tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Antibakteri dan tinggi antioksidan menjadikan kayu bajakah sering dijadikan obat alternatif di berbagai daerah di indonesia. Kayu bajakah juga dapat mengatasi penyakit serius seperti kanker, tumor hingga penguat sistem imun.

Untuk pasangan suami istri yang menginginkan keturunan dengan melakukan promil, tentunya diperlukan kondisi tubuh yang fit, berat badan yang stabil dan tidak mudah terserang penyakit. Kayu bajakah mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga badan dan kesuburan antara pasangan menjadi semakin baik.

Namun untuk khasiat pasti dari kayu bajakah yang dapat dijadikan promil, kondisi ini perlu didiskusikan dengan dokter kandungan agar dapat memperoleh saran yang tepat dalam memulai program kehamilan.

Adakah efek samping yang mungkin terjadi saat mengonsumsi kayu bajakah?

Efek samping kayu bajakah

efek samping kayu bajakah untuk promil

Efek samping bisa saja muncul dari kebiasaan mengonsumsi obat herbal ini seperti halnya dengan konsumsi obat herbal lain. Kandungan senyawa kimia pada kayu ini dapat memicu beberapa gangguan yang berbeda pada setiap orang.

Ada reaksi yang bisa menyerang liver dan fungsi ginjal apabila kayu ini dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang dan juga menyebabkan gangguan pencernaan apabila memiliki tingkat asam lambung tinggi atau riwayat maag.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk aturan konsumsi kayu bajakah dan apakah obat herbal ini baik dikonsumsi oleh pasangan promil. 


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference