ciri-ciri alergi obat

Banyak orang mempunyai alergi baik pada makanan maupun pada benda. Namun, beberapa orang juga ternyata memiliki alergi obat. Ciri-ciri alergi obat sendiri termasuk gatal, ruam, dan demam.

Nah, beberapa orang mungkin mengalami reaksi yang lebih serius seperti tekanan darah menurun secara tiba-tiba hingga mengalami penyempitan saluran udara. 

Apa itu alergi obat?

apa itu obat kalmethason

Bagi beberapa orang mengkonsumsi obat tertentu justru dapat menimbulkan beberapa gejala yang tidak diinginkan. Alergi obat adalah reaksi berlebihan dari sistem imun atau kekebalan tubuh terhadap suatu obat yang dikonsumsi atau digunakan. Reaksi yang satu ini muncul karena sistem imun menganggap bahwa zat yang ada pada obat tersebut merupakan bahan yang berbahaya bagi tubuh. 

Perlu diingat, alergi obat adalah hal yang berbeda dengan efek samping obat yang umumnya tercantum pada kemasan. Alergi ini juga berbeda dengan keracunan obat yang disebabkan oleh overdosis. Meskipun jarang dialami, alergi yang satu ini dapat dialami oleh siapapun, termasuk anak-anak sampai orang dewasa. 

Ciri-ciri alergi obat

Penting untuk mengetahui ciri-ciri alergi obat untuk mencegah gejala atau reaksi tubuh yang semakin parah. Sehingga, penggunaan obat dapat segera dihentikan dan alergi dapat segera diatasi. Berikut beberapa ciri-ciri atau gejala alergi obat yang umum terjadi:

1. Ruam kulit

Ciri-ciri seseorang mengalami alergi obat adalah munculnya ruam pada kulit. Bentol-bentol atau ruam kemerahan yang satu ini muncul pada kulit. Bentuknya mirip ketika terkena gigitan serangga, hanya saja jumlah ruam tersebut lebih banyak. Terkadang, ruam ini juga diiringi rasa gatal. 

Kenali 7 Jenis Ruam Kulit Dan Tanda Bahayanya

2. Gatal

Tanda alergi obat selanjutnya adalah munculnya rasa gatal pada tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan, rasa gatal ini dapat muncul bersamaan dengan ruam. Meskipun rasa gatal tersebut cukup mengganggu, namun hindari untuk menggaruknya. Selain itu, rasa gatal tersebut juga dapat disertai dengan rasa perih dan panas ketika digaruk. 

3. Demam

Orang yang mengalami alergi obat juga dapat mengalami demam. Ini adalah salah satu jenis pertahanan dari antibodi karena tubuh dimasuki zat-zat yang dianggap berbahaya atau telah ditolak oleh tubuh. 

4. Pembengkakan

Alergi obat juga dapat menyebabkan tubuh menjadi bengkak. Bagian tubuh yang umumnya mengalami pembengkakan adalah area wajah, seperti pipi yang membengkak. Pembengkakan tersebut tidak terjadi di seluruh tubuh, hanya bagian-bagian tertentu saja. .

5. Sesak nafas

Ciri-ciri alergi obat selanjutnya adalah sesak napas. Ini karena terjadi penyempitan saluran napas yang disebabkan oleh pembengkakan. Apalagi, saluran pernapasan juga memiliki reaksi alergi yang cukup cepat ketika saluran pernapasan memiliki banyak lendir. Lendir ini juga dapat menyebabkan sesak napas terjadi. 

5 Penyebab Sesak Nafas Saat Tidur yang Wajib Kamu Ketahui!

6. Bronkospasme

Bronkospasme juga dapat terjadi saat seseorang ternyata mengalami alergi obat. Lantar apa itu bronkospasme? bronkospasme terjadi ketika otot pada saluran pernapasan mengalami penyempitan serta membatasi udara yang masuk. Gangguan tersebut biasanya terjadi pada orang dengan alergi antibiotik. 

7. Nekrolisis epidermal toksik

Walaupun jarang dialami, namun orang dengan alergi obat juga dapat mengalami nekrosis epidermal toksik. Ini adalah reaksi parah tubuh terhadap obat dengan kandungan antibiotik. Reaksi ini dapat menyebabkan kulit dan selaput lendir menjadi mengelupas serta melepuh sehingga daging merah pada bagian bawah kulit dapat terlihat. 

Cara mengatasi alergi obat secara alami 

obat intunal f untuk apa

Alergi obat yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gejala yang awalnya ringan menjadi semakin parah. Pastikan untuk menghentikan penggunaan obat jika mendapati ciri-ciri alergi yang sudah disebutkan di atas. 

Berikut beberapa cara mengatasi alergi obat secara alami di rumah yang biasa kamu lakukan:

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu meredakan gejala gatal yang disebabkan alergi obat. Air hangat juga dapat membantu mengurangi pembengkakan yang disebabkan reaksi alergi. 

2. Mengoleskan lotion calamine

Calamine merupakan obat berbentuk lotion yang digunakan untuk mengatasi gatal akibat alergi obat. Oleskan lotion ini pada area ruam yang gatal. Sensasi dinginnya akan membantu menenangkan kulit. 

3. Kompres dengan air es

Air es dapat membantu mengatasi rasa gatal yang disebabkan alergi obat. Kamu bisa menempelkan botol atau lap bersih yang telah dibasahi dengan air es pada area kulit. Tempelkan kompres tersebut selama 5-10 menit sampai gatal mereda. 

4. Memakai pelembap

Cara mengatasi alergi obat dengan alami selanjutnya adalah menggunakan pelembab kulit. Caranya, letakan pelembab pada lemari es sampai cukup dingin. Setelah itu, oleskan pada area tubuh yang gatal. Cara ini dapat membantu mengurangi gatal karena alergi. 

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi alergi obat. Namun, perlu diingat bahwa kamu mungkin tetap perlu berkonsultasi dengan dokter setelah mendapati ciri-ciri alergi obat yang muncul. Dokter akan memberikan perawatan yang tepat sehingga alergi dapat teratasi dengan baik.

Share artikel ini
Reference