zinc sulfate monohydrate 20 mg obat apa

zinc sulfate monohydrate 20 mg obat apa

Zinc adalah mineral yang penting untuk tubuh kita karena memainkan peran penting dalam melancarkan pertumbuhan sel, sintesis protein, dan sistem kekebalan tubuh. 

Oleh sebab itu, tubuh kita harus mendapatkan asupan zinc seimbang, salah satunya bisa dengan mengonsumsi obat zinc sulfate monohydrate 20 mg.

Sebab, tubuh yang kekurangan zinc akan mendapatkan beberapa masalah, seperti gangguan pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang terganggu, dan luka yang lama sembuh.

Obat zinc sulfate monohydrate 20 mg ini menjadi salah satu solusi dari sekian banyak gaya hidup sehat yang bisa kamu ubah. 

Nah, obat ini tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul yang dapat dikonsumsi setelah makan.

Yuk, cari tahu lebih lengkap lagi di artikel berikut ini.

Zinc sulfate monohydrate 20 mg obat apa?

Apabila tubuh kekurangan zinc, obat zinc sulfate monohydrate 20 mg dapat digunakan untuk meningkatkan asupan zinc dalam tubuh. 

Tentu, fungsi utamanya untuk membantu mencegah atau mengobati kekurangan zinc, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Singkatnya, zinc sulfate monohydrate adalah obat yang mengandung zinc sulfate sebagai bahan aktifnya. 

Setelah dikonsumsi, zinc sulfate akan diserap oleh tubuh dan diubah menjadi bentuk zinc ion. Zinc ion kemudian akan disalurkan ke seluruh bagian tubuh melalui aliran darah.

Kegunaan obat zinc sulfate monohydrate 20 mg

Ada beberapa kegunaan dari obat atau vitamin yang mengandung zinc cukup tinggi, seperti penjelasan di bawah ini.

  • Mengatasi defisiensi zinc

Zinc termasuk dalam mineral penting yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, makanya kita membutuhkan makanan atau asupan vitamin langsung. 

Bukan tanpa alasan, seseorang yang mengalami kekurangan zinc akan memiliki gejala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti rambut rontok, kurang nafsu makan, diare, dan penyembuhan luka yang lambat

  • Meningkatkan kekebalan imun

Imun tubuh yang lemah akan membuat kamu jadi mudah terkena penyakit. Dengan mengonsumsi zinc sulfate monohydrate 20 mg, tubuh kamu akan meningkat kembali imunnya dan dengan demikian, kandungan zin-nya akan membantu mengobati jenis infeksi tertentu.

  • Membantu mengontrol gula darah

Zinc juga terkenal karena perannya dalam pengaturan gula darah dan sekresi insulin. Nah, insulin ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari aliran darah ke jaringan tubuh.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi zinc dapat meningkatkan beberapa faktor risiko penyakit jantung, menurunkan kadar trigliserida, dan kolesterol. Namun, bukti satu ini masih perlu diberlakukan beberapa penelitian lanjutan.

  • Melawan pertumbuhan jerawat

Jenis zinc sulfat telah terbukti sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala jerawat ringan hingga sedang.

Dosis obat zinc sulfate monohydrate 20 mg

Untuk kamu yang ingin mengonsumsi obat zinc sulfate monohydrate 20 mg dalam bentuk kapsul, berikut ini rincian dosisnya.

  • Dosis diare akut

Dewasa: 10-20 mg sekali dalam sehari. 

Anak: Usia <6 bulan 10 mg, sedangkan usia ≥6 bulan 20 mg sekali dalam sehari. 

Lama pengobatan untuk dewasa dan anak-anak: 10-14 hari walaupun diare sudah berhenti.

  • Dosis kekurangan zinc

Dewasa: 50 mg setiap hari. 

Anak: Untuk berat badan <10 kg: 22,5 mg, untuk berat 10-30 kg: 22,5 mg, anak berat >30 kg: 45 mg. Semuanya dosis untuk satu hari.

Cara menggunakan obat zinc sulfate monohydrate 20 mg

Untuk mengonsumsi obat zinc sulfate monohydrate 20 mg, kamu dapat menggunakannya persis sesuai dengan yang diinstruksikan pada label, atau yang ditentukan oleh dokter. 

Jangan gunakan dalam jumlah yang lebih banyak atau sedikit dari yang direkomendasikan.

Cara menggunakannya yaitu minum obat dengan segelas air atau bisa dicampurkan ke dalam makanan. 

Efek samping obat zinc sulfate monohydrate 20 mg

Efek samping yang ditimbulkan obat zinc sulfate monohydrate 20 mg tidaklah serius. Mungkin, kamu akan merasakan beberapa efek samping yang sederhana dan cepat hilang, seperti mual atau sakit perut.

Jika efeknya berlangsung lama atau dalam jangka panjang, sebaiknya kamu langsung mengonsultasikan hal ini dengan dokter.

Zinc sulfate monohydrate 20 mg untuk ibu hamil

Karena zinc sulfate monohydrate 20 mg mengandung zinc tinggi, ibu hamil dibolehkan untuk mengonsumsinya.

Sebab, mengonsumsi zinc selama kehamilan dapat mengurangi risiko kelahiran secara prematur, tetapi tidak dapat mencegah masalah lain seperti bayi dengan berat tubuh yang rendah saat lahir. 

Namun, kamu bisa berkonsultasi kembali dengan dokter mengenai hal ini dan ceritakan tentang kondisi medis agar dokter dapat memberikan penanganan yang tepat.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang zinc sulfate monohydrate 20 mg. Selain mengonsumsi suplemen, kamu juga dapat mendapatkan asupan zinc dari berbagai makanan, seperti kacang, kepiting, lobster, dan yang lainnya.

Share artikel ini
Reference