payudara terasa nyeri sebelah kanan

Nyeri payudara ini sering diartikan nyeri yang menusuk pada bagian jaringan payudara. Rasa sakit mungkin hanya terjadi sesekali. Nyeri payudara juga bisa terjadi tidak hanya wanita saja, namun pria dan transgender juga. Intensitas sakitnya berbeda-beda, ada yang terasa ringan hingga berat.

Nyeri payudara dapat terjadi beberapa hari dalam sebulan. Biasanya 2-3 hari sebelum masa haid. Kadang-kadang berlanjut sepanjang siklus menstruasi selama seminggu atau lebih setiap bulan. Ada dua jenis nyeri payudara, yaitu siklik dan non siklik.

Jenis nyeri payudara siklik ini berjalan seiring dengan siklus menstruasi kamu. Ini lebih sering terjadi pada wanita berusia 20 hingga 50 tahun. Nyeri payudara siklik hilang secara alami setelah kamu mendapatkan menstruasi.

Sedangkan nyeri payudara bersifat non siklik. Jenis nyeri payudara ini tidak ada hubungannya dengan siklus menstruasi kamu, dan lebih sering terjadi pada wanita usia 40 hingga 50 tahun. Lantas, apa penyebab payudara terasa nyeri sebelah kanan? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa penyebab payudara terasa nyeri sebelah kanan?

Umumnya, disebabkan kondisi yang tidak berbahaya, dan pada 30% kasus, nyeri payudara hilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus.

Namun jika dalam waktu 3 minggu keluhan tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar penyebabnya bisa ditelusuri lebih lanjut. Berikut ini adalah berbagai penyebab nyeri payudara, di antaranya:

1. Faktor non hormonal

Selain hormon, kamu mungkin mengalami nyeri payudara karena alasan lain. Faktor non hormonal ini biasanya ditandai dengan nyeri terbakar, mati rasa, atau sesak dada. Biasanya hal ini disebabkan oleh gangguan otot.

Nyeri payudara yang terjadi di luar siklus menstruasi atau tidak ada hubungannya dengan hormon juga biasanya terjadi terus menerus di luar siklus menstruasi dan hanya mengenai satu payudara.

2. Ukuran payudara terlalu besar

Ukuran payudara yang terlalu besar juga dapat menyebabkan nyeri payudara. Selain di area dada, nyeri akibat kondisi ini juga bisa dirasakan di punggung, leher, dan bahu.

3. Pengaruh organ reproduksi

Saat fungsi organ reproduksi kamu sedang dalam masa puncaknya (subur atau hamil), tak jarang muncul nyeri payudara. Gejalanya bisa berupa gatal, berat, dan bengkak di kedua payudara.

Bagi kamu yang tidak sedang hamil, nyeri payudara akan bertambah pada 2 minggu sebelum menstruasi alias saat memasuki masa subur.

4. Ketidakseimbangan hormon

Ketika kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh kamu tidak seimbang, payudara kamu bisa terasa sakit. Kondisi ini biasanya terjadi saat kamu sedang mengalami masa pubertas, sindrom pramenstruasi (PMS), hamil (terutama pada trimester pertama), sedang menyusui, atau mendekati menopause.

5. Infeksi bakteri

Infeksi payudara yang paling umum adalah mastitis, yaitu penyumbatan pada saluran susu pada ibu menyusui.

Wanita yang tidak menyusui juga bisa terkena infeksi payudara jika kuman atau bakteri masuk ke payudara melalui puting yang terluka, kemudian bersentuhan dengan kuman tersebut melalui pakaian dalam yang kotor.

Selain menimbulkan rasa sakit, infeksi biasanya juga ditandai dengan gejala lain seperti payudara yang terasa kencang dan panas saat disentuh hingga muncul kemerahan. Pada kondisi parah, nanah bisa keluar dari puting.

6. Kista payudara

Kista adalah pertumbuhan sel berisi cairan dan tidak bersifat kanker. Terkadang, kisata memiliki bentuk yang bulat atau lonjong dengan ukuran yang variatif. Society of Breast Imaging menyatakan bahwa kista payudara adalah penyebab paling umum dari nyeri dan nyeri payudara.

7. Kanker payudara

Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh dan berkembang secara tidak normal pada jaringan payudara. Dalam beberapa kasus, kanker payudara bahkan tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala lainnya.

Namun, gejala yang paling umum antara lain benjolan keras yang tidak bergerak di area payudara atau ketiak, kulit di sekitar payudara menjadi kasar seperti kulit jeruk, perubahan ukuran dan bentuk payudara. Gejala juga bisa dirasakan pada puting susu berupa nyeri, puting tertarik ke dalam, dan keluar cairan.

Puting Payudara Sakit Bila Tersentuh? Ketahui Penyebabnya!

Nyeri pada payudara tanda apa?

Tanda nyeri payudara

Berikut adalah tanda payudara terasa nyeri sebelah kanan, antara lain:

1. Pleuritis

Pleuritis adalah suatu kondisi yang menyebabkan rasa sakit yang tajam dan menusuk di bawah payudara kamu yang dapat diperburuk dengan menarik napas dalam-dalam. Kondisi ini disebabkan oleh peradangan selaput tipis yang mengelilingi bagian luar paru-paru dan bagian dalam rongga dada, yang disebut pleura.

Ketika selaput ini meradang (biasanya karena infeksi virus atau bakteri). Pleuritis itu sendiri biasanya tidak serius dan biasanya hilang dengan sendirinya, tetapi ini bisa menjadi gejala dari kondisi dan penyakit lain yang lebih serius.

2. Perikarditis

Terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk di jantung atau di bawah tulang dada. Meskipun paling sering ditemukan pada orang yang ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir, itu juga dapat ditemukan pada orang yang ditetapkan sebagai perempuan saat lahir.

Penyebabnya mungkin akibat infeksi virus. Perikarditis biasanya tidak berbahaya dan sembuh dengan sendirinya dari waktu ke waktu, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi dapat menyebabkan komplikasi serius dan dapat menjadi kronis.

3. Kostokondritis

Ini adalah peradangan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang dada dengan tulang rusuk. Salah satu yang jadi penyebab nyeri dada yang terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa.

Nyeri dada bisa ringan atau berat. Dalam beberapa kasus, gejala costochondritis bisa menyerupai nyeri dada akibat serangan jantung.

4. Sindrom penangkapan prekordial

Menyebabkan rasa sakit yang sering, tajam, seperti pisau di bawah area payudara kiri, seringkali tepat di bawah puting kiri. Seperti radang selaput dada, itu juga dapat diperburuk dengan bernapas, dan kamu mungkin menemukan diri kamu mengambil napas yang sangat dangkal untuk menghindari rasa sakit yang lebih buruk.

Itu akan hilang dengan sendirinya seiring waktu. Kondisi ini terutama ditemukan pada anak-anak, remaja dan dewasa muda, tetapi juga dapat ditemukan pada orang dewasa yang lebih tua juga.

Cara mengatasi payudara terasa nyeri sebelah kanan

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Gunakan bra dengan ukuran yang pas agar bisa menopang kedua payudara dengan baik
  • Minum suplemen yang mengandung kalsium atau minum obat yang mengandung hormon atau pereda nyeri, seperti ibuprofen dan parasetamol.
  • Melakukan pijatan lembut pada payudara yang sakit akibat benturan
  • Minum antibiotik dan kompres hangat pada payudara yang terinfeksi bakteri
  • Obat antijamur diberikan untuk mengobati infeksi jamur pada payudara
  • Pembedahan, terapi radiasi, atau kemoterapi mungkin direkomendasikan untuk mengobati kanker payudara.

Payudara terasa nyeri sebelah kanan umumnya tidak berbahaya. Namun, tidak boleh dianggap enteng. Ada beberapa kondisi yang perlu kamu waspadai. Jika nyeri payudara dirasakan lebih dari 2 minggu dan disertai gejala lain.

Share artikel ini
Reference