penyebab nyeri pauydara sebelah kiri

Pernah mengalami Payudara nyeri sebelah kiri tiba-tiba, ladies? Rasa sakit yang tidak terduga ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Kondisi ini tentunya harus dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab utamanya.

Rasa sakit pada payudara terkadang membuat panik ya, ladies. Payudara merupakan bagian penting dari seorang wanita dan apabila bermasalah, tentu dampaknya besar. Yuk ketahui apa saja penyebab payudara nyeri sebelah kiri dan bagaimana perawatannya.

Penyebab payudara nyeri sebelah kiri

Nyeri payudara di sebelah kiri berasal dari struktur tubuh payudara dan anggota bagian tubuh terdekat lainnya. Sulit untuk menentukan di mana sumber sakit sehingga perlu pemeriksaan dokter lebih lanjut. Lokasi nyeri juga tidak selalu sama dengan masalah utamanya. Beberapa penyebabnyaantara lain:

1. Serangan jantung

Serangan jantung mungkin salah satu sebab payudara nyeri sebelah kiri. Hal ini disebabkan karena jantung terletak di sebelah kiri tubuh dekat dengan payudara. Jika kamu mengalami nyeri payudara dibarengi dengan muntah, sesak napas, rasa Lelah, tidak nyaman di lengan hingga rahang, bisa jadi ini tanda serangan jantung. 

Serangan jantung merupakan penyakit yang berbahaya, segera periksakan diri jika mengalami tanda-tanda dan gejala ini.

2. Heartburn atau nyeri ulu hati

Nyeri pada ulu hati disebut dengan heartburn. Kondisi ini terjadi Ketika asam lambung mengukur kerongkongan dan menyebabkan sensasi terbakar pada tenggorokan dan dada sebelah kiri. Terkadang nyeri ini sering diartikan sebagai gejala penyakit jantung.

3. Pericarditis

Nyeri payudara di sebelah kiri bisa datang karena adanya peradangan pada perikardium, yaitu berupa membran tipis yang mengelilingi sisi terluar dari jantung. Penyebabnya bisa karena cedera di dada dan serangan jantung. Gejala akan terasa tajam di dada dan semakin parah jika kamu batuk, atau menelan makanan

4. Precordial Catch Syndrome

Precordial catch syndrome atau PCS merupakan nyeri dada yang dipicu oleh saraf dinding dada. Penyakit ini sering muncul pada anak-anak dan remaja dengan gejala nyeri dada, demam, sakit yang parah dan menyerupai serangan jantung. Dokter dapat meresepkan obat Pereda nyeri yang dapat meringankan seperti acetaminophen.

5. Pleurisi

Pleurisi menjadi sebab payudara sebelah kiri nyeri. Penyakit ini disebabkan infeksi virus seperti pneumonia atau flu biasa, gejala lain yang bisa terasa antara lain nyeri saat bernapas dan terengah-engah. Tetap tenang dan coba datang ke rumah sakit untuk memeriksakan diri, ya.

6. Gastritis

Penyakit radang lambung bisa menjadi penyebab payudara nyeri, lho. Lambung berada di sebelah kiri dan jika mengalami peradangan dapat menyebabkan nyeri, mual, muntah, kembung hingga nyeri pada bagian tubuh atas.

7. Costochondritis

Disebut dengan peradangan tulang rawan, kondisi ini umumnya dirasakan oleh wanita dengan usia 40 tahun keatas. Nyeri ini disebabkan karena radang sendi, cedera pada tulang rusuk dan sering mengangkat benda berat. Rasa nyeri ini bahkan terasa lebih sakit saat bersin atau batuk.

8. Pankreatitis

Pankreatitis merupakan sebutan untuk radang pankreas. Gejalanya berupa nyeri payudara di sebelah kiri. Pada pankreatitis akut, gejala dapat berupa nyeri payudara sebelah kiri, mual, muntah dan demam tinggi.

9. Fibromyalgia

Kondisi nyeri kronis ini dapat terasa dimana saja, termasuk di dada. Nyeri ini berasal dari sistem saraf yang tidak teratur sehingga berpengaruh pada otot, sendi dan jaringan ikat. Gejala yang dapat dirasakan antara lain nyeri tumpul, pegal, menusuk, tajam, terbakar, hingga kesemutan.

Jika kamu merasakan tanda-tanda sakit dan gejala Payudara nyeri sebelah kiri seperti diatas, segera hubungi pelayan Kesehatan agar dapat segera diketahui apa yang menjadi sebab payudara nyeri sebelah kiri sehingga dapat ditangani lebih lanjut ya, ladies.

Bagaimana cara mengatasi payudara yang nyeri?

Cara mengatasi payudara nyeri sebelah kiri

Payudara nyeri sebelah kiri bisa disebabkan karena berbagai faktor. Beberapa cara mengatasi hingga mencegah nyeri payudara ini antara lain:

  • Lakukan kompres hangat pada bagian payudara yang nyeri
  • Minum obat Pereda nyeri dengan resep dokter
  • Hindari kafein
  • Gunakan ukuran bra yang sesuai
  • Mengikuti diet yang sehat
  • Olahraga teratur
  • Mengurangi kebiasaan merokok
  • Mengurangi dan mengelola stres
  • Menghindari konsumsi alkohol
  • Catat kapan nyeri berlangsung dan sesuaikan dengan siklus haid kamu
  • Mengubah pola hidup lebih sehat

Kapan Perlu ke Dokter? 

Payudara nyeri sebelah kiri yang kamu rasakan bisa menjadi tanda sebuah penyakit. Untuk mengatasinya, segera periksakan ke dokter agar dapat didiagnosis apa yang menjadi penyebab nyeri. Cara mengatasinya tentu akan disesuaikan dengan penyebab atau faktor yang memicu kondisi ini. 

Segera hubungi dan datangi pelayan kesehatan apabila:

  • Dada terluka
  • Nyeri tidak membaik setelah beristirahat
  • Sesak napas
  • Keringat berlebihan
  • Nyeri berlangsung lebih dari dua minggu
  • Nyeri semakin terasa memburuk
  • Nyeri terasa pada satu titik dan tidak berpindah
  • Nyeri membuat aktivitas terhambat atau terganggu
  • Terdapat benjolan yang terasa sakit dan tidak hilang bahkan setelah menstruasi
  • Payudara bengkak dan memerah
  • Keluar nanah atau cairan selain ASI dari puting susu

Dokter akan memberikan perawatan yang tepat sesuai dengan penyebab pastinya. Segera lakukan pemeriksaan dan jangan tunda jika kamu merasa payudara nyeri sebelah kiri ya, ladies!

Share artikel ini
Reference