vitazym plus obat apa

Vitazym plus obat apa, ya? Ternyata obat ini bukan obat biasa karena manfaatnya juga dapat membantu tubuh untuk mencerna makanan. Ada banyak fakta menarik dari obat ini yang sayang sekali jika kamu lewatkan.

Yuk, cari tahu lebih jelas vitazym plus obat apa, manfaatnya, dosis dan penggunaannya, serta efek sampingnya dengan membaca artikel ini!

Vitazym plus obat apa?

Vitazym plus merupakan merek dagang obat digestan selain xepazym, pankreon, new xnzyplex, dan elsazym. Lalu, apa itu obat digestan? Obat digestan adalah jenis obat yang mengandung enzim pencernaan, zat alami yang tubuh butuhkan untuk memecah dan mencerna makanan.

Vitazym plus tergolong ke dalam obat bebas yang artinya bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek tanpa perlu resep dari dokter. Obat ini juga dikategorikan sebagai suplemen enzim pencernaan yang dapat dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Apa saja manfaatnya?

Kamu sudah mengetahui vitazym plus obat apa, lalu apa saja manfaat obat ini untuk tubuh? Obat digestan seperti vitazym plus biasanya dikhususkan untuk seseorang yang organ pankreasnya tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan ke dalam usus untuk mencerna makanan. Itulah alasannya dibutuhkan obat digestan untuk membantu proses pencernaan makanan.

Kamu mungkin penasaran, apa itu enzim pencernaan? Enzim tersebut adalah protein yang dapat mempercepat pemecahan molekul makanan menjadi komponennya yang terpisah. Misalnya, sukrosa dipecah menjadi glukosa dan fruktosa.

Proses pemecahan tersebut terjadi di dalam saluran pencernaan dan sebagian besar enzim pencernaan yang ada secara alami di tubuh kita disekresikan oleh pankreas ke dalam usus kecil melalui saluran pankreas.

Dosis atau aturan pakai

Aturan pakai atau dosis bagi setiap orang berbeda-beda tergantung dari gejala yang dialami. Jika kamu menggunakan obat digestan merek dagang lain, dosisnya pun bisa berbeda tergantung dari bentuk dan kandungannya. Khusus untuk obat digestan, dosisnya untuk dewasa adalah 3 kali sehari 1 tablet.

Obat digestan ini tersedia dalam bentuk tablet sehingga disarankan untuk langsung menelannya dengan segelas air putih. Jika kamu menggunakan merek dagang lain dalam bentuk tablet kunyah, pastikan untuk mengunyahnya sampai hancur sebelum ditelan.

Selain untuk Nyeri Otot, Oskadon SP Obat Apa? Ini Manfaat Lainnya!

Efek samping vitazym plus

efek samping vitazym plus

Walaupun bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan tubuh memecah makanan, ternyata obat ini juga memiliki beberapa samping. Ada kemungkinan kamu akan mengalami beberapa efek samping jika kamu mengonsumsi obat ini tidak sesuai dosis yang disarankan, seperti:

  1. Mual
  2. Diare
  3. Kram perut
  4. Sakit perut
  5. Sembelit

Kamu juga harus segera mengunjungi dokter jika mengalami beberapa efek samping yang lebih serius, seperti:

  1. Sering buang air kecil
  2. Nyeri sendi
  3. Rasa nyeri saat buang air kecil

Interaksi vitazym plus dengan obat lain

Jika kamu mempunyai beberapa riwayat penyakit tertentu dan mengharuskan kamu mengonsumsi obat lainnya, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Ada beberapa efek samping yang akan muncul jika vitazym plus berinteraksi dengan beberapa obat lainnya, yaitu:

  1. Konsumsi bersamaan dengan obat acarbose menurunkan efek obat ini untuk menurunkan gula darah dalam tubuh
  2. Tidak terserapnya asam folat dengan baik jika dikonsumsi bersamaan dengan suplemen asam folat

Kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum mengonsumsi vitazym plus:

  1. Jika kamu alergi terhadap kandungan obat yang terdapat pada obat ini
  2. Kamu perlu berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat digestan jika menderita pankreatitis kronis atau pankreatitis akut
  3. Beri tahu dokter semua jenis obat yang sedang kamu konsumsi saat ini, seperti vitamin, suplemen, dan juga obat herbal
  4. Jika sedang hamil, menyusui, atau sedang menjalankan program hamil, kamu juga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini

Mixalgin Obat untuk Apa? Ternyata Bukan Cuma untuk Sakit Kepala!

Itulah penjelasan lengkap tentang vitazym plus obat apa, manfaat, dosis dan penggunaannya, serta efek sampingnya jika dikonsumsi secara sembarangan.

Vitazym plus memang bermanfaat dan mudah didapatkan. Namun, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis yang tepat ya, Yoonies!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference