Apakah kamu pernah mengalami lidah mati rasa? Kalau kondisi ini disebabkan oleh stroke atau alergi yang serius, kamu perlu cari bantuan medis. Tapi, kalau kondisi ini terjadi karena kesemutan atau hal lain yang tidak serius, kamu bisa menanganinya di rumah.

Kondisi ini sering disebabkan oleh reaksi alergi dari makanan atau bahan kimia tertentu. Namun, masih ada penyebab lainnya. Penasaran apalagi penyebab lidah mati rasa? Yuk simak informasinya dalam artikel berikut!

Apa itu lidah mati rasa?

Lidah mati rasa adalah kondisi ketika lidah kehilangan sensasinya dan seringkali disebabkan oleh masalah saraf. Mati rasa pada lidah sering dihubungkan dengan tekanan atau kerusakan pada saraf yang menyebabkan hilangnya sensasi. Penyebabnya bisa berupa penyakit maupun reaksi alergi. 

Penyebab lidah mati rasa

Ada banyak penyebab yang bisa mempengaruhi saraf dan pembuluh darah di lidah, yaitu:

Alergi

Ketika lidah bersentuhan dengan makanan, bahan kimia, atau zat yang dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh, lidah bisa mengalami pembengkakan, menjadi kesemutan, dan mati rasa.

Autoimun

myasthenia gravis adalah

Penyebab lidah mati rasa berikutnya adalah adanya penyakit autoimun. Penyakit autoimun seperti multiple sclerosis dan lupus dapat mempengaruhi saraf di lidah dan menyebabkan mati rasa.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit Autoimun pada Wanita yang Umum Terjadi!

Infeksi bakteri dan virus

Infeksi bakteri seperti penyakit Lyme dan infeksi virus seperti herpes zoster bisa menyebabkan peradangan dan cedera saraf yang mengakibatkan mati rasa pada lidah dan sekitar mulut.

Kadar vitamin tidak seimbang

manfaat vitamin b6

Kekurangan vitamin D dan B12 bisa menyebabkan kerusakan saraf. Kelebihan vitamin B6 juga bisa menyebabkan lidah mati rasa. Jadi, pastikan kamu memiliki asupan nutrisi yang seimbang. 

Kadar mineral tidak seimbang

Selain kadar kalsium yang rendah dan tidak seimbang, mineral yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan kesemutan di sekitar mulut yang mirip seperti lidah mati rasa.

Migrain atau stroke

Lidah mati rasa seringkali menjadi gejala migrain atau stroke yang akan segera terjadi. Ketika mengalami stroke, aliran darah di otak akan tersumbat dan menyebabkan mati rasa pada lidah.

Hipoglikemia

kadar gula darah normal

Lidah mati rasa juga bisa disebabkan karena hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi kadar gula dalam darah berada di bawah normal.

Hal itu dapat mempengaruhi cara kerja saraf sehingga membuat mati rasa dan kesemutan di lidah, mulut, dan bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Ingin Tahu Apa Kadar Gula Darah yang Normal, Ini Cirinya!

Anestesi

Penggunaan anestesi selama prosedur gigi dapat membuat lidah mati rasa. Hal ini sesuai biasanya terjadi bila kamu baru saja menjalani prosedur operasi yang membutuhkan anastesi. Sensasi ini umumnya akan hilang dalam satu atau dua hari.

Bell’s palsy

Kondisi ini biasanya datang secara tiba-tiba dan bisa menyebabkan kelumpuhan pada wajah, seringkali hanya terjadi pada satu sisi saja.

Kondisi ini juga bisa membuat mati rasa dan kesemutan di lidah. Gejala-gejala ini biasanya akan mulai mereda dalam waktu dua minggu.

Kanker atau tumor

Penyebab lidah mati rasa selanjutnya adalah akibat kanker dan tumor. Tumor bisa memberikan tekanan pada saraf wajah yang menyebabkan sensasi mati rasa dan kesemutan pada lidah. 

Konsumsi obat-obatan

samcofenac obat apa

Lidah mati rasa bisa terjadi akibat konsumai obat-obatan tertentu. Beberapa obat tertentu memiliki efek samping yang dapat mengakibatkan sensasi kesemutan di mulut atau lidah. 

Hipokalsemia

Hipokalsemia bisa terjadi ketika kalsium dalam darah jumlahnya menurun di bawah normal. Hal ini dapat menyebabkan kesemutan pada lidah dan bibir, pusing, dan sebagainya.

Kondisi ini bisa terjadi karena tingkat magnesium yang rendah, kadar vitamin D yang rendah, dan sebagainya.

Fenomena raynaud

Fenomena raynaud merupakan kondisi yang berpengaruh terhadap aliran darah ke lidah, bibir, jari tangan, dan kaki. Kondisi ini dapat membuat lidah mati rasa dan perubahan warna pada lidah. 

Sariawan

cara mengobati sariawan, penyebab lidah mati rasa

Sariawan merupakan luka yang biasanya muncul di lidah. Selain dapat menyebabkan rasa sakit ketika makan, sariawan juga bisa menyebabkan lidah mati rasa. Kondisi ini biasanya akan hilang dalam waktu seminggu.

Baca juga: 11 Cara Mengobati Sariawan yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah

Sindrom burning mouth

Lidah mati rasa juga bisa terjadi karena sindrom burning mouth. Sindrom ini menyebabkan timbulnya sensasi tidak nyaman dan terbakar pada lidah, bibir, dan mulut. Gejalanya bisa dikurangi dengan cara menghindari konsumsi makanan pedas dan alkohol.

Dampak yang terjadi jika lidah mati rasa

Ketika terjadi lidah mati rasa, kamu mungkin akan mengalami beberapa gejala berikut ini.

  • Rasa terbakar atau kesemutan
  • Pembengkakan pada lidah
  • Perubahan tekstur lidah
  • Rasa gatal
  • Sakit wajah
  • Perubahan warna pada lidah
  • Lidah terasa nyeri

Jika fungsi lidah menurun atau mengalami gangguan, maka dapat timbul beberapa dampak berikut ini.

  • Susah mengunyah dan menelan
  • Susah untuk mengecap
  • Susah untuk berbicara

Cara mengobati lidah mati rasa

Beberapa cara untuk mengobati gejala lidah mati rasa, antara lain:

  • Mengonsumsi makanan yang sehat
  • Melakukan olahraga secara teratur
  • Hindari makanan pemicu alergi
  • Mengonsumsi suplemen
  • Mengonsumsi obat

Jika mati rasa pada lidah terjadi disebabkan oleh migrain, maka kamu bisa mengonsumsi obat untuk meredakan sakitnya.

Itulah beberapa penyebab lidah mati rasa. Jika kamu mengalami gejala lain yang menyertai seperti wajah terkulai, kesulitan berbicara, kesulitan bernapas dan gejala lainnya, sebaiknya segera cari bantuan medis.

Share artikel ini
Reference