vitamin anak penambah nafsu makan dan berat badan

Turunnya berat badan dan berkurangnya nafsu makan anak dapat disebabkan oleh beberapa hal. Lalu, apa saja penyebab hingga rekomendasi vitamin penambah nafsu makan dan berat badan yang aman dikonsumsi? 

Melihat anak tak mau makan, tentunya akan membuat orang tua khawatir. Padahal, di masa tumbuh kembangnya, si kecil perlu asupan gizi yang cukup. Jika anak terus menolak makan, anak bisa jadi picky eater dan mengalami penurunan berat badan. 

Penyebab anak tidak mau makan

Tahukah Moms kalau kebutuhan kalori anak-anak berbeda dengan orang dewasa? Balita yang aktif memerlukan kalori sekitar 1.000-1.400 sehari yang diperoleh melalui makanan maupun susu. Jika jumlahlah kurang, maka si kecil bisa mengalami malnutrisi. 

Fenomena anak tidak mau makan biasa orang tua alami ketika anak menginjak usia 2 tahun ke atas. Penyebabnya pun bervariasi, seperti:

1. Takut mencoba makanan baru

Memasuki usia makan, tidak sedikit Moms yang bersemangat memperkenalkan berbagai jenis makanan pada anak. Tujuannya agar menu makanannya lebih bervariasi. 

Namun, hal ini bisa membuat anak menolak makan, sebab terlalu banyak pilihan dalam satu waktu. Moms bisa memperkenalkan jenis makanan secara bertahap sehingga anak tertarik mencoba makanan baru. 

2. Tidak merasa lapar

Faktanya, anak memiliki kemampuan untuk merasakan dan memahami tubuhnya sendiri, termasuk rasa lapar. Anak tidak mau makan bisa karena belum merasa lapar, sehingga menolak semua makanan yang Moms sediakan. 

Apabila anak bersikeras tidak mau makan maka biarkan saja, Moms bisa menawarkan camilan sebagai alternatif makanan utama. 

3. Selektif terhadap makanan 

Sama seperti orang dewasa, anak juga selektif dalam memilih makanan. Mungkin saja, kesayangan Moms tidak menyukai makanan tertentu, seperti sayuran ataupun kacang-kacangan. Makanan yang mengandung bahan tersebut, biasanya sering mendapat penolakan si kecil. 

4. Masalah kesehatan 

Penyebab anak susah makan bisa berkaitan dengan masalah kesehatan, seperti sakit gigi, perut kembung, gerd, radang tenggorokan, dan infeksi pencernaan, sehingga membuat nafsu makan menurun. 

Omega 3 Bermanfaat untuk Apa? Penting bagi Bumil dan Anak!

Rekomendasi vitamin anak penambah nafsu makan dan berat badan yang sudah BPOM

rekomendasi vitamin anak penambah nafsu makan dan berat badan

Sekarang Moms tidak perlu khawatir jika anak tidak nafsu makan. Vitamin di bawah ini mampu membantu masalah nafsu makan dan menaikan berat badan si kecil. 

1. Scotts emulsion vita orange

Vitamin penambah nafsu makan populer adalah Scotts Emulsion Vita Orange. Vitamin ini memiliki tekstur cair sedikit kental yang mengklaim mengandung asam lemak Omega 3, vitamin A, vitamin D, dan minyak ikan cod yang baik untuk memelihara tubuh si kecil, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta meningkatkan nafsu makan. 

2. Imunos sirup

Imunos sirup merupakan suplemen dengan kandungan selenium, asam askorbat, echinacea, dan zinc picolinate yang mampu mendorong nafsu makan hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin ini bisa dikonsumsi sejak anak usia 2 tahun. 

3. Curcuma plus

Suplemen penambah nafsu anak ini mengandung vitamin A, sari temulawak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B5, vitamin D, kalsium, dan minyak ikan cod. Curcuma Plus juga membantu menjaga daya tahan anak agar tidak mudah sakit. 

4. Blackmores koala kids fruity fishies

Produk penambah nafsu makan anak berikutnya Blackmores Superkids Multi Chewables. Melansir situs resmi Blackmores, suplemen ini mengandung zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, biotin, folat, dan zinc. 

5. Cerebrofort gold

Cerebrofort merupakan suplemen untuk membantu perkembangan anak, memelihara kesehatan, dan membantu metabolisme tubuh. Kandungan dalam multivitamin ini terdiri dari folic acid, DHA, AA, EPA, L-Glutamic Acid, vitamin D, vitamin A, hingga Omega 3. 

6. Vidoran plus

Suplemen rasa jeruk dengan kandungan vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, ekstrak curcuma, lysine HCl, nicotinamide, dan dexpanthenol. Vidoran Plus mampu meningkatkan nafsu makan anak sehingga berat badannya bertambah. Selain itu, omega 3 di dalamnya baik untuk merangsang kecerdasan otak

7. Fitkom gummy jelly fruit & veggie

Fitkom merupakan multivitamin dengan rasa yang bervariasi dan disukai anak-anak. Kandungan dalam vitamin terdiri dari mineral, buah, dan sayur, DHA, EPA, dan AA yang berperan meningkatkan kecerdasan otak serta membantu perkembangan anak. 

Kecerdasan Anak Menurun dari Siapa?

Deretan vitamin anak penambah nafsu makan dan berat badan di atas, bisa Moms temukan di apotek. Namun, sebelum memberi si kecil vitamin penambah nafsu makan anak, Moms bisa melakukan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui efek sampingnya pada anak. 


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference