vitamin untuk kecerdasan otak anak

Pretty little asian girl eating melon at home. Healthy food and kid concept.

Beberapa penelitian menunjukkan jika masa emas seseorang adalah saat ia masih berkembang di usia anak-anak. Selain pertumbuhan tubuh, kecerdasan otak juga berkembang di usia ini. Itu sebabnya, banyak para orang tua yang memburu vitamin untuk kecerdasan otak anak, dengan harapan anaknya akan semakin pintar.

Sebelum membeli vitamin tersebut, para orang tua harus tahu dulu beberapa jenisnya berikut ini.

Kenali vitamin anak untuk otak

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa suplemen tertentu dapat meningkatkan kecerdasan anak. Contohnya saja suplemen yang mengandung omega-3. Namun, hingga kini belum ada penelitian khusus terkait suplemen dan hubungannya dengan kecerdasan anak.

Apa itu artinya suplemen tidak dibutuhkan? Pendapat ini tidak sepenuhnya benar dan sepenuhnya salah. Suplemen biasanya mengemas satu atau beberapa kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh terutama otak. Mengkonsumsi suplemen yang tepat tentu akan baik untuk kecerdasan otak anak.

Jenis-jenis vitamin untuk kecerdasan otak anak

Ada banyak vitamin yang baik untuk kecerdasan otak si kecil, seperti:

Asam lemak omega-3

Omega-3 adalah jenis lemak sehat yang penting untuk beberapa fungsi tubuh. Mereka ditemukan dalam ikan berlemak, kerang dan sumber tanaman seperti kenari.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan. Pada orang yang sudah menderita demensia, suplemen vitamin E harian dapat memperlambat laju penurunan kinerja otak. Dan ada beberapa bukti bahwa orang yang makan makanan yang kaya vitamin E mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia. Tetapi tidak jelas apakah suplemen akan memiliki manfaat yang sama.

Terlebih lagi, terlalu banyak vitamin E bisa berbahaya. Suplemen vitamin E dosis tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian. Vitamin E dapat ditemukan pada makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau tua dan minyak sayur seperti bunga matahari dan minyak jagung.

Vitamin B

Para peneliti telah mengeksplorasi hubungan antara kognisi dan vitamin B6, B9 dan B12. Dalam satu penelitian berhubungan dengan vitamin B-12, yang dirilis di jurnal American Society for Nutrition menemukan bahwa asupan vitamin B-12 oleh para ibu hamil membantu perkembangan otak janin.

Vitamin lainnya

Vitamin A, C, dan D sering dimasukkan dalam produk yang mengklaim bermanfaat bagi otak. Tapi sementara vitamin ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan, tidak ada bukti bahwa mereka meningkatkan memori, kognisi atau kesehatan otak.

Pentingkah memberikan vitamin untuk kecerdasan otak anak?

Well, selama anak bisa mendapatkan asupan vitamin yang cukup dari makanan, kenapa harus suplemen? Suplemen dibuat dalam proses yang tidak kamu ketahui. Satu butir suplemen mengandung jumlah vitamin yang mungkin saja tidak cocok dengan jumlah kebutuhan anakmu.

Beberapa mungkin mencampur kandungan tertentu pada suplemen seperti bahan pengawet, yang apabila dikonsumsi dalam waktu panjang akan membahayakan anakmu. Terlebih, mengonsumsi suplemen tertentu hanya akan memberikan manfaat yang lebih sedikit ketimbang mengonsumsi buah-buahan yang lebih kaya vitamin dan sudah terbukti manfaatnya untuk otak anak.

Cara alami meningkatkan kecerdasan otak anak

Selain memberikan vitamin, lewat cara-cara alami ini kamu juga bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

Jangan lewatkan sarapan!

Anak-anak yang sarapan memiliki rentang perhatian yang lebih lama dan memori yang lebih baik daripada mereka yang tidak sarapan. Pilih menu sarapan seperti sereal gandum dan oatmeal tanpa gula.

Terlebih lima hari sebelum ujian, sebuah penelitian menunjukkan apa yang kamu makan seminggu sebelum ujian memengaruhi nilaimu. Siswa yang diberi makan diet tinggi lemak, rendah karbohidrat seperti daging, telur, keju ternyata dapat nilai lebih buruk dalam tes.

Luangkan waktu untuk tidur

Ada kesenjangan kinerja yang sangat besar yang disebabkan oleh perbedaan jam tidur pada anak-anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa murid Kelas 7 yang sedikit mengantuk akan tampil di kelas yang mirip dengan murid Kelas 5.

Tetapkan rutinitas waktu tidur yang teratur dan waktu tidur siang 15 sampai 30 menit setiap harinya. Batasi aktivitas setelah sekolah sehingga waktu tidur tidak terlambat. Larang penggunaan handphone atau laptop satu jam sebelum tidur karena cahaya biru dari layer tersebut mengganggu ritme tidur.

Sajikan makanan sehat di piring

Ya, akan luar biasa jika anak-anak selalu makan makanan sehat, karena penelitian menunjukkan diet membuat perbedaan besar dalam nilai yang didapat anak-anak.

Otak juga perlu diisi dengan oksigen, jadi pastikan ada pasokan zat besi yang baik dalam makanan mereka. Temukan dalam sayuran berdaun hijau, terutama bayam, buah kering, sereal yang diperkaya, dan kacang-kacangan seperti kacang panggang. Jaga agar mereka terhidrasi dengan baik juga karena ini memengaruhi rentang perhatian mereka.

Ini bukan berarti anak tidak boleh mengonsumsi gula. Justru, pada makanan yang disukai anak akan mampu membangkitkan semangatnya untuk belajar. Jadi, jangan larang mereka seutuhnya dari mengonsumsi permen, kue, dan makanan manis lainnya.

Terus bergerak

Berada dalam kondisi fisik yang baik, meningkatkan kemampuan anak untuk belajar. Studi menunjukkan bahwa setelah berolahraga, orang mengambil kosa kata baru 20 kali lebih cepat dari sebelumnya. Sebuah penelitian di Swedia terhadap lebih dari satu juta anak berusia 18 tahun menunjukkan bahwa kebugaran memang berhubungan dengan IQ seseorang, dan penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa untuk anak berusia sembilan dan 10 tahun, 20 menit latihan sebelum ujian secara signifikan meningkatkan nilai mereka.

Yakin pada kepintaran anak

Cukup percaya bahwa anak Anda lebih pintar dari yang lain dapat membuat perbedaan. Studi menunjukkan ketika guru diberi tahu bahwa anak-anak tertentu lebih cerdas, siswa tersebut melakukannya lebih baik. Pada akhir tahun ajaran, 30 persen dari mereka yang dipilih sebagai ‘spurter’ telah memperoleh rata-rata 22 poin IQ, dan hampir semuanya memperoleh setidaknya 10 poin IQ.

Tips memilih vitamin untuk kecerdasan otak anak

Hal utama yang mesti kamu ketahui adalah vitamin yang kurang dikonsumsi oleh anakmu. Jika itu vitamin C, maka carilah suplemen dengan kandungan tersebut. Beberapa suplemen mungkin bisa memenuhi 50 hingga 90 persen kebutuhan harian vitamin anak.

Pastikan sudah ada kode verifikasi dari BPOM dan petunjuk penggunaan suplemen. Selain sebagai jaminan, ini juga sebagai bukti bahwa suplemen tersebut layak dipercaya.

Untuk menguji kecocokan suplemen, cobakan satu butir per hari selama beberapa hari. Bila tidak ada tanda-tanda negatif seperti alergi, demam, batuk, dan sebagainya, suplemen bisa terus dikonsumsi.

Bila dikemudian hari didapati efek samping suplemen, segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter bila mendapati efek parah seperti muntah, kejang-kejang, dan lainnya.

Share artikel ini
Reference