omega 3 bermanfaat untuk

Asam lemak omega 3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang penting untuk membangun sel mata dan otak. Ada 3 jenis utama asam lemak omega 3, yaitu asam docosahexaenoic (DHA), asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam alfa-linolenat (ALA). Namun, dari ketiga jenis tersebut, omega 3 bermanfaat untuk apa?

DHA dan EPA banyak ditemukan pada makanan laut, sedangkan ALA dapat ditemukan pada makanan nabati tertentu. Ketiganya dapat membantu fungsi jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan banyak lagi. 

Namun, kita tidak dapat memproduksi omega 3 sendiri dan harus bergantung pada sumber eksternal untuk memenuhi kebutuhan asupan harian kita, yaitu dari makanan dan suplemen.

Asam lemak omega 3 secara alami ditemukan dalam alga, makanan ikan dan makhluk laut lainnya. Inilah alasannya asam lemak ini juga disebut sebagai sumber laut omega 3 atau minyak ikan

Omega 3 bermanfaat untuk apa?

Omega 3 juga dikenal sebagai lemak yang memiliki peran penting dalam tubuh. Namun, omega 4 bermanfaat untuk apa? Berikut beberapa manfaat omega 3 untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi kesehatan jantung karena dapat membantu menurunkan peradangan, kadar lipid darah, dan tekanan darah. Suplemen omega-3 juga dapat membantu meningkatkan aliran darah, meningkatkan kadar kolesterol HDL pelindung jantung, dan mendukung detak jantung yang sehat

Para peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dosis tinggi dikaitkan dengan manfaat kardiovaskular yang lebih besar. Setiap dosis EPA dan DHA 1.000 mg per hari berhubungan dengan risiko serangan jantung 9% lebih rendah dan risiko penyakit jantung koroner total 7% lebih rendah.

2. Baik untuk kesehatan mental

Omega 3 sangat penting untuk fungsi kesehatan mental yang tepat dan juga terbukti meningkatkan fungsi kognitif. Menambahkan suplemen omega 3 ke dalam diet harian akan membantu meningkatkan pelepasan serotonin, zat kimia yang mengontrol suasana hati dan kognisi. 

Tingkat serotonin yang memadai dapat membantu meningkatkan kognisi yang mendukung kemampuan pengambilan keputusan dan membantu mengangkat suasana hati.

Beberapa penelitian medis juga menunjukkan bahwa omega 3 dapat mencegah perkembangan penyakit psikotik penuh pada remaja dan dewasa dengan gejala ringan.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Selain baik untuk jantung dan kesehatan mental, omega 3 juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata, lho!

Bahkan, dokter mata merekomendasikan suplemen omega 3 untuk mengobati mata kering dan untuk memperbaiki penglihatan. Hal ini juga didukung dengan sejumlah penelitian yang telah membuktikan bahwa orang yang tidak mengkonsumsi omega 3 lebih berisiko terkena penyakit mata.

4. Mendukung kesehatan otak

Asam lemak omega 3 sangat penting untuk kesehatan saraf dan memainkan peran penting dalam fungsi otak, seperti memori dan perhatian pada orang dewasa maupun anak-anak.

Selain itu, omega 3 memainkan peran penting dalam perkembangan otak, oleh karena itu sebagian besar ahli merekomendasikan ibu hamil untuk menambahkan asupan omega 3 selama kehamilan untuk mempertahankan kadar DHA dan EPA dalam darah yang optimal untuk mendukung perkembangan janin

5. Memperbaiki gejala peradangan

Asam lemak omega 3 EPA dan DHA membantu mengatur peradangan dalam tubuh dengan memengaruhi respons peradangan dan mengurangi kadar beberapa protein peradangan. 

Suplemen omega 3 dosis tinggi telah terbukti memperbaiki gejala yang berkaitan dengan kondisi peradangan tertentu, seperti rheumatoid arthritis (RA) dan penyakit radang usus (IBD). Bahkan, mengonsumsi suplemen asam lemak omega 3 secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit pada penderita rheumatoid arthritis, lho!

6. Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Asam lemak omega 3 telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi dengan meningkatkan penyerapan kalsium. Seperti yang kita tahu, kalsium sangat penting untuk tulang yang kuat, tetapi harus diserap dengan baik oleh tubuh agar efektif. Penyerapan kalsium cenderung menurun seiring bertambahnya usia sehingga omega 3 sangat penting bagi orang tua.

Penelitian juga menunjukkan bahwa omega 3 meningkatkan pembentukan dan meningkatkan kepadatan tulang, yang juga penting untuk tulang dan persendian yang kuat dan sehat.

Ini Makanan yang Mengandung Omega 3, Mana Favorit Kamu?

Apa manfaat omega 3 untuk anak dan ibu hamil?

omega 3 bermanfaat untuk ibu hamil dan anak

Omega 3 termasuk dalam kelompok DHA yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh, dan zat ini juga terdapat pada sebagian besar sel tubuh, terutama pada susunan sel saraf dan sel penglihatan. 

Oleh karena itu, saat mempersiapkan kehamilan maupun selama kehamilan,wanita disarankan untuk memenuhi kebutuhan omega 3. Dengan memenuhi kebutuhan omega 3 padai menu makanannya sehari-hari, nantinya ibu hamil dapat membantu janin berkembang dengan baik.

Dalam proses perkembangan dan penyempurnaan tubuh janin dalam kandungan, janin perlu menggunakan sumber asam omega 3 yang disalurkan dari tubuh ibu dan menggunakan senyawa tersebut sejak minggu pertama kehamilan hingga minggu pertama kehamilan. 

Oleh karena itu, ibu hamil yang tidak mendapat asupan asam omega 3 yang cukup selama masa kehamilan dapat menyebabkan anak kekurangan senyawa ini dan mempengaruhi perkembangan dan kesehatan anak. 

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa, ketika janin kekurangan asam indeks omega 3, saat anak lahir, ada risiko keterlambatan pertumbuhan, keterbelakangan berpikir, dan kecerdasan yang lebih rendah dibandingkan dengan teman sebayanya. 

Vitamin B Complex untuk Apa? Perhatikan Aturan Minumnya!

Efek samping omega 3

Meski omega 3 bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun mengonsumsinya dalam dosis tinggi justru dapat menyebabkan efek samping. Para ahli merekomendasikan asupan harian asam lemak omega 3 tidak boleh melebihi tiga gram dari gabungan EPA dan DHA, dengan tidak lebih dari dua gram per hari yang berasal dari suplemen

Pasalnya, suplemen EPA dan DHA dosis tinggi dapat mengubah respons peradangan tubuh yang dapat mengurangi fungsi kekebalan tubuh. Dosis tinggi EPA dan DHA juga dapat menghambat pembekuan darah, yang dapat menyebabkan masalah pendarahan

Efek samping kelebihan dosis omega 3 yang paling umum adalah:

  • Mual
  • Diare
  • Sakit perut
  • Maag
  • Refluks asam
  • Bau mulut
  • Bersendawa atau sisa rasa amis
  • Sakit kepala

Meski omega 3 bermanfaat untuk banyak fungsi tubuh, kamu harus tetap memastikan bahwa omega 3 harus dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference