trisela obat apa

Banyak orang yang sering mengalami alergi karena berbagai sebab, bisa alergi terhadap suhu, makanan hingga binatang.

Trisela merupakan salah satu obat yang dapat mengatasi alergi dan meringankan gejala yang muncul karena alergi tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu Trisela obat apa, yuk ikuti ulasan lengkap manfaat, petunjuk penggunaan dan efek samping saat mengonsumsi obat ini.

Trisela obat apa?

Trisela adalah obat yang dikhususkan untuk anti alergi di mana obat ini mengandung cetirizine HCL yang dapat mengatasi kondisi dan gejala alergi.

Cetirizine adalah salah satu antihistamin yang dapat menghambat reseptor h1 dan bekerja secara kompetitif di saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan pembuluh darah.

Dengan adanya kandungan Cetirizine dalam Trisela, obat ini dapat meringankan gejala dari alergi. Namun tetap tidak dapat mencegah gejala alergi itu datang.

Zat alergi sendiri merupakan alergen yang saat bersentuhan dengan tubuh dapat memproduksi zat kimia yang dapat disebut dengan histamin. Histamin dapat menyebabkan gejala yang berkaitan dengan reaksi alergi dalam tubuh.

Alergi Dingin: Penyebab, Ciri-Ciri, Jenis Obat, dan Cara Mengobatinya

Manfaat obat Trisela

Manfaat dari Trisela yaitu dapat mengatasi atau meringankan gejala dari kondisi alergi baik rhinitis alergi atau alergi terhadap hewan.

Kandungan cetirizine dalam Trisela dapat membantu gejala alergi seperti mengatasi:

  • Pilek
  • Bersin
  • Mata gatal
  • Hidung gatal

Beberapa reaksi ini memang dapat terjadi jika tubuh terkena zat alergen dari pemicu alergi seperti tanaman, hewan atau bentuk allergen lainnya.

Banyak alergi yang dapat mempengaruhi sistem pernapasan seseorang sehingga menyebabkan gatal pada hidung, sinus, sakit tenggorokan atau keluhan lainnya.

Manfaat obat ini dapat mengatasi dan meringankan gejala yang ada meskipun tetap tidak dapat mencegah jika alergi ini datang kembali.

Apa saja petunjuk penggunaan dna berapa dosis Trisela yang dapat dikonsumsi?

Obat Alergi Udang yang Wajib Kamu Sediakan saat Kambuh

Petunjuk penggunaan obat Trisela

Sebelum mengetahui apa saja petunjuk penggunaan dan berapa dosisnya, ketahui macam-macam obat Trisela yang dapat dikonsumsi, yaitu:

  • Trisela tablet. Trisela tablet merupakan salah satu golongan obat keras dengan manfaat antialergi dan antihistamin. Kandungannya berupa cetirizine HCL sebanyak 10 mg. 
  • Trisela sirup. Trisela sirup hanya memiliki kandungan cetirizine hcl 5 mg setiap 5 ml. Obat ini juga termasuk obat keras sehingga memerlukan dosis dan petunjuk penggunaan dari dokter. Berbentuk sirup dan lebih mudah dikonsumsi untuk anak-anak. 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Trisela, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter dan juga apoteker guna memastikan dosis yang sesuai dengan kebutuhan.

Gejala alergi yang dialami setiap orang tentu akan berbeda dengan orang lainnya sehingga membutuhkan petunjuk dan penggunaan yang tepat. 

Obat Tera F Untuk Apa? Yuk Cek Fungsi dan Aturan Pakainya!

Dosis Penggunaan Obat Trisela

Adapun dosis yang dapat diberikan dapat merujuk pada aturan kemasan seperti dibawah ini:

  • Untuk dewasa dapat mengonsumsi 10 mg sebanyak 1x sehari
  • Anak-anak pada usia 2-6 tahun dapat mengonsumsi 2,5 mg sebanyak 2x sehari
  • Anak-anak pada usia 6-12 tahun dapat mengonsumsi 5 mg sebanyak 2x sehari
  • Anak-anak pada usia 12 tahun keatas dapat mengonsumsi 10 mg sebanyak 1x sehari atau dosisnya sama dengan orang dewasa.

Hendaknya mengonsumsi obat ini sesuai dengan kebutuhan dan dikonsumsi sebagai obat tunggal karena penggunaan Trisela dengan jenis obat lain dapat mengganggu kinerja obat dengan maksimal.

Pastikan memakai sendok, gelas ukur atau pipet yang disediakan jika mengonsumsi Trisela sirup agar banyaknya obat dapat dikontrol sesuai dengan aturan yang disediakan.

Dilarang menggunakan sendok makan atau sendok teh saat memberikan obat berbentuk sirup karena banyaknya obat tidak dapat dikendalikan sesuai dengan aturan. 

Penggunaan obat sirup harus dikocok terlebih dahulu saat digunakan dan simpan semua alat pengukur ditempat yang bersih dan aman setelah dan sebelum digunakan.

Adalah efek samping dari penggunaan Trisela untuk obat antialergi?

Nitrokaf Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis dan Efek Sampingnya

Efek samping obat Trisela

Dengan adanya kandungan cetirizine yang aman dalam Trisela, namun tentunya obat ini tetap harus dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dan bisa jadi terjadi efek samping tertentu pada beberapa orang. 

Segera beritahu dokter apabila kamu mengalami alergi terhadap bahan tertentu yang terdapat di dalam obat.

Beritahu riwayat medis dan kesehatan agar dokter dapat menyarankan petunjuk penggunaan obat ini  dengan tepat.

Beberapa kondisi pengguna obat ini dapat mengalami efek samping seperti:

  • Mulut kering
  • Nyeri perut
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Gelisah
  • Badan lemas
  • Gatal
  • Kejang

Obat ini dilarang digunakan bagi penderita yang mempunyai gangguan ginjal yang berat.

Interaksi obat ini juga dapat menyebabkan depresi pada sistem saraf pusat jika digunakan bersamaan dengan obat depresan untuk sistem saraf pusat, seperti obat penenang dan sebagainya.

Meskipun Trisela dapat diandalkan untuk mengatasi dan meringankan gejala alergi, namun penggunaan dan dosisnya harus sesuai dan konsultasikan dengan dokter apabila mengalami efek samping dari konsumsi obat ini, ya!

Share artikel ini
Reference