Pernah tahu kalbion obat apa? Mungkin jenis obat ini masih sangat asing bagi sebagian orang. Untuk kamu yang kekurangan vitamin B1, B6 dan B12, jenis obat ini adalah pilihan tepat untuk kamu.

Banyak sekali manfaat yang didapat tubuh saat vitamin ini dapat dipenuhi seperti dapat membantu menyerap energi dari makanan, membantu metabolisme sehingga menghasilkan sel yang dibutuhkan tubuh seperti hemoglobin, sel darah merah. 

Untuk mengetahui dengan detail kalbion obat apa, yuk simak ulasannya berikut ini!

Deskripsi obat Kalbion

obat kalbion

Kalbion merupakan obat dalam bentuk kaplet yang dapat memenuhi asupan vitamin B1, B6 dan B12. Untuk pasien yang mengalami defisiensi akan vitamin ini dapat mengonsumsi suplemen dan membantu beberapa kondisi berikut ini:

  • Polyneuritis/degenerasi saraf tepi simetri dan serentak
  • Neuritis perifer
  • Gangguan sistem saraf
  • Sindrom lengan atau bahu

Komposisi dalam kaplet kalbion mengandung:

  • Vitamin B1 100 mg
  • Vitamin B6 200 mg 
  • Vitamin B12 200 mcg

Suplemen ini secara khusus dengan kandungan cyanocobalamin, pyridoxine hcl dan thiamin hydrochloride ini dapat membantu pengobatan bagi pasien yang mengalami kekurangan vitamin B1, B6 dan B12.  Apa saja manfaat dari obat ini?

Neurobion Forte Pink Obat Apa Dan Kapan Harus Ke Dokter?

Manfaat obat

Secara umum, kalbion merupakan suplemen yang dapat membantu pemenuhan kebutuhan vitamin B1, B6, dan B12 dimana vitamin ini dapat berdampak pada sistem saraf sehingga disebut dengan vitamin neurotropik.

Kesehatan saraf sangat penting bagi tubuh manusia sehingga membutuhkan asupan gizi yang cukup akan vitamin ini.

Manfaat vitamin ini untuk tubuh antara lain:

  • B1 atau tiamin berfungsi untuk memberikan energi pada sel sehingga dapat berfungsi dengan baik. Selain itu manfaat bagi tubuh dapat membantu menyerap energi makanan secara maksimal.
  • B6 atau pyridoxine berfungsi sebagai transmisi impuls saraf dan membantu metabolisme serta membantu menghindari penyakit yang berhubungan dengan gangguan kognitif dan kardiovaskular.
  • B12 atau cyanocobalamin berfungsi menjaga sistem saraf sehat, melindungi serat saraf, membantu menghasilkan sel yang dibutuhkan tubuh seperti sel darah merah, dna dan hemoglobin dalam darah.

Agar jenis vitamin ini dapat terpenuhi, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kalbion yang dapat membantu memenuhi vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh ini.

Fridep Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis, hingga Efek Sampingnya!

Dosis dan penggunaan

manfaat vitamin b6

Konsumsi kalbion harus disesuaikan dengan kebutuhan sehingga dapat memenuhi asupan vitamin dengan tepat. Untuk dosis yang dapat dikonsumsi umumnya yaitu 1 kaplet kalbion perhari.

Jenis suplemen ini sangat baik jika dikonsumsi sesaat atau setelah makan. Suplemen kalbion tentu harus dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan dan resep dokter agar tidak terjadi kelebihan vitamin yang dapat memicu efek samping.

Ada beberapa ibu hamil yang merasa membutuhkan asupan tambahan vitamin ini, akan tetapi hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter karena belum ada informasi memadai yang dapat menjelaskan keamanan vitamin dan efektivitasnya. Untuk itu perlu konsultasi dengan dokter terkait apabila memang diperlukan.

Terdapat beberapa peringatan yang perlu diwaspadai sebelum mengonsumsi kalbion sebagai tambahan suplemen harian, seperti:

  • Dosis kalbion tidak boleh dikonsumsi berlebihan tanpa saran dan arahan dari dokter.
  • Bagi pemilik alergi pada komponen penyusun suplemen, sebaiknya hindari konsumsi obat ini.
  • Informasikan kepada dokter terkait jenis obat apa saja yang sedang dikonsumsi, baik itu saat menjalani terapi, pengobatan atau ketika memiliki riwayat penyakit medis tertentu.
  • Jika terjadi gejala tidak wajar setelah konsumsi vitamin, segera hentikan dosisnya dan konsultasikan dengan dokter untuk penanganan masalah kesehatan lebih lanjut.
  • Agar penyerapan suplemen lebih sempurna, sebaiknya imbagi dengan konsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin B kompleks secara teratur.
  • Simpan suplemen ditempat sejuk dan kering serta tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Dilarang menyimpan suplemen pada lemari es atau tempat bersuhu panas.
  • Segera tutup saat kemasan suplemen telah dibuka dan habiskan sebelum masa kadaluarsa obat.

Penggunaan dosis dan aturan pakai dari kalbion juga perlu didiskusikan dengan dokter agar menghindari segala efek samping suplemen yang mungkin terjadi. Adakah efek samping khusus yang mungkin dapat terjadi?

Selain untuk Sendi, Nutriflam Obat Apa? Yuk, Cek Manfaat dan Cara Kerjanya!

Efek samping obat Kalbion

Sebagai salah satu suplemen atau tambahan asupan makanan, umumnya vitamin ini memang tidak meninggalkan efek samping apapun jika dikonsumsi sesuai dengan dosis tanpa melebihi yang dianjurkan.

Namun terdapat kemungkinan adanya sindrom neuropati yang dapat terjadi jika konsumsi vitamin B6 ini melebihi dosis yang dianjurkan. Sindrom ini sendiri merupakan istilah yang kerap digunakan pada gejala gangguan penyakit saraf pada tubuh.

Gejala yang sering muncul saat seseorang mengalami sindrom ini adalah sulit buang air kecil, kram otot, kesemutan dan sering mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Interaksi obat

Belum ditemukan adanya laporan atau interaksi kalbion dengan jenis obat tertentu. Akan tetapi suplemen ini tidak boleh dikonsumsi oleh pasien yang menderita hipersensitif dengan kandungan ataupun obat didalamnya.

Nah sudha tau kan kalbion obat apa? Suplemen ini dapat menjadi pilihan penambah asupan terhadap vitamin B1, B6 dan B12 yang mudah dikonsumsi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh akan vitamin ini.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference