cara alami mengatasi hidung tersumbat

Hidung tersumbat dapat menyebabkan aktivitas menjadi terganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, ada beberapa cara alami mengatasi hidung tersumbat yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat luas. Sebagian orang juga memilih menggunakan cara alami terlebih dahulu sebelum ke dokter atau menggunakan cara medis seperti obat atau perawatan lainnya. 

Apa itu hidung tersumbat?

Hidung tersumbat adalah kondisi saat udara tidak dapat masuk ke dalam hidung dengan lancar. Alhasil, proses pernapasan menjadi terganggu. Biasanya, hidung tersumbat juga disertai dengan gejala lain seperti hidung berair. 

Kondisi yang satu ini dapat menjadi gejala dari beberapa penyakit, termasuk sinusitis. Hidung tersumbat memiliki tingkat keparahan yang berbeda tergantung pada penyebabnya. Ini sebabnya, perawatan yang diberikan pun dapat berbeda pada setiap orang. 

Penyebab hidung tersumbat

penyebab sakit kepala berkepanjangan

Hidung tersumbat dapat disebabkan karena kondisi tertentu. Berikut beberapa penyebab hidung tersumbat:

  • Flu
  • Infeksi sinus
  • Batuk pilek
  • Alergi
  • Penggunaan semprotan hidung atau obat tetes hidung tertentu 
  • Polip hidung, 
  • Kehamilan dan
  •  Rinitis vasomotor

Cara alami mengatasi hidung tersumbat

Ada beberapa cara alami mengatasi hidung tersumbat yang bisa dicoba di rumah, seperti:

1. Minum air hangat, teh, atau sup

Minum air putih dapat membuat tubuh menjadi terhidrasi. Selain itu, minum air putih juga dapat membuat ingus yang menyebabkan hidung tersumbat keluar. Dengan begitu, tekanan pada sinus dapat berkurang dan peradangan serta iritasi dapat teratasi. 

Kamu bisa mengkonsumsi sup hangat, air putih hangat atau teh hangat untuk mengatasi hidung tersumbat. 

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki senyawa antibakteri dan antijamur yang berguna untuk mengatasi hidung tersumbat. Cara penggunaannya mudah potong beberapa siung bawah putih menjadi beberapa bagian. Masukan dalam air mendidih. Setelah itu, hidup uap dari bawang putih tersebut. 

3. Gunakan ekstra bantal saat tidur

Hidung tersumbat dapat mengganggu tidur. Kamu bisa menggunakan 1-2 bantal tambahan untuk menopang kepala.  Penggunaan bantal ini dapat membuat ingus lebih mudah untuk keluar. 

4. Menggunakan kompres hangat

Cara alami mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan kompres hangat. Caranya juga mudah, tempelkan kompres air hangat pada atas hidung dan dahi. Cara ini akan membantu meredakan peradangan dan nyeri pada lubang hidung serta membantu hidung merasa lebih lega. 

5. Mandi air hangat

Tips mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan mandi air hangat. Air hangat bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih nyaman namun menghasilkan uap yang akan mengurangi lendir di dalam hidung sehingga kamu dapat bernafas lebih baik. 

6. Minum teh peppermint

Teh peppermint juga dapat mengatasi hidung tersumbat. Pasalnya, peppermint mengandung mentol yang merupakan dekongestan alami untuk mengatasi hidung tersumbat. Minum teh peppermint selagi hangat sehingga hidung menjadi lebih nyaman. 

Tips untuk mengatasi hidung tersumbat 

manfaat minum teh

Selain beberapa cara alami di atas, ada sejumlah tips lain yang dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat, yakni:

1. Memasang pelembap udara (humidifier)

Memasang humidifier atau pelembab udara juga dapat membantu mengatasi hidung yang tersumbat. Cara ini juga cukup praktis untuk digunakan. Fungsi humidifier sendiri adalah mengubah air menjadi uap untuk membuat ruangan menjadi lebih lembap. 

Udara dengan kelembapan yang baik dapat membantu mengatasi iritasi pada jaringan serta pembuluh darah yang bengkak. Selain itu, pelembap udara ini juga dapat  mengurangi jumlah lendir pada hidung sehingga hidung tersumbat menjadi teratasi dan dapat bernafas dengan baik. 

2. Menggunakan dekongestan

Dekongestan tersedia dalam dua bentuk yakni semprotan dan obat tablet. Sebaiknya, gunakan obat ini sesuai dengan resep dokter. Mengkonsumsi atau menggunakan dekongestan tanda adanya resep tidak dianjurkan. 

3. Mengonsumsi antihistamin

Tips selanjutnya adalah mengkonsumsi antihistamin. Obat yang satu ini digunakan jika hidung tersumbat disebabkan oleh rhinitis alergi. Penggunaan obat ini juga sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter. 

4. Membuang ingus

Tips mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan membuang ingus. Tidak sedikit orang menarik ingus dan menyebabkan sumbatan pada hidung. Jadi, pastikan untuk selalu mengeluarkan ingus untuk meringankan sumbatan pada hidung.

Share artikel ini
Reference