Menyiapakan perlengkapan untuk ibu setelah melahirkan perlu disiapkan sebelum persalinan tiba. Selain untuk ibu, kamu pun juga perlu mempersiapkan kebutuhan perlengkapan si kecil, bukan?

Apakah kamu sudah tahu perlengkapan ibu setelah melahirkan apa saja yang perlu disiapkan? Dalam artikel kali ini, kami akan membahas beberapa perlengkapan ibu dan bayi setelah melahirkan dan tips persiapan persalinan. Jadi, simak sampai akhir, ya!

15 perlengkapan bayi dan ibu setelah melahirkan

persiapan melahirkan normal

Berikut ini adalah perlengkapan bayi dan ibu yang perlu kamu siapkan pasca persalinan.

1. Obat pereda nyeri

Jika diperlukan dan dokter menyarankannya, pihak rumah sakit akan meresepkan obat pereda nyeri.

Sebaiknya, obat pereda nyeri dikonsumsi atas resep dokter. Biasanya, obat ini akan membantu meredakan nyeri kram pasca persalinan.

2. Pembalut

Biasanya, kamu akan mengalami pendarahan beberapa saat setelah melahirkan atau yang disebut perdarahan nifas.

Kamu juga perlu menyiapkan pembalut untuk ibu melahirkan atau pembalut nifas yang nyaman dipakai. 

Moms, Bagaimana Cara Mandi Nifas setelah Melahirkan?

3. Dry shampoo

Pasca melahirkan, kamu mungkin kesulitan untuk mencuci dan menata rambut secara teratur. Dry shampoo dapat membantu rambut kamu tetap segar.

Moms, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

4. Hand cream

Pasca melahirkan, kamu akan sering mengganti popok, mencuci tangan, memandikan bayi, dan banyak aktivitas lain yang bisa membuat tangan kamu terasa kering, gatal, dan pecah-pecah. Jadi, kamu juga memerlukan krim tangan.

5. Aspirator hidung

Aspirator hidung merupakan perlengkapan yang digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat pada si kecil. Pakailah aspirator hidung yang mudah dibersihkan dan aman digunakan.

6. Stroller

Kamu juga membutuhkan stroller, khususnya ketika akan bepergian. Stroller praktis digunakan saat tiba-tiba si kecil tertidur.

7. Car seat

Gunakan car seat yang bagus, sebab keselamatan dan kenyamanan si kecil perlu diprioritaskan. Jangan hanya melihat modelnya saja, perhatikan standar keselamatannya.

8. Bedong

Bedong dapat digunakan untuk membantu menenangkan bayi sehingga mempermudah dia untuk tidur lebih cepat dan nyenyak.

Cara Menghilangkan Perut Hitam setelah Melahirkan

9. Mainan

Mainan kerincingan, mainan yang digenggam, dan mainan yang menyenangkan lainnya merupakan cara bagus untuk mendorong perkembangan dan menghibur si kecil. Pilihlah mainan yang aman untuk si kecil.

10. Bak mandi bayi

Saat pertama kali memandikan si kecil, kamu pasti ingin melakukannya dengan nyaman. Gunakan bak mandi yang nyaman dan aman untuk si kecil.

11. Baju bayi

Waktu membeli baju untuk si kecil, pilihlah yang nyaman digunakan. Cari baju yang lembut, tidak ketat, dan tahan lama walaupun sering dicuci.

12. Alat monitor bayi

Perlengkapan ibu setelah melahirkan yang perlu disiapkan selanjutna adlah alat monitor bayi. Alat monitor bayi memungkinkan kamu mengawasi si kecil saat kamu sedang berada di ruangan lain.

Kenali Penyebab Gatal-Gatal Setelah Melahirkan

13. Popok

Bayi mungkin memerlukan sekitar 10 sampai 12 popok dalam sehari pada awalnya, jadi siapkan popok dalam jumlah yang cukup untuk si kecil. Gunakan jenis popok yang tidak membuat kulit si kecil menjadi iritasi.

14. Krim ruam popok

Kamu juga perlu menyiapkan krim ruam popok untuk mencegah ruam dan menanganinya ketika muncul.

15. Susu

Tidak hanya si kecil saja yang membutuhkan nutrisi, kamu pun juga membutuhkannya. Ibu menyusui perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Maka dari itu, kamu perlu selalu mengonsumsi makanan yang dan minuman sehat dan bergizi. Salah satunya, kamu bisa mengonsumsi susu untuk ibu menyusui.

 

Tips persiapan persalinan

Melahirkan dengan bpjs

Kamu perlu mempersiapkan mental dan fisik sebelum persalinan. Apalagi yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan persalinan? Kamu bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini.

  • Istirahat. Cukup tidur pada trimester ketiga akan membantu kamu merasa segar.
  • Makan makanan yang sehat. Makanlah makanan yang padat nutrisi seperti yogurt, kacang-kacangan, sayuran, dan sebagainya.
  • Jaga kesehatanmu dengan baik. Jika memungkinkan, konsumsi vitamin yang cocok. Sebelum mengonsumsinya, coba konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  • Lakukan riset untuk mengetahui informasi mengenai rumah sakit dan dokter. Pilih baik-baik setelah mempertimbangkannya dengan matang.
  • Menyiapkan dokumen rumah sakit. Siapkan dokumen yang diperlukan ke dalam tas yang akan dibawa ke rumah sakit. 
  • Pertimbangkan keputusan pribadi mengenai perawatan medis. Kamu bisa menyatakannya secara tertulis dengan surat kuasa jika kamu menolak perawatan medis tertentu.
  • Mengemas tas rumah sakit. Buat daftar perlengkapan yang perlu dibawa dan siapkan tas yang berisi perlengkapan tersebut.
  • Berkonsultasi dengan dokter. Jika ada hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang persalinan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah perlengkapan ibu dan bayi setelah melahirkan yang bisa kamu siapkan. Kamu bisa menambahkan beberapa perlengkapan lain yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Persiapan Melahirkan Normal Yang Aman Dan Lancar Bagi Calon Ibu

Share artikel ini
Reference