Perbedaan Varises Dan Urat Biasa, Apakah Berbahaya?

Perbedaan varises dan urat biasa terkadang sulit untuk dibedakan, karena keduanya sangat mirip. Ketika kamu menemukan pembuluh darah yang menonjol dengan jelas di bawah permukaan kulit, bisa jadi merupakan varises atau hanya urat biasa yang menonjol.

Ketika kamu curiga memiliki varises, kondisi tersebut tidak boleh disepelekan karena bisa menjadi masalah kesehatan yang cukup serius. Lebih lengkapnya kamu bisa menyimak penjelasan-penjelasan berikut.

Apa itu varises

Varises adalah pembuluh darah vena yang mengalami pembengkakan, membesar dan biasanya berkelok-kelok di bawah permukaan kulit. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh adanya permasalahan pada pembuluh darah vena.

Pembuluh darah vena sendiri memiliki fungsi untuk membawa darah yang rendah oksigen dari sel-sel dan jaringan menuju ke jantung. Di jantung, darah akan di tukar dan dengan darah yang kaya akan oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Masalah pada pembuluh vena dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, tidak hanya pada kaki yang umumnya terjadi. Tetapi, juga bisa terjadi di kerongkongan, lambung atau hati sekalipun sehingga sangat perlu untuk diwaspadai.

Bahkan pada beberapa kasus, varises juga dapat terjadi pada permukaan kulit kantung kemaluan yang disebut dengan varikokel. Tetapi, pada umumnya sering terjadi di bagian kaki dengan tampilan urat yang menonjol dan berlikuk di permukaan kulitnya.

Gejala varises

cedera hamstring

Varises memiliki beberapa gejala yang akan dialami oleh penderitanya, yaitu sebagai berikut:

  • Muncul serabut tipis atau garis-garis berwarna biru keunguan di bawah permukaan kulit. Pada jenis varises lainnya yaitu spider veins serabutnya akan berukuran lebih kecil dan mirip dengan sarang laba-laba.
  • Pada varises yang ringan, mungkin saja tidak akan menimbulkan rasa nyeri. Tapi, pada beberapa orang rasa nyeri akan timbul atau merasakan kaki yang berat dan sulit untuk berdiri, berjalan dan duduk dalam waktu lama.
  • Vena terlihat lebih menonjol dan bengkak pada sepanjang paha, mata kaki hingga lutut. Pada beberapa kasus kulit akan merasa gatal terutama pada pergelangan kaki dan permukaan kulit akan berubah warna menjadi merah kebiruan atau coklat.
  • Terjadi perubahan warna pada kulit dan kulit akan menjadi lebih tipis serta akan terbentuk luka karena adanya infeksi pada jaringan lunak di dekat mata kaki. Terkadang kaki atau bagian varises akan terasa berdenyut dan kram.

Apakah varises berbahaya?

Varises biasa tidak akan menimbulkan penyakit yang serius, tetapi komplikasi berbahaya bisa saja terjadi tetapi jarang ditemukan dalam beberapa kasus. Kebanyakan varises terjadi dengan gejala ringan yang dapat diatasi.

Dampak lainnya dari varises yaitu vena akan cenderung lebih gelap dan menonjol dari biasanya dan menjadi gejala yang mudah dikenali. Biasanya varises muncul di kaki bagian bawah, tetapi juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya.

Perbedaan varises dan urat biasa

Secara kasat mata kamu bisa membedakan varises dan urat biasa, varises memiliki bentuk yang sangat melikuk dan cenderung seperti serabut atau cacing. Selain itu, biasanya akan lebih menonjol, berbeda dengan vena bisa yang memiliki bentuk teratur dan tidak terlalu menonjol.

Pada beberapa orang urat yang menonjol biasanya bisa saja timbul secara alami dan bukan termasuk varises. Pada kondisi tertentu, urat akan terlihat lebih menonjol seperti saat kontraksi yang terus menerus atau melakukan olahraga berat.

Urat menonjol pada kondisi permanen secara alami dapat disebabkan oleh hal-hal mendasar seperti faktor usia, warna kulit yang terang dan yang lainnya. Perbedaan mendasar antara urat biasa dan varises adalah rasa nyeri, gatal atau sensasi mengganggu pada urat.

Faktor risiko varises

Yang juga dapat menyebabkan terjadinya risiko varises adalah keturunan, jenis kelamin, usia, berat badan, kehamilan, riwayat DVT atau deep vein thrombosis yaitu masalah pembekuan darah, dan berdiri atau duduk dalam waktu yang lama.

Faktor lainnya adalah sebagai berikut:

  • Usia lanjut
  • Riwayat keluarga dengan insufisiensi vena atau riwayat masalah pembekuan darah
  • Penggunaan atau konsumsi pil KB oral
  • Perubahan hormon pada masa pubertas, menopause, atau terapi penggantian hormon
  • Dalam masa kehamilan
  • Berdiri atau duduk dalam waktu lama
  • Mengenakan korset atau pakaian yang terlalu ketat
  • Mengalami kenaikan berat badan
  • Mengalami sembelit
  • Terkena paparan sinar matahari yang sering

Kapan harus periksa ke dokter?

Bagi sebagian orang penyakit varises merupakan kondisi yang menjadi masalah yang kurang enak dilihat dan mengganggu penampilan. Selain itu, rasa nyeri atau gatal pun menjadi masalah lainnya menuju gejala yang serius.

Sebaiknya jika kamu mengalami salah satu gejala varises, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan secepatnya. Meski bukan penyakit yang serius, varises ini bisa saja mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Varises merupakan penyakit yang bisa didapatkan di bagian tubuh mana saja dan didapatkan karena beberapa faktor. Varises berbeda dengan urat biasa, varises ini terkadang akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri.

Share artikel ini
Reference