perbedaan biduran dan kanker kulit

Salah satu ciri kanker kulit adalah munculnya ruam yang tampak seperti biduran. Sehingga tidak sedikit orang salah mengartikan biduran sebagai tanda kanker kulit atau tidak menyadari bahwa ruam yang muncul tersebut bukan biduran atau ruam biasa melainkan tanda kanker kulit.

Tapi apa sih perbedaan biduran dan kanker kulit? Ini dia ulasannya.

Ciri-ciri kanker kulit

kanker kulit melanoma

Sebelum mengetahui perbedaan biduran dan kanker kulit, kamu perlu tahu juga nih apa saja sih ciri-ciri kanker kulit itu? Berikut tandanya.

1. Munculnya tahi lalat

Ternyata munculnya tahi lalat pada kulit bisa menjadi tanda kanker loh. Tapi tahi lalat seperti apa sih yang menandakan kanker kulit?

Ternyata tahi lalat tersebut memiliki bentuk yang asimetri, tidak beraturan, warnanya bervariasi, diameternya cukup besar, serta tahi lalat juga dapat berkembang dalam bentuk, ukuran atau terjadi perubahan warna.

2. Gatal dan bercak kemerahan

Ciri selanjutnya adalah munculnya ruam pada kulit. Cirinya adanya munculnya bercak kemerahan yang tidak kunjung hilang. Namun perlu diingat tidak semua ruam merupakan tanda kanker. 

3. Benjolan

Tanda selanjutnya adalah munculnya benjolan berwarna merah muda, merah, atau ungu pada kulit. Umumnya, benjolan ini keras namun tidak sakit dan tumbuh dengan cepat serta terkadang dapat terbuka seperti lupa atau bisul. 

Waspada Bakteri Penyebab Biduran, Bisa Buat Tambah Parah!

4. Lesi

Lesi menjadi tanda kanker kulit selanjutnya. Cirinya adalah lesi berwarna merah, ungu, atau coklat serta berkembang di area wajah atau kaki. Awalnya, lesi muncul sebagai bintik pada kulit dan tidak terasa nyeri atau gatal sehingga orang kerap mengabaikan gejala yang satu ini.

5. Perubahan kulit yang tidak terduga

Kanker kulit juga ditandai dengan sejumlah perubahan yang terjadi pada kulit, misalnya, perubahan warna kulit, tekstur, dan berbagai perubahan lain yang terjadi pada kulit kamu. 

Beda biduran dengan kanker kulit

ciri-ciri kanker kulit

Seperti yang sudah dijelaskan ternyata ruam atau biduran dapat menjadi tanda kanker kulit. Tapi Apa sih perbedaan biduran dan kanker kulit?

Ruam dapat terjadi karena berbagai alasan yang berbeda, jadi sulit untuk menentukan apakah seseorang mengalami kanker kulit hanya karena mengalami ruam atau biduran. Ruam kulit umumnya disebabkan oleh alergi, infeksi, paparan panas, dan iritasi dari bahan kimia seperti deterjen pencuci.

Cara paling efektif untuk mengidentifikasi ruam kanker kulit adalah dengan memeriksa kulit secara teratur. Jika kamu melihat ruam yang tidak dapat dijelaskan yang tidak hilang dengan sendirinya, disarankan untuk mengunjungi penyedia layanan kesehatan atau dokter kulit untuk mengetahui penyebabnya.

Sering Tak Terdeteksi, Ini Ciri Kanker Kulit Melanoma

Selain itu, tidak semua jenis kanker kulit menyebabkan ruam. Misalnya, melanoma yang berkembang di sel melanosit yang memberikan pigmen pada kulit  lebih sering menyerupai tahi lalat yang cacat daripada ruam.

Di sisi lain, tanda pertama karsinoma sel basal biasanya berupa bercak kulit berwarna merah muda bersisik atau benjolan seperti mutiara yang tumbuh lebih besar dan semakin bersinar seiring waktu. Saat kanker berkembang, lekukan dapat terbentuk di tengah lesi, di mana ia mungkin mulai mengeluarkan cairan atau berdarah.

Awalnya, ruam yang disebabkan oleh karsinoma sel basal mungkin menyerupai dermatitis, psoriasis, atau eksim. Namun, tidak seperti ruam kulit yang tidak bersifat kanker, ruam kulit yang bersifat kanker biasanya tidak akan sembuh dengan sendirinya.

Ciri Ciri Kanker Kulit yang Tak Boleh Diabaikan, Ini Cara Mendeteksinya!

Pengobatan dini kanker kulit

Setelah mengetahui perbedaan biduran dan kanker kulit, kamu perlu tanya pengobatan yang dapat digunakan untuk mengatasi kanker kulit. Berikut sejumlah pengobatan tersebut.

1. Pembedahan

Pembedahan adalah pengobatan utama untuk sebagian besar kanker kulit. Untuk pasien dengan karsinoma sel basal atau sel skuamosa, dokter kulit atau dokter berkualifikasi lainnya dapat melakukan prosedur rawat jalan dengan menggunakan bius lokal. Dalam prosedur ini, seperti kebanyakan operasi kanker kulit, sel kanker diangkat, bersama dengan kulit di sekitarnya, yang dikenal sebagai margin.

2. Perawatan topikal

Dalam beberapa kasus, bentuk terapi non-bedah dapat digunakan untuk mengangkat atau menghancurkan sel kanker kulit lokal.

Teknik-teknik ini dapat digunakan, baik sendiri atau dalam kombinasi dengan perawatan lain, untuk mengobati karsinoma sel basal atau sel skuamosa tahap awal atau lesi non-kanker atau pra-kanker. Berikut beberapa jenis perawatan topikal untuk mengatasi kanker kulit. 

  • Terapi fotodinamik

Teknik ini menggunakan pengobatan fotosensitif yang dikombinasikan dengan cahaya dalam upaya membunuh sel kanker. Dalam teknik ini, zat peka cahaya, biasanya asam aminolevulinic (Levulan®), dioleskan langsung ke tumor. Hingga 18 jam kemudian, area yang dirawat disinari cahaya biru khusus yang mengaktifkan obat, menargetkan sel kanker pada kulit.

Jenis pengobatan ini paling sering digunakan pada keratosis aktinik, pertumbuhan prakanker yang dapat berkembang menjadi karsinoma sel skuamosa jika tidak diobati.

  • Kemoterapi topikal

Terapi ini menggunakan krim kemoterapi, biasanya fluorourasil (Efudex®), langsung ke tumor kulit. Aplikasi dapat diresepkan dua kali sehari selama tiga minggu atau selama 12 minggu. Kemoterapi topikal dapat digunakan untuk mengobati karsinoma sel basal atau keratosis aktinik.

Obat, juga dikenal sebagai 5-FU, biasanya hanya mempengaruhi sel-sel yang dijangkaunya, dan tidak dapat menembus jauh ke dalam kulit. Biasanya hanya digunakan untuk kanker kulit yang sangat dangkal.

  • Immune response modifier

Imiquimod krim topikal (Zyclara®, Aldara®) dapat digunakan untuk mengobati keratosis aktinik atau karsinoma sel basal superfisial. Aplikasi dapat diresepkan untuk beberapa kali sehari selama dua sampai delapan minggu. Imiquimod, yang dirancang untuk mengaktifkan sistem kekebalan untuk menyerang sel kanker, bekerja dengan merangsang tubuh untuk memproduksi interferon, protein alami yang melawan penyerbu asing dan sel kanker.

3. Kemoterapi

Dalam kebanyakan kasus, kemoterapi sistemik direkomendasikan untuk pasien dengan kanker kulit stadium lanjut, terutama karsinoma sel Merkel yang telah menyebar ke bagian tubuh yang jauh. Kemoterapi topikal dapat menjadi pilihan untuk karsinoma sel basal lokal. Efek samping kemoterapi sering terjadi dan mungkin termasuk masalah pencernaan, rambut rontok, dan penekanan kekebalan. Efek samping biasanya bersifat sementara dan mereda seiring waktu setelah pengobatan berakhir.

4. Terapi radiasi

Terapi radiasi kanker kulit dapat digunakan setelah operasi di daerah di mana kelenjar getah bening diangkat, untuk membunuh sel kanker yang tersisa. Ini juga dapat digunakan jika kanker datang kembali, untuk mengurangi ukuran metastasis dan meredakan gejala, terutama jika kanker telah menyebar ke otak atau tulang.

5. Terapi radiasi sinar eksternal (EBRT)

Terapi radiasi sinar eksternal (EBRT) mengarahkan sinar radiasi dari luar tubuh ke jaringan kanker di dalam tubuh. Ini adalah pilihan pengobatan kanker yang menggunakan dosis radiasi untuk menghancurkan sel kanker dan mengecilkan tumor

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference