penyebab paru-paru basah

Ada banyak kemungkinan penyebab paru-paru basah; semuanya menyebabkan cedera atau kematian jaringan paru-paru, khususnya yang mempengaruhi alveoli. Alveoli adalah kantung udara kecil di paru-paru kamu yang bertindak sebagai unit pertukaran gas utama paru-paru.

Penyebab cedera atau kematian jaringan paru-paru dapat diklasifikasikan sebagai cedera paru langsung atau tidak langsung. Pengobatan dini sangat dianjurkan karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Penyebab paru-paru basah

pengobatan kanker paru-paru

Cedera paru-paru langsung hanya memengaruhi paru-paru, sementara cedera paru-paru tidak langsung terjadi sebagai akibat dari masalah sistemik di seluruh tubuh.

Pneumonia adalah cedera paru langsung paling umum yang dapat menyebabkan paru-paru basah, karena melibatkan infeksi serius yang memicu peradangan di paru-paru. 

Ketika alveoli langsung rusak, pembuluh darah di sekitarnya menjadi meradang, memungkinkan cairan bocor ke dalam alveoli, dan mengakibatkan kolaps alveolar dan acute respiratory distress syndrome (ARDS). 

Penyebab lainnya termasuk:

  1. Aspirasi isi lambung atau masuknya isi lambung ke paru, yang paling mungkin terjadi ketika seseorang tidak sadarkan diri, dapat menyebabkan cedera paru langsung dan akibatnya paru-paru basah karena keasaman isi lambung dapat menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan peradangan. 
  2. Paru-paru basah dapat terjadi akibat memar paru, atau memar, yang terjadi saat kapiler di paru-paru rusak, biasanya karena trauma dada. 
  3. Jika seseorang mengalami peristiwa hampir tenggelam, air di paru-parunya dapat menyebabkan alveoli kolaps. 
  4. Menghirup zat beracun, yang mungkin terjadi saat merokok atau menguap, juga dapat melukai paru-paru dan mengakibatkan paru-paru basah.

Trauma berat, seperti luka bakar, juga dapat merusak paru-paru secara tidak langsung. Pankreatitis akut, yang mengacu pada peradangan pankreas yang tiba-tiba, meningkatkan jumlah bahan kimia peradangan di seluruh tubuh dan dapat menyebabkan paru-paru basah. 

Terakhir, cardiopulmonary bypass, prosedur yang biasanya dilakukan selama operasi jantung yang melibatkan penggunaan mesin untuk menjaga sirkulasi darah dan pertukaran gas, dapat menyebabkan respons peradangan yang menghasilkan paru-paru basah.

Faktor risiko terbesar kematian akibat paru-paru basah adalah usia lanjut dan riwayat disfungsi organ sebelumnya, seperti disfungsi hati akibat sirosis.

Paru-paru basah apakah menular?

Cara Membersihkan Paru-Paru

Pneumonia adalah pembengkakan (radang) jaringan di salah satu atau kedua paru-paru. Biasanya disebabkan oleh infeksi, biasanya bakteri dan virus, yang keduanya menular.

Kuman penyebab pneumonia biasanya terhirup. Orang sering memiliki sejumlah kecil kuman di hidung dan tenggorokan yang dapat ditularkan melalui:

  • batuk dan bersin – ini meluncurkan tetesan kecil cairan yang mengandung kuman ke udara, yang dapat dihirup orang lain
  • menyentuh benda dan memindahkan kuman ke benda tersebut – orang lain dapat menyentuh benda tersebut dan kemudian menyentuh mulut atau hidungnya sendiri

Penyebab Penyakit Emfisema Yang Berbahaya Untuk Paru-Paru

Kamu dapat membantu mencegah penyebaran pneumonia dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan kebersihan sederhana berikut.

  • mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh, terutama setelah menyentuh hidung dan mulut, dan sebelum memegang makanan
  • batuk dan bersin ke tisu, lalu segera buang dan cuci tangan
  • tidak berbagi cangkir atau peralatan dapur dengan orang lain

Apakah mandi malam menyebabkan paru-paru basah?

Adalah tidak benar bahwa mandi di malam hari menyebabkan paru-paru basah. Telah terbukti bahwa mandi malam hari memiliki efek menurunkan tekanan darah.  Selain itu, mandi dengan air hangat adalah pengobatan paliatif yang diakui untuk rheumatoid (penyakit autoimun).

Sebagai tambahan, meskipun berenang di air dingin dapat menginduksi edema paru / sindrom gangguan pernapasan dewasa (paru-paru basah), belum ada penelitian yang cukup untuk mendukung klaim bahwa mandi di malam hari dapat menyebabkan edema paru.

Selain Paru-paru, Ternyata TB Juga Bisa Menyerang Tulang Belakang

Cara menyembuhkan paru-paru basah

Tidak ada obat untuk mengobati paru-paru basah. Sebaliknya, kondisi tersebut diobati dengan mengelola gejala.

Meningkatkan kadar oksigen dalam darah untuk mencegah kerusakan organ dan mengobati luka atau kondisi yang menyebabkan berkembangnya kondisi tersebut adalah tujuan utama pengobatan.

Pengobatan ini mungkin melibatkan bantuan pernapasan, obat-obatan, atau terapi lainnya. Perawatan berbeda untuk setiap orang.

1. Dukungan Pernafasan

Tergantung pada keseriusan kasus paru-paru basah, tubuhmu mungkin memerlukan dukungan ekstra untuk bernapas atau untuk meningkatkan aliran oksigen. Kasus yang lebih ringan mungkin hanya membutuhkan oksigen tambahan (disalurkan melalui masker yang dipasang di hidung dan mulut).

Orang dengan ARDS yang lebih parah mungkin memerlukan ventilator mekanis mendorong udara ke dalam paru-paru dan membantu memaksa sebagian cairan keluar dari alveoli. Jika ventilasi tidak cukup, perangkat seperti oksigenasi membran ekstrakorporeal (ECMO) dapat digunakan sebagai paru-paru buatan.

Terakhir, tubuh dapat diposisikan telungkup untuk membantu lebih banyak oksigen masuk ke paru-paru.

2. Obat-obatan untuk meredakan gejala

Pengobatan dapat meredakan gejala paru-paru basah dengan mengobati penyebab yang mendasarinya dan mencegah komplikasi.

  • Antibiotik untuk mengobati infeksi
  • Obat penenang untuk mengatasi kecemasan dan memudahkan Anda bernapas dengan ventilator atau sendiri
  • Pengencer darah untuk mencegah dan menghentikan penggumpalan darah agar tidak berkembang atau bertambah parah
  • Obat nyeri sesuai kebutuhan
  • Obat penurun asam untuk mencegah ulkus stres yang dapat menyebabkan pendarahan usus

 

3. Perawatan Paru-Paru Basah Lainnya

Perawatan tambahan yang mungkin direkomendasikan oleh penyedia layanan kesehatan untuk paru-paru basah meliputi:

  • Manajemen cairan untuk memantau dan menyeimbangkan cairan dalam tubuh agar tekanan darah tetap teratur dan membantu oksigen mencapai organ
  • Dukungan nutrisi jika menggunakan ventilator untuk memastikan kamu mendapatkan nutrisi yang tepat
  • Terapi fisik untuk menjaga kekuatan otot dan mencegah luka: Gerakan dapat mempersingkat waktu penggunaan ventilator dan meningkatkan pemulihan setelah seseorang meninggalkan rumah sakit.

—-

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference