pembalut dingin

Woman holding menstrual pad at bathroom.

Pembalut mungkin sudah tidak asing lagi untuk wanita, tapi apakah kamu pernah mendengar atau menggunakan pembalut dingin sebelumnya? Pembalut yang satu ini dapat memberikan sensasi dingin di area intim.

Namun, memilih pembalut bukan hanya sekedar nyaman tapi apakah juga aman? Berikut sejumlah informasi mengenai pembalut dingin.

Apa itu pembalut dingin?

Pembalut Herbal

Pembalut dingin ini juga dikenal dengan pembalut mint. Kelebihannya adalah dapat membuat vagina terasa lebih segar ketika menstruasi datang.

Saat sedang menstruasi, area intim biasanya lebih lembap dan menimbulkan perasaan tak enak. Apalagi kita tinggal di daerah tropis yang membuat area di bawah itu terasa lembap dan panas.

Pembalut ini diklaim dapat membuat kondisi vagina tetap nyaman meskipun kerap bergesekan dengan permukaan yang lembap.

Namun, harus diingat jika pembalut merupakan produk kewanitaan yang penting karena langsung bersentuhan dengan area intim. Memilih pembalut yang tepat akan membantu kesehatan vagina.

Serba-Serbi Pembalut Wanita, Jangan Sampai Salah Pilih

Kandungan pembalut dingin

Pembalut dingin biasanya menggunakan ekstrak daun mint yang akan memberikan sensasi dingin ketika digunakan.

Sensasi ini mungkin dapat membantu wanita untuk menjalankan aktivitas yang padat, saat menstruasi di tengah cuaca yang terik.

Selain itu, produk ini juga memiliki kandungan antibakteri yang berguna untuk mengatasi kuman dan bakteri pada area vagina.

Alternatif dari pembalut dingin ialah pembalut organik aman tanpa klorin, terdapat anion strip yang mencegah bakteri menjamur sehingga tidak menimbulkan bau.

Jika kamu tertarik, silakan kunjungi Yoona Shop Pembalut Organik untuk mendapat penawaran gratis ongkir dan promo menarik.

Manfaat pembalut dingin

ciri ciri pembalut berbahaya

Saat memilih pembalut ada baiknya kamu memilih berdasarkan kenyamanan, keamanan maupun kelebihan yang ditawarkan. Berikut sejumlah kelebihan dari jenis pembalut yang satu ini.

1. Menjaga agar tetap kering

Haid bukanlah penghalang wanita untuk tetap menjalankan berbagai aktivitas. Namun, tidak dipungkiri, menstruasi memang kerap membuat kurang nyaman dan membuat kamu lebih sulit untuk bergerak secara bebas.

Salah satu kelebihan dari pembalut yang satu ini adalah dapat menjaga area permukaan pembalut menjadi tetap kering selama berjam-jam.

Bagi wanita yang beraktivitas di luar ruangan, kamu tentu akan lebih sering berkeringat sehingga daerah kewanitaan menjadi lebih lembab. Alhasil menjadi kurang nyaman di sekitar daerah kewanitaan.

2. Mencegah panas dan iritasi

Duduk selama berjam-jam atau pada hari yang terik dapat menyebabkan keringat pada area intim menjadi meningkat. Panas dan kelembaban berlebih dapat menyebabkan risiko infeksi dan ruam menjadi meningkat.

Pembalut dingin memiliki kelebihan untuk memberikan sensasi sejuk sehingga efek dari cuaca yang panas dapat diminimalisir.

Jika area kewanitaan tetap kering dan sejuk, maka risiko pertumbuhan infeksi jamur pada vagina pun akan semakin kecil.

Sering Iritasi Pembalut? Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya

3. Mengatasi gatal

Saat Anda mengalami rasa gatal baik pada kaki atau tangan, kamu bisa menggunakan kompres air dingin untuk mengatasi rasa gatal tersebut.

Ternyata tidak jauh berbeda, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi masalah gatal pada vagina yang kerap terjadi saat menstruasi.

Namun, bukan dengan menggunakan kompres, kamu bisa memilih pembalut yang dapat membantu mengurangi gatal saat haid, seperti pembalut dingin. Saat wanita menstruasi, biasanya akan mengalami gatal pada area kewanitaan.

Terkadang, rasa gatal tersebut dapat membayar kamu menggaruknya. Namun, ingatlah bahwa menggaruk tidak dapat menghilangkan pegal.

Karena sensasi dingin pada pembalut ini, maka dapat membantu mengurangi rasa gatal yang kamu kerap alami.

Apakah pembalut dingin aman?

Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, namun kamu tidak boleh lupa untuk memastikan keamanan produk tersebut.

Pembalut dingin sebenarnya aman untuk digunakan karena menggunakan ekstrak mint yang memberikan sensasi dingin.

Namun, beberapa orang mungkin akan bereaksi ketika menggunakan pembalut tersebut. Pasalnya, beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi seperti kemerahan, gatal-gatal, sampai dengan sensasi panas.

Jika kulit kamu sensitif disarankan tidak memakai pembalut ini. Selain itu, kemampuan untuk meredakan gatal saat menstruasi ini diklaim didapatkan karena kandungan di dalamnya dapat membunuh bakteri.

Namun, kemampuan ini sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan karena tidak semua rasa gatal disebabkan oleh kuman atau bakteri.

Selama kamu menjaga kebersihan vagina dan rutin mengganti pembalut, maka risiko gatal pun dapat berkurang.

Faktanya, kuman pada area vagina dapat disebabkan karena kebiasaan jangan mengganti pembalut seharian.

Ini sebabnya, penting untuk mengganti pembalut 4 jam sekali untuk menghindari risiko gatal yang terjadi selama menstruasi.

Haruskah Ganti Pembalut Setiap 2 Atau 4 Jam Sekali? Ini Jawabannya

Share artikel ini
Reference