manfaat alpha arbutin

Alpha arbutin dapat memberikan efek memutihkan kulit dan dipercaya sebagai alternatif pengganti hidroquinon karena risiko penggunaannya lebih rendah dibandingkan hidrokuinon. Biasanya, produk yang bisa mencerahkan kulit berguna untuk mengatasi hiperpigmentasi.

Arbutin adalah zat alami yang berasal dari beberapa spesies tumbuhan. Mulberry dan bearberry diyakini memiliki konsentrasi arbutin yang tinggi, namun senyawa ini juga dapat ditemukan pada tanaman lain seperti blueberry, cranberry, gandum, hingga pir.

Secara umum, fungsi alpha arbutin adalah untuk membantu mengatasi hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak merata. Namun senyawa ini diyakini memiliki kelebihan dibandingkan bahan pencerah lainnya.

Lantas, apa manfaat alpha arbutin dan apakah ada efek sampingnya? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Alpha arbutin adalah

Alpha arbutin adalah

Alpha arbutin adalah turunan alami dari hydroquinone. Kebaikan alpha arbutin dapat memberikan efek memutihkan kulit dan dipercaya sebagai alternatif hydroquinone karena resiko penggunaannya lebih rendah dibandingkan hydroquinone.

Umumnya, produk pencerah kulit bertujuan untuk meringankan hiperpigmentasi. Arbutin bekerja sebagai penghambat tirosinase yang merupakan enzim yang berperan dalam produksi melanin (pigmen yang memberi warna kulit). Meski merupakan turunan dari hydroquinone, arbutin diklaim lebih aman untuk kulit.

Dulunya hydroquinone dipercaya sebagai agen pencerah kulit yang ampuh, namun kini penggunaannya harus diawasi lebih ketat karena efek samping yang ditimbulkannya. Tidak seperti arbutin, cara kerja hydroquinone adalah dengan membunuh langsung sel-sel yang memproduksi melanin.

Siapa yang harus mempertimbangkan menggunakan alpha arbutin?

Penggunaan alpha arbutin sebaiknya dihindari bagi kamu yang sedang hamil, hal ini dikarenakan belum ada data yang membuktikan bahwa alpha arbutin aman untuk digunakan. Namun, jika kamu tidak sedang hamil dan ingin meratakan warna kulit, baik karena paparan sinar matahari, melasma, aman untuk kamu gunakan.

Alpha arbutin menjadi solusi tepat bagi kamu yang memiliki kulit gelap yang lebih rentan mengalami hiperpigmentasi karena memiliki jumlah melanin yang tinggi. Selain itu, manfaat alpha arbutin akan lebih efektif untuk meratakan warna kulit, dibandingkan dengan menghilangkan noda tertentu.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, alpha arbutin lebih baik daripada bahan kecantikan lainnya karena dapat ditoleransi. Namun, mencoba bahan perawatan kulit baru selalu membawa risiko iritasi atau reaksi alergi.

Untuk amannya, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif, uji pada titik kecil di lengan kamu sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah kamu. Kata Claire Chang, MD, dokter kulit kecantikan bersertifikat di Union Derm di New York City.

Kapan harus menggunakan alpha arbutin?

Sebenarnya, alpa arbutin belum terbukti berinteraksi secara negatif dengan bahan lain, sehingga kamu dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam rutinitas yang ada. Namun, alpha arbutin akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan vitamin C, asam azelaic, asam kojic, dan niacinamide.

Alpha arbutin bisa jadi solusi untuk mencerahkan kulit kamu. Memang, mengatasi hiperpigmentasi butuh berbagai cara untuk menghilangkannya. Banyak dari bahan aktif ini bekerja dengan cara yang berbeda.

kamu bisa mengikuti petunjuk produk yang telah kamu pilih. Namun, secara umum, kamu harus menggunakannya dua kali dalam sehari pada kulit yang bersih dan kering, jika kamu ingin hasil yang efektif. Selain itu, simpanlah produk ini di tempat yang sejuk dan kering.

Apa saja manfaat alpha arbutin untuk kulit wajah?

Manfaat Alpha Arbutin
Manfaat Alpha Arbutin

Alpha arbutin merupakan senyawa yang mudah ditemukan di berbagai produk perawatan kulit, seperti krim, serum wajah, dan masker wajah. Fungsi dari alpha arbutin adalah sebagai berikut:

1. Mencerahkan kulit

Fungsi alpha arbutin yang paling terkenal adalah mencerahkan kulit. Sekali lagi, manfaat ini berasal dari enzim tirosinase.

Ketika produksi tirosinase terhambat, produksi melanin menjadi lebih sedikit sehingga kulit yang gelap atau kusam bisa menjadi lebih cerah dan sehat. Warna kulit bisa lebih merata karenanya.

2. Membantu memudarkan bekas jerawat

Menyamarkan bekas jerawat juga merupakan manfaat alpha arbutin yang bisa kamu dapat. Tentu ini menjadi kabar baik bagi kamu yang sering mengalami jerawat dan memiliki bekas jerawat berwarna kemerahan, hitam, atau kecoklatan di kulit.

Agar tidak mengganggu penampilan, kamu bisa mencoba manfaat alpha arbutin ini.

Sama seperti mengurangi flek hitam, cara kerja alpha arbutin untuk menyamarkan bekas jerawat juga dilakukan dengan cara menghambat produksi melanin agar kulit lebih cerah dan tampak rata.

3. Hilangkan bintik penuaan

Bintik-bintik penuaan dapat muncul seiring bertambahnya usia. Arbutin sebenarnya dapat membantu memudarkan bintik-bintik yang muncul akibat penuaan.

4. Memudarkan flek hitam

Arbutin adalah agen pencerah kulit alami yang dapat mengurangi hiperpigmentasi. Artinya, Arbutin bisa memudarkan flek hitam akibat paparan sinar matahari.

Tak berhenti sampai di situ, Arbutin juga mampu mencegah munculnya kembali flek di kemudian hari. Dan, perkembangan hiperpigmentasi sel kulit.

5. Lebih aman dari hydroquinone

Hydroquinone sebelumnya dipasarkan sebagai bahan ajaib pencerah kulit. Namun, FDA memperingatkan bahwa itu adalah penyebab kanker (ketika diminum secara oral daripada dioleskan). Arbutin menghambat enzim yang mengaktifkan sel penghasil pigmen, sedangkan hidroquinon merusak sel yang membuat pigmentasi dan melanin.

6. Melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang disebabkan oleh sinar UV

Bahan ini memiliki sifat antioksidan, memungkinkan untuk menjaga keseimbangan radikal bebas dalam tubuh. Ini cenderung menetralkan radikal bebas dan membantu melawan tanda-tanda awal penuaan, seperti kerutan dan garis penuh.

7. Lebih lembut di kulit

Skincare pencerah kulit lainnya, seperti retinol, cenderung keras di kulit. Namun, tidak begitu dengan alpha arbutin. Hal ini disebabkan komponen aktifnya yang dilepaskan secara perlahan.

Efek samping alpha arbutin

Manfaat alpha arbutin sendiri penggunaanya aman, jika dengan konsentrasi yang tidak berlebihan. Namun meski sangat jarang, efek samping alpha arbutin masih mungkin terjadi. Dalam kondisi basa, arbutin dapat diubah menjadi hidrokuinon. Ini tidak terlalu umum karena pada dasarnya kulit wajah normal memiliki pH asam.

Efek samping lain dari alpha arbutin yang mungkin muncul adalah iritasi dan kemerahan. Ini dapat terjadi pada seseorang yang memiliki kulit sensitif atau karena penggunaan alpha arbutin pada konsentrasi yang jauh lebih tinggi dari yang direkomendasikan.

Konsentrasi yang dianggap efektif adalah 3% untuk mendapat manfaat alpha arbutin, tetapi sebagian besar produk mengandung 2%.

Jika kamu menggunakan alpha arbutin secara rutin, hasilnya bisa terlihat dalam waktu 1-2 bulan. kamu dapat menggunakan alpha arbutin dengan produk yang mengandung zat pencerah seperti vitamin C dan retinol.

Share artikel ini
Reference