cara menghilangkan gumpalan putih di miss v

Sering dianggap sepele, tahukah kamu apa bahaya keputihan yang kental? Memang, keputihan adalah hal yang wajar dialami oleh setiap wanita. Bahkan disebutkan sekitar 80 persen wanita pasti pernah mengalami hal yang disebut keputihan ini.

Dari 80 persen wanita yang mengalami keputihan, ternyata 20 persen diantaranya mengeluhkan keputihan yang menggumpal dan kental. Kondisi ini apakah normal? Tentu, kamu perlu waspada.

Lalu, apa penyebabnya? Dan bagaimana cara menghilangkan gumpalan putih di miss v? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Mengapa ada gumpalan putih di miss v?

smegma vagina

Keputihan merupakan hal yang wajar dan bisa dialami oleh setiap wanita. Ini benar dan sebenarnya, keputihan bisa menjadi semacam penghalang yang melindungi dan membersihkan vagina dan rahim dari bakteri dan sel-sel mati.

Keputihan yang memiliki peran penting ini hadir dengan ciri yang jelas dan terlihat sedikit keputihan. Ciri lain dari keputihan yang normal adalah tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa gatal. Selebihnya, keputihan yang terlihat berbeda dari ciri-ciri di atas sudah pasti merupakan jenis keputihan yang tidak normal.

Keputihan yang tidak normal telah berubah warna, menimbulkan bau yang menyengat sehingga menyebabkan vagina terasa gatal bahkan nyeri. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk remaja yang baru saja mengalami pubertas, hingga wanita yang memasuki tahap menopause.

Adapun beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab keputihan tidak normal adalah sebagai berikut.

  1. Penyebab dari jamur, akan timbul adanya keputihan berwarna putih dan rasanya gatal
  2. Disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri pada vagina, timbul adanya keputihan yang berwarna putih hingga hampir abu-abu dan berbau amis
  3. Penyebab oleh infeksi parasit ditandai dengan warna kuning-hijau, berbusa dan menyebabkan gatal-gatal yang tak tertahankan
  4. Disebabkan oleh infeksi menular seksual, ditandai dengan nyeri dan pendarahan saat buang air kecil hingga nyeri panggul jika berlangsung lama.

Wajib Tahu! Ini Penjelasan Munculnya Keputihan Setelah Haid

Walaupun kondisi ini dikatakan normal, kamu harus tetap waspada. Penting untuk menemui dokter jika kamu melihat gumpalan putih yang tidak biasa disertai dengan indikasi atau gejala lain, seperti:

  • Rasa sakit
  • Vagina terasa gatal dan tidak nyaman
  • Berdarah
  • Telat haid
  • Ruam atau luka bersama dengan ketidaknyamanan vagina
  • Ada sensasi terbakar saat buang air kecil atau berhubungan seks

Normalkah ada gumpalan putih di miss v?

penyebab vagina kering

Keputihan yang memiliki ciri kental dan kental seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat terjadi karena infeksi jamur atau bakteri.

Jika demikian, cara menghilangkan gumpalan putih di miss v pada kondisi ini perlu ditangani oleh dokter. Selain itu, sebaliknya kamu tidak disarankan untuk mengobatinya secara mandiri.

Meski begitu, kita semua tahu bahwa masih banyak wanita yang enggan ke dokter terkait keputihan yang tidak normal ini. Apalagi jika keputihan yang dialami tidak disertai gejala yang begitu mengganggu.

Pada akhirnya, banyak yang memilih untuk mengabaikan keputihan yang berbahaya ini dan berharap kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya. Padahal, kondisi ini bisa menimbulkan bahaya yang lebih besar, termasuk komplikasi yang lebih serius.

Beberapa bahaya keputihan yang kental bisa memicu peradangan pada organ panggul. Ini karena bakteri dari vagina bisa masuk ke rahim dan organ rahim.

Jika kamu mengalami radang panggul, organ rahim akan mengalami perlengketan dan peradangan yang nantinya akan menyebabkan kemandulan atau kesulitan memiliki anak di kemudian hari.

Jika keputihan abnormal ini dibiarkan terjadi pada ibu hamil, maka risiko komplikasi pada kehamilan akan lebih tinggi. Hal ini membuat ibu hamil rentan terhadap ketuban pecah dini hingga persalinan prematur.

Ini Dampak Stres Saat Hamil, Bisa Membuat Bayi Lahir Prematur

Untuk itu, sebaiknya kamu tidak meremehkan bahaya keputihan yang menggumpal putih ini. Ciri-ciri gumpalan putih pada miss v normal, yaitu sebagai berikut :

  • Tidak memiliki bau yang kuat atau menyengat
  • Putih cerah
  • Memiliki teksturnya kental dan lengket
  • Jika dipegang, licin dan basah
  • Jumlah gumpalan putih bervariasi, setiap orang berbeda-beda.

Cara menghilangkan gumpalan putih di miss v

Agar terhindar dari gumpalan putih di miss v, sebaiknya kamu merawat kondisi miss v kamu dengan baik. Berikut berbagai cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan gumpalan putih di vagina, di antaranya:

  1. Bersihkan vagina secara rutin dengan air mengalir. Bersihkan dari depan ke belakang menggunakan sabun lembut tanpa pewangi yang memiliki pH netral.
  2. Jangan sering menggunakan cairan pembersih vagina atau sabun sirih
  3. Gunakan pakaian dalam yang dapat menyerap keringat
  4. Segera ganti pakaian dalam saat terasa basah
  5. Pilih pantyliner yang mampu menyerap air dan tidak berbau, lalu ganti penggunaan pantyliner ini setiap 2-3 jam sekali.

Cara menghilangkan gumpalan putih di miss v pada dasarnya kembali merawat kondisi miss v dengan baik. Namun, jika gumpalan putih berbau busuk atau berwarna hijau hingga kuning, kamu bisa segera pergilah ke dokter, ya!

Share artikel ini
Reference