baby bump

Perut hamil atau baby bump setiap orang adalah berbeda dari segi bentuk dan ukuran. Dokter atau bidan memantau ukuran baby bump sehubungan dengan usia dan ukuran baby bump kamu dengan pemeriksaan rutin, termasuk mengukur perut pada setiap kunjungan setelah kamu mencapai 15 minggu hingga 20 minggu.

Pengukuran ini memberi tahu mereka seberapa banyak perubahan pertumbuh baby bump. Tingkat pertumbuhan normal setelah seorang wanita mulai terlihat adalah sekitar 1 sentimeter per minggu.

Jika otot perutmu benar-benar kuat dan kencang, mereka dapat mencegah rahim yang sedang tumbuh mencuat sejauh yang diperkirakan oleh pengamat biasa. 

Jenis bentuk baby bump

keputihan saat hamil muda

Baby bump wanita yang tinggi juga cenderung terlihat lebih kecil daripada wanita yang lebih pendek yang ukuran perutnya sama persis. Masalah potensial yang terkait dengan benjolan kehamilan mungil adalah suatu kondisi yang disebut oligohidramnion, di mana ada terlalu sedikit cairan ketuban.

Sebaliknya, dalam kasus yang jarang terjadi, perut besar disebabkan oleh kelebihan cairan ketuban (polihidramnion).

Perut lebar mungkin berarti janinmu dalam posisi berbaring melintang, artinya diposisikan dari sisi ke sisi, bukan dengan kepala ke atas atau ke bawah. Biasanya tidak menjadi masalah kecuali bayi tidak membalik ke posisi kepala di bawah pada waktunya untuk dilahirkan, dalam hal ini kamu mungkin memerlukan operasi caesar. 

Jika kelebihan berat badan saat hamil, kamu mungkin juga merasa seperti membawa lebih banyak sisi ke sisi daripada wanita hamil lainnya. Wanita dengan berat badan lebih rendah saat pembuahan harus bertambah antara 15 dan 25 pon selama kehamilan.

Sementara wanita dengan berat badan lebih tinggi saat pembuahan seharusnya hanya bertambah 11 hingga 20 pon.

Bentuk baby bump lainnya adalah menonjol dengan tegap. Sama sekali bukan hal yang aneh bagi bayi untuk menetap di dalam rahim dengan cara ini, terutama selama dua pertiga pertama kehamilan, terutama mereka yang memiliki otot perut yang sangat kuat. 

Sedangkan benjolan yang rendah sering terjadi pada kehamilan kedua atau ketiga dan otot serta ligamen yang menopang rahim yang sedang tumbuh meregang dan melemah, dan tidak dapat menahan rahim yang sedang tumbuh seperti sebelumnya. 

Bentuk ini akan semakin jelas menjelang akhir kehamilan. Ini mungkin karena janin turun atau menjadi lebih ringan dalam persiapan untuk dilahirkan. Namun tidak semua bayi melakukan ini, bahkan beberapa tidak turun sampai persalinan dimulai.

Jika kamu melihat penurunan semalam di baby bump sebelum tanda 37 minggu, bicarakan dengan dokter atau bidan, karena itu bisa menunjukkan tubuhmu bersiap-siap untuk persalinan.

Masalah terbesar dengan baby bump rendah adalah bahwa hal itu memberi tekanan pada punggung bawah. Latihan seperti memiringkan panggul dapat membantu meringankan ketidaknyamanan atau rasa sakit yang ditimbulkannya di punggung bawahmu.

Ikuti petunjuk dokter atau bidan untuk makan dengan sehat dan dalam jumlah yang tepat saat kehamilan dan kamu serta janinmu akan baik-baik saja.

Tips mempersiapkan baby bump

Bukanlah masalah bila kamu ingin menyembunyikan atau menunjukkan baby bump. Apapun itu, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tubuhmu.

Menyembunyikan benjolan

Kamu mungkin mulai tampil baik sebelum siap membuat pengumuman. Untuk merahasiakan berita spesial ini lebih lama, kamu sebaiknya menggunakan pakaian yang longgar, terutama gaun, blus, dan kemeja yang menutupi perut.

Kamu juga bisa mengenakan jaket atau sweater saat berada di sekitar orang. Ketebalan bahan dapat membantu menyembunyikan benjolan yang tumbuh.

Rasa canggung di depan umum

Saat baby bump tumbuh, kamu mungkin merasa canggung. Jika berada pada tahap di mana kamu belum ingin menggunakan celana hamil, tetapi celana biasa juga tidak muat, gunakan karet gelang di kancing dan penutup sleting untuk memberimu sedikit lebih banyak ruang di pakaian.

Biarkan kancing atas celana (atau jeans) terlepas. Lingkarkan salah satu ujung karet gelang di sekitar kancing, lalu masukkan ujung lainnya melalui lubang di sisi lain celana. Setelah menarik ujung lainnya melalui lubang, lingkarkan juga di sekitar sleting. 

Dengan cara ini, kamu dapat mengenakan celana biasa dengan nyaman setidaknya selama beberapa minggu lagi. Kenakan saja kemeja panjang minimal selutut untuk menyembunyikan fakta bahwa kamu tidak mengancingkan celana.

Pilihan lainnya adalah membiarkan celana tidak dikancing dan memasang ikat pinggang di bawah perut.

Saat perutmu bertambah besar, tidur dan membungkuk juga bisa menjadi tidak nyaman. Saat membungkuk, pegang kursi atau meja untuk menopang diri sendiri, lalu jongkok dengan lutut. Hal ini akan menghindarimu jatuh ke belakang.

Jika tidur menjadi masalah, cobalah tidur miring dengan bantal kehamilan. Bantal ini berbentuk melengkung, lembut, dan dapat membantu meredakan rasa sakit dan menopang perut yang sedang tumbuh.

Menjadi positif dengan baby bump

Meski menjadi ibu adalah hal yang menyenangkan, perubahan bentuk tubuh mungkin juga membuatmu merasa tidak percaya diri. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kepercayaan diri:

1. Usahakan menghindari menimbang tubuh sering-sering

Jika kamu sadar diri tentang berat badan, terus-menerus menimbang diri sendiri dapat membuatmu merasa lebih buruk. Lawan keinginan untuk naik timbangan. Jika tergoda, segera singkirkan timbangan.

2. Cobalah menikmati fashion ibu hamil

Perasaan akan menjadi lebih baik ketika diri terlihat baik. Jadi, daripada memilih gaya bersalin yang terdiri dari jeans baggy tua dan T-shirt usang, manjakan diri dengan pakaian hamil yang chic tapi terjangkau. Rangkul baby bump dan inner fashionista-mu.

Percayalah pada orang lain ketika mereka mengatakan dirimu cantik. Ini bukan pujian kasihan. Jadi, bahkan jika kamu tidak merasa yang tercantik, percayalah pada mereka yang mengatakan sebaliknya.

3. Yuk olahraga

Berolahraga bukan hanya menambah energi, tetapi juga dapat melepaskan endorfin, yang merupakan hormon perasaan baik.

Ini dapat meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan kepercayaan diri, dan membantumu merasa lebih baik tentang tubuh mu yang berubah. Belum lagi, olahraga yang tepat sehat untuk dirimu dan bayi selama kehamilan.

Ketahuilah bahwa pada suatu saat selama kehamilan, orang lain mungkin menyentuh perutmu tanpa undangan, termasuk orang asing. Kamu mungkin tidak mempermasalahkan keluarga yang menyentuh benjolan bayimu yang sedang tumbuh.

Nah, jika kamu mencurigai seseorang akan menyentuh perutmu, diam-diam mundur beberapa kaki, atau balikkan tubuhmu dari mereka. Jika ini tidak berhasil, tidak ada salahnya untuk jujur ​​dan mengatakan bahwa kamu tidak nyaman disentuh.

Kapan baby bump akan terlihat?

Perkembangan baby bump bervariasi dari orang ke orang. Namun, sebagai garis waktu umum, janin akan seukuran lemon pada minggu ke-12. Rahim semakin besar, jadi kamu akan mulai melihat benjolan kecil, meskipun mungkin tidak terlihat oleh orang lain.

Saat mendekati minggu ke-16, janin mungkin sebesar buah alpukat. Lalu, pada minggu ke-20 dan 24, kamu mungkin akan melihat perubahan nyata. Begitu memasuki trimester ketiga pada minggu ke-28, janin akan seukuran terong, dan seukuran nanas pada minggu ke-35. 

Saat mendekati tanggal jatuh tempo, janin bisa sebesar semangka! Ingatlah bahwa tubuh juga menyimpan cairan ketuban dan lemak ekstra yang dibutuhkan untuk memberi makan bayi, pada titik ini kamu mungkin akan memiliki perut yang tampak sangat penuh.

Benjolan bayi pada ibu hamil biasanya mulai terlihat pada trimester kedua. Tetapi jika ini adalah bayi kedua, bejolan bisa Nampak lebih awal. Kehamilan kedua mungkin sangat berbeda dari yang pertama. Selain muncul lebih awal, kamu mungkin merasakan janinmu bergerak lebih cepat dan persalinan lebih singkat.

Alasan baby bump muncul lebih awal pada bayi kedua adalah karena otot perut yang meregang. Kamu juga tahu apa yang harus dilakukan pada kehamilan berikutnya, sehingga kamu sendiri mungkin melihat baby bump lebih cepat.

Itu dia penjelasan seputar baby bump. Satu hal penting yang harus selalu diingat adalah, baby bump adalah wujud kasih sayang ibu pada calon buah hati. Semakin jelas kehamilanmu, semakin besar cintamu pada si buah hati.

Share artikel ini
Reference