mirapect ambroxilin hcl

Batuk berdahak memang menyulitkan aktivitas dan membuat pernapasan tidak nyaman ya yoonies? Jenis batuk ini bila tidak segera ditangani memang akan sulit sembuh dan semakin memperparah kondisi hingga kesulitan dalam bernapas.

Mirapect tablet ambroxol hcl bisa menjadi obat pilihan untuk meredakan jenis obat batuk. Mirapect tablet ambroxol hcl 30 mg obat apa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk!

Deskripsi obat mirapect tablet ambroxol HCL

mirapect tablet

Ada banyak sekali obat yang dapat meredakan batuk, namun tidak banyak yang bisa membantu meredakan dahak dan mengencerkannya sehingga mudah dikeluarkan. Jenis obat yang dapat kamu pilih jika terkena batuk berdahak adalah mirapect tablet ambroxol hcl. 

Mirapect tablet ambroxol hcl 30 mg obat apa? Ini adalah obat yang mengandung zat aktif bernama ambroxol hcl.

Kandungan dalam mirapect tablet ambroxol hcl dapat meredakan batuk berdahak dengan melegakan saluran pernafasan, mengencerkan dahak dan memecah serat sehingga dahak yang tadinya kental menjadi tipis dan mudah keluar.

Dahak yang tipis dan lebih encer akan mudah keluar bersamaan dengan batuk sehingga dapat melegakan dan meringankan batuk berdahak.

Diperlukan perawatan yang tepat juga saat mengonsumsi mirapect tablet ambroxol hcl seperti banyak minum air hangat, menghindari jenis makanan tajam, pedas dan berminyak.

Mirapect tablet ambroxol hcl bisa menjadi alternatif obat batuk berdahak yang mudah ditemukan dan dikonsumsi sesuai kebutuhan. Apa saja manfaat utama dari obat ini?

Ambroxol untuk Ibu Hamil, Aman atau Tidak?

Manfaat obat

Mirapect tablet ambroxol hcl termasuk dalam golongan tablet atau obat keras. Kelas terapi untuk obat ini yakni dapat meredakan pilek dan obat batuk untuk mengeluarkan dahak.

Fungsi utamanya yaitu dapat melegakan saluran napas yang tersumbat oleh dahak dan membantu mengencerkan dahak.

Saat mengonsumsi obat ini, kamu juga memerlukan banyak istirahat untuk meredakan batuk, banyak minum air hangat, mandi air hangat dan hanya mengonsumsi makanan yang lembut dan tidak tajam.

Dibarengi dengan mirapect tablet ambroxol hcl, batuk berdahak dapat lebih mudah sembuh dan mereda dengan sendirinya.

Berapa Harga Acetylcysteine 200 mg dan Obat untuk Apa? Yuk, Cek di Sini!

Dosis dan penggunaan

cara menghitung dosis obat

Sebagai salah satu jenis obat yang keras, tentunya konsumsi mirapect tablet ambroxol hcl harus sesuai dengan petunjuk dan resep dari dokter maupun apoteker. Pasien tidak dibolehkan untuk mengkonsumsi jenis obat ini secara sembarangan.

Untuk dosis umum yang dapat diberikan baik untuk obat berbentuk tablet atau sirup antara lain:

Penggunaan tablet mirapect tablet ambroxol hcl:

  • Anak dengan usia 2-5 tahun dosis yang diberikan 1/4-1/2 tablet, 3 kali sehari.
  • Anak dengan usia 6-12 tahun dosis yang diberikan 1/2-1 tablet, 2-3 kali sehari.
  • Dewasa dan anak dengan usia > 12 tahun dosis yang diberikan 1 tablet, 3 kali sehari atau 2 tablet diberikan 2 kali sehari.

Mirapect sirup:

  • Anak dengan usia2-5 tahun dosis yang diberikan 1/2-1 sendok takar (2.5-5 ml), 3 kali sehari.
  • Anak dengan usia 6-12 tahun dosis yang diberikan 1-2 sendok takar (5-10 ml), 2-3 kali sehari.
  • Dewasa dan anak dengan usia > 12 tahun: 2 sendok takar (10 ml), 3 kali sehari atau 2 tablet diberikan 2 kali sehari.

Dosis dan aturan pakai ini hendaknya dikonsultasikan dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu sehingga dapat memaksimalkan pengobatan batuk berdahak bagi anak-anak hingga orang dewasa. 

Untuk penyimpanan obat ini sendiri yaitu pada suhu dibawah 30 derajat celcius dan pastikan bahwa obat dapat terlindung dari cahaya dan tempat yang lembab. Jauhkan dari jangkauan anak-anak agar obat ini tidak diminum secara sembarangan.

Moms Khawatir, Apakah Batuk Saat Hamil Berbahaya Bagi Bayi?

Efek samping obat

Jika menyinggung soal efek samping, obat mirapect tablet ambroxol hcl termasuk dalam obat yang dapat menimbulkan efek samping seperti jenis obat lainnya. Terlebih jika pasien mempunyai alergi pada jenis obat atau kandungan yang terdapat di dalamnya.

Jenis obat mirapect tablet ambroxol hcl dapat memic efek samping seperti:

  • Diare
  • Rasa berubah
  • Mulas
  • Tenggorokan kering
  • Mulut kering
  • Gangguan pencernaan
  • Mual
  • Muntah

Mirapect tablet ambroxol hcl juga tidak dapat diberikan kepada pasien yang mengalami reaksi alergi atau kondisi hipersensitif terhadap zat ambroxol.

Untuk mengetahui apakah ada hipersensitif terhadap zat ini, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih awal dan konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan saran pengobatan yang terbaik.

Interaksi obat

Interaksi obat juga dapat terjadi apabila mirapect tablet ambroxol hcl dikonsumsi bersama dengan jenis obat lain. Interaksi dapat terjadi jika dikonsumsi bersama dengan antibiotik yang dapat meningkatkan konsentrasi seru, seperti jenis obat doksisiklin, cefuroxime dan eritromisin.

Selain itu diketahui terdapat interaksi jika obat diberikan bersama dengan jenis obat antitusif sehingga perlu dilaporkan kepada dokter jika sedang mengonsumsi jenis obat ini.

Mirapect tablet ambroxol hcl dapat menjadi alternatif saat batuk berdahak tak kunjung sembuh. Obat ini dapat mengencerkan dahak dan melegakan saluran nafas sehingga batuk dapat cepat mereda. Konsumsi sesuai dosis dan imbangi dengan makanan dan minuman bergizi untuk mempercepat penyembuhan.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference