grafadon obat untuk apa

Apakah kamu pernah mendengar obat grafadon? Sebenarnya Grafadon obat untuk apa ya, sehingga cukup banyak orang merekomendasikan obat ini untuk mengatasi sakit kepala sampai sakit gigi.

Supaya tidak salah mengkonsumsi obat, yuk ketahui ulasan mengenai obat grafadon berikut ini. 

Grafadon obat apa?

Grafadon merupakan obat yang berguna untuk meredakan nyeri tingkat ringan hingga sedang yang disebabkan oleh sakit gigi, sakit kepala, flu, pilek, nyeri haid hingga nyeri sendi.

Obat yang satu ini bekerja dengan cara mengurangi aktivitas bahan kimia tertentu yang terdapat dalam tubuh untuk memberikan efek pereda nyeri yang cukup ampuh. Grafadon sendiri juga bisa digunakan untuk menurunkan demam dengan cara mengurangi panas tubuh. 

Lanadexon Obat Untuk Penyakit Apa? Ini Lengkapnya

Manfaat Grafadon

Etoricoxib Obat Apa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, grafadon merupakan obat pereda nyeri. Obat ini termasuk dalam kelas  Obat Antiinflamasi Nonsteroid yang juga disebut dengan NSAID. Gunanya adalah untuk mengurangi rasa sakit, mengurangi demam tubuh, hingga mencegah pembekuan darah. 

Obat golongan NSAID juga berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh bila digunakan dalam dosis yang lebih tinggi.

Dosis obat

Penggunaan dosis obat bisa dilakukan sesuai dengan petunjuk dokter atau apoteker. Pasalnya, setiap orang membutuhkan dosis yang berbeda tergantung pada usia hingga kondisi tubuh dan tujuan penggunaan obat.

Namun, umumnya dosis obat ini adalah. 

  • Dewasa: 1-2 kaplet, diminum sebanyak 3-4 kali per hari. Penggunaan maximum obat ini adalah 8 kaplet per hari.
  • Anak: 7-12 tahun, dosisnya yakni  0.5 – 1 kaplet, diminum 3-4 kali per hari. Penggunaan maximum obat ini untuk anak adalah 4 kaplet per hari.

Perlu diingat jangan menggunakan dosis obat melebihi dosis maksimum tanpa sepengetahuan dokter. 

Farsifen Plus Obat Apa Dan Cocok Untuk Penyakit Apa Saja?

Petunjuk penggunaan

Untuk petunjuk penggunaan, kamu bisa mengikuti petunjuk yang tertera pada label produk, panduan informasi maupun petunjuk dari dokter sebelum menggunakan obat ini. 

Obat yang satu ini memang berguna untuk mengurangi rasa sakit. Obat nyeri akan lebih efektif jika digunakan ketika kamu mengalami nyeri ringan dan efeknya bisa berkurang jika ternyata kondisi nyeri semakin parah dan gejalanya juga semakin memburuk. 

Obat yang satu ini juga kamu konsumsi sebelum atau setelah makan. Hindari untuk meminum obat dengan cara dihancurkan, dikunyah atau dilarutkan dalam air. Pasalnya, ini mungkin dapat mengurangi khasiat obat. 

Selain itu, Grafadon Capsule juga bisa kamu konsumsi secara bersamaan dengan penggunaan obat lain sesuai dengan anjuran dokter. Contohnya, penggunaan obat grafadon dengan aspirin berguna untuk menghilangkan rasa sakit yang berkaitan dengan migrain. 

Rasa sakit ini akan jauh  lebih berkurang karena efektivitas obat Grafadon yang meningkat ketika dikonsumsi bersamaan dengan aspirin. 

Efek samping obat Grafadon

Selain mengetahui grafadon obat untuk apa, kamu juga perlu tahu efek samping yang bisa ditimbulkan ketika mengkonsumsi obat ini. Jika ternyata efek samping dari penggunaan obat semakin parah, jangan ragu untuk konsultasikan dengan dokter.

Berikut sejumlah efek samping obat Grafadon:

  • Pendarahan
  • Masalah pernapasan
  • Gatal
  • Sariawan
  • Ruam kulit
  • Pembengkakan wajah
  • Pembengkakan pada bibir
  • Pembengkakan tenggorokan
  • Pembengkakan lidah

Selain efek samping umum, Grafadon juga memiliki efek samping yang jarang terjadi, yakni:

  • Reaksi alergi
  • Kelainan darah
  • Ruam
  • Pembengkakan
  • Kerusakan hati
  • Reaksi kulit yang serius
  • Kulit memerah, kulit melepuh, dan muncul ruam kulit

Jika kamu mengalami reaksi kulit yang parah, segera hentikan penggunaan obat dan langsung konsultasikan dengan dokter.

Nantinya dokter akan menurunkan dosis obat untuk mencegah risiko yang lebih parah atau mengubah resep dengan penggunaan obat lain. Penggunaan obat ini jarang menimbulkan efek samping serius dan hanya menyebabkan efek samping ringan. Tidak semua orang akan merasa efek samping. Tidak sedikit orang yang justru tidak merasakan efek samping apapun. 

Jika kamu mengalami efek samping atau melihat efek samping lain yang tidak tercantum dalam daftar diatas, hubungi dokter untuk mendapatkan nasihat medis. Jangan memaksakan diri untuk terus mengkonsumsi obat jika efek samping terus memburuk, ya!

Itulah ulasan seputar obat Grafadon. Jadi, apakah kamu sudah paham Grafadon obat untuk apa?

Share artikel ini
Reference