cara menghadapi orang tua pacar pertama kali

Bagi kamu yang sudah berpacaran cukup lama, bertemu dan berkenalan dengan orang tua pacar bisa jadi tanda hubungan yang lebih serius. Saat momen ini tiba, kamu mungkin sedikit gelisah dan takut memberikan kesan kurang menarik. 

Kamu mungkin juga tidak tahu harus berbuat apa, terutama ini adalah hubungan pertama yang terlihat serius.  Lantas, bagaimana cara menghadapi orang tua pacar seperti ini? Simak tips-tipsnya di sini!

8 Cara menghadapi orang tua pacar 

cara menghadapi orang tua pacar saat pertama kali bertemu

Sudah bukan rahasia lagi bila bertemu orang tua pacar pertama kali mungkin kamu akan merasa cemas dan khawatir. Kamu mungkin takut tidak bisa berbicara dengan baik atau melakukan kesalah yang membuat mereka tidak menyukai kamu. 

Untungnya, ada beberapa cara menghadapi orang tua pacar ketika baru pertama kali bertemu. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri dan menjalin hubungan yang baik dengan mereka. 

1. Bersikap sopan dan ramah

Salah satu hal yang perlu dilakukan dan diingat ketika pertama kali bertemu orang tua pacar adalah bersikap sopan dan ramah.

Kamu bisa memperkenalkan diri dengan sopan dan menghormati mereka dengan memanggil sebutan yang sesuai, misalnya “Tante”, “Om”, “Bu”, atau “Pak”. 

2. Berbicara dengan santai

Cara lain ketika menghadapi orang tua pacar saat baru pertama bertemu adalah berbicara santai dan tidak tegang. Namun, jangan terlalu banyak bicara atau terlalu sedikit bicara, cobalah untuk menemuka keseimbangan dalam percakapan. 

Kamu mungkin bisa mempersiapkan topik yang akan dibicarakan dengan orang tua pacar. Tidak hanya itu, usahakan untuk menggunakan bahasa tubuh yang  menunjukkan rasa percaya diri dan positif, seperti senyuman dan tatapan mata yang jujur.

Hindari berbohong atau berpura-pura menjadi orang yang kamu sebenarnya tidak. Jangan takut untuk menunjukkan kepribadian dan minat kamu yang sebenarnya. Ini karena orang tua pacar juga ingin mengenal Anda dengan lebih baik.

10 Cara Efektif Mengatasi Konflik dengan Pasangan

3. Mendengarkan dengan baik

Mendengarkan dengan baik sangat penting dalam pertemuan dengan orang tua pacar. Cobalah untuk tidak memotong pembicaraan mereka sehingga kamu bisa memahami lebih banyak tentang orang tua pacar. Ini juga bantu menunjukkan bahwa kamu menghormati orang tua pacar. 

Selain itu, mendengarkan dengan baik juga dapat membantu menghindari kesalahpahaman dan menunjukkan bahwa kamu siap untuk membangun hubungan yang baik.

Dengan mendengarkan dengan baik, kamu dapat menciptakan suasana yang nyaman dan positif selama pertemuan dengan orang tua pacar.

4. Menunjukkan minat pada keluarga pacar

Menunjukkan minat pada keluarga pacar dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan mereka. Tanyakan tentang keluarga mereka, hobi, atau kegiatan kesukaan mereka. 

Kamu dapat menawarkan bantuan saat mereka membutuhkannya, seperti membantu membersihkan dapur setelah makan. Jangan lupa tunjukkan rasa hormat dengan mengucapkan terima kasih atas undangan mereka sebagai cara bijak menghadapi orang tua pacar. 

5. Tidak memperlihatkan sikap defensif

Jangan menampilkan sikap defensif saat menghadapi orang tua pacar pertama kali.

Terima kritik atau saran dengan baik dan berusaha untuk memahami sudut pandang mereka. Usahakan untuk tidak menyerang atau memojokkan pandangan orang tua pacar. 

Kamu juga tidak perlu menjadi orang yang selalu benar. Namun, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu terbuka untuk belajar dan menghargai pandangan orang tua pacar. 

10 Cara Menaklukan Hati Pria yang Cuek dan Tidak Peka

6. Menunjukkan bahwa kamu menyayangi pacar

Orang tua pacar akan merasa nyaman jika mereka tahu bahwa kamu menyayangi pasangan.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan cara menunjukkannya agar tidak membuat suasana menjadi canggung. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi orang tua pacar:

  • Memberi perhatian khusus, misalnya menaruh tangan di punggung pacar atau menggenggam tangannya tanpa terlihat berlebihan
  • Tidak terlalu banyak menunjukkan kemesraan di depan orang tua pacar, seperti berciuman atau memeluk pacar
  • Bila diperbolehkan, kamu bisa bantu menyiapkan makanan atau membersihkan meja untuk menunjukkan kepedulian

7. Tidak membicarakan hal yang sensitif

Hindari membicarakan topik-topik yang sensitif seperti agama, politik, atau keuangan pada pertemuan pertama dengan orang tua pacar. Fokus pada topik yang ringan dan positif.

10 Cara Memuji Wanita Tanpa Bikin Ilfeel

8. Membawakan hadiah atau makanan 

Jika kamu mendatangi orang tua pacar ketika acara keluarga dengan banyak orang, tidak perlu bawa hadiah untuk setiap orang di sana.

Kamu mungkin bisa membawakan makanan atau minuman kesukaan orang tua pacar sebagai tuan rumah. 

Tidak perlu yang mahal-mahal, cukup sebuah gestur kecil yang personal dapat membantu kamu memberikan kesan pertama yang baik. 

Bertemu dengan orang tua pacar memang bisa menjadi momen yang menegangkan. Namun, dengan cara menghadapi orang tua pacar yang sudah disiapkan, kamu bisa menjalin hubungan baik dengan mereka. 


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference