cara menolak cinta dengan halus

Menolak cinta seseorang bisa menjadi situasi yang sulit, tetapi penting untuk melakukannya supaya kamu tidak memberikan harapan palsu dan luka yang lebih dalam pada orang tersebut. Jika kamu sedang bingung dan mencari cara menolak cinta dengan halus, kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Cara menolak cinta secara halus

ciri ciri orang jatuh cinta

Berikut sejumlah cara menolak cinta yang bisa kamu lakukan dengan halus.

1. Tolak secara langsung

Jangan berbelit-belit ketika ingin menolak seseorang. Hindari kata-kata ambigu seolah kamu masih meberikan harapan padanya. Katakan langsung dan lugas jika kamu memang tidak memiliki perasan yang sama. Kejujuran adalah hal yang penting. 

2. Tolak dengan cara yang sederhana

Jangan terlalu banyak basa basi bahkan menghabiskan banyak waktu untuk mengungkapkan penolakan. Kamu bisa buat menjadi penolakyang sederhana alih-alih bicara panjang lebar. Contohnya “Aku menghargai persaan kamu, tapi aku gak memiliki perasaan romantis dan menjalin hubungan asmara sama kamu”

3. Jangan minta maaf

Mengungkapkan kata maaf hanya akan membuat tidak nyaman dan tidak perlu juga untuk mengungkapkan kata maaf ketika menolak seseorang. Minta maaf seperti mengisyaratkan bahwa kamu membuat kesalahan, padahal kamu yakin tidak memiliki perasaan yang sama dengannya.

11 Cara Minta Maaf Ke Mantan, Lakukan Secara Sadar dan Setulusnya!

4. Tidak perlu minta bertemu untuk menolak

Tidak perlu minta bertemu atau mengunjungi sebuah tempat untuk menolak perasaan seseorang. Ini hanya akan membuatnya semakin terluka. Kamu bisa bicara langsung tanpa perlu tempat khusus. Selain itu, jangan juga menunda untuk menolak, apalagi sampai minta waktu berhari-hari kalau ujung-ujungnya kamu tidak menerima perasaannya. 

6. Jangan sebutkan sifat fisik

Cara menolak cinta dengan halus selanjutnya adalah dengan tidak menyebutkan sifat fisik. Tidak perlu menyeret alasan fisik untuk menolak seseorang misalnya “kamu bukan tipe aku” atau “andai saja kamu lebih tinggi” dan kalimat lain yang menyangkut pautkan dengan fisik seseorang. Ini akan membuatnya semakin terluka

7. Tidak perlu menjelaskan

Kamu tidak berkewajiban untuk menjelaskan dengan detail mengapa kamu menolaknya. Misalnya “ Aku gak lagi pingin pacaran karena…” atau kalimat penjelasan lainnya. Kamu bisa langsung ke inti penolakan yang halus, tanpa harus menjelaskan berbagai detail yang tidak diperlukan.

Cara menolak cinta dengan halus di wa

Buat kamu yang ingin menolak cinta secara halus di WA, kamu bisa coba cara berikut ini. 

1. Bersikap jujur dan tegas

Jika kamu tidak memiliki perasaan romantis terhadap orang tersebut, penting untuk mengungkapkan perasaan tersebut dengan jujur. Tetaplah tegas dalam pernyataan ini, tetapi pastikan untuk tidak menyakiti perasaan mereka, ya. Tidak perlu juga chat panjang-panjang. Kamu bisa langsung ti the point saja. 

2. Hindari penggunaan kata-kata yang menyalahkan

Penting untuk menghindari menyalahkan atau merendahkan orang yang mengungkapkan perasaan cintanya. Bicaralah secara pribadi tentang perasaan kamu dan fokuskan pada ketidaksinkronan perasaan daripada pada kesalahan orang lain. Apalagi, kalau penolakannya lewat WA yang kadang suka salah dimengerti.

3. Tunjukkan empati dan pengertian

Sampaikan bahwa kamu memahami betapa sulitnya untuk mengungkapkan perasaan cinta tersebut. Menunjukkan empati dapat membantu melunakkan penolakan. 

4. Tetap hormat dan beradab

Cara menolak cinta dengan halus selanjutnya adalah dengan tetap hormat dan beradab. Meskipun hanya lewat WA, tapi pastikan kamu tetap menghormatinya dan perasaannya.Apalagi, jika kamu tetap ingin berteman dengannya.

oleh: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference