Almond menjadi salah satu makanan yang kaya akan manfaat untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam almond, seperti vitamin E, asam folat, hingga protein berkontribusi besar dalam mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Sebelum mengonsumsinya, coba kenali dulu apa saja nutrisi dan manfaat yang ditawarkan almond di sini, yuk!

Kandungan kacang almond

manfaat kacang almond untuk kesehatan

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki kulit keras dan daging yang lezat di dalamnya.

Kacang-kacangan ini menawarkan sejumlah nutrisi penting, dilansir dari U.S Department of Agriculture. Berikut daftar lengkapnya. 

  • Energi: 579 Kalori (Kal)
  • Protein: 21.15 g
  • Karbohidrat: 21.55 g
  • Serat: 12.5 g
  • Lemak: 3.802 g
  • Magnesium: 270 miligram (mg)
  • Kalsium: 269 mg
  • Mangan: 2.179 mg

Sederet zat gizi dalam almond di atas berperan penting dalam memberikan manfaat untuk kesehatan ibu hamil yang janin yang dikandungnya.

Manfaat almond untuk ibu hamil

manfaat almond untuk ibu hamil

Mengingat kandungan gizi yang terdapat pada kacang almond cukup banyak, tentu khasiat yang diberikan akan sangat berguna pada ibu hamil. Berikut ini deretan manfaat kacang almond untuk ibu hamil. 

1. Mendukung kesehatan jantung

Kacang almond mengandung lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal dan omega-3. Lemak sehat ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan otak

Selain mendukung kesehatan jantung, asam lemak omega-3 pada almond berperan penting dalam perkembangan otak janin. Tidak hanya itu, omega-3 untuk ibu hamil bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif dan memori, lho

3. Mencegah konstipasi

Salah satu masalah umum selama kehamilan adalah sembelit atau konstipasi. Sementara itu, almond mengandung serat yang tinggi.

Itu sebabnya, banyak ibu hamil yang mengonsumsi kacang ini untuk mencegah sembeli dan menjaga kesehatan pencernaan. 

4. Memberikan energi tambahan

Seperti yang kamu tahu, almond kaya akan karbohidrat kompleks dan protein. Kedua zat gizi ini memberikan energi yang tahan lama.

Tentu saja, hal tersebut penting selama kehamilan mengingat tubuh memerlukan asupan energi tambahan lebih banyak dari biasanya. 

5. Menjaga berat badan yang sehat

Manfaat almond lainnya untuk ibu hamil adalah menjaga berat badan yang sehat. Pasalnya, almond mengandung lemak sehat.

Jenis lemak satu ini bisa membantu menjaga berat badan selama kehamilan sehingga tidak perlu khawatir kelebihan atau kekurangan berat badan. 

Daftar Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cepat Gemuk

Pilihan susu almond untuk ibu hamil

manfaat almond milk
manfaat almond milk

Selain mengonsumsi kacang almond sebagai camilan atau tambahan dalam makanan, ibu hamil juga dapat mempertimbangkan almond milk sebagai alternatif susu sapi. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat almond untuk ibu hamil secara maksimal. 

Terlebih lagi, susu kacang almond mengandung nutrisi penting dan sering kali dianggap lebih ringan dan mudah dicerna. Bahkan, beberapa orang memilih susu almond karena tidak mengandung laktosa, rendah kalori, dan rasanya cukup enak. 

Lantas, apa saja rekomendasi susu almond yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil?

1. Almom

Almom merupakan susu almond yang sebenarnya ditujukan untuk ibu menyusui. Meski begitu, ibu hamil yang sudah menginjak trimester ketiga bisa mengonsumsi susu Almom. 

Ini karena Almom membantu melancarkan produksi ASI ibu berkat kandungan omega 3,6, dan 9 di dalamnya. Selain itu, kamu bisa mendapatkan manfaat dari kalsium, vitamin B, B1, B6, E, C, dan D, folat, mineral, serta zat besi di dalam susu ini. 

Di sisi lain, Almom mengandung fenugreek dan chia seed yang memberikan rasa kenyang usai diminum, lho

2. Almonde

Almonde adalah susu almond yang dirancang khusus untuk ibu hamil, menyusui, dan pasangan yang merencanakan kehamilan. Susu ini mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan menyusui. 

Bahkan, kandungan gizi di dalamnya bisa membantu persiapan kehamilan. Almonde juga tersedia dalam 5 varian rasa yang menarik, seperti stroberi, taro, pure sweet, matcha, dan dark choco natural 100 persen. 

Dengan mengonsumsi susu Almonde, ibu hamil dapat memperoleh manfaat almond yang penting untuk kesehatan mereka dan perkembangan janin.

Daftar Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cepat Gemuk

3. Prenagen UHT Almond Soya

Prenagen UHT Almond Barley Soya adalah pilihan susu yang aman untuk ibu hamil dan menyusui dengan manfaat almond yang penting. Susu ini terbuat dari bahan-bahan seperti soya (kedelai) dan almond. Tidak heran bila ini bisa jadi alternatif untuk ibu hamil yang punya alergi terhadap susu sapi. 

Terlebih lagi, Prenagen memberikan produk susunya asam folat, zat besi, vitamin D3, dan kalsium yang diperlukan oleh ibu hamil. Kamu juga bisa mengonsumsi susu UHT ini kapan saja dan praktis karena mudah dibawa. 

4. Blue Diamond Almond Breeze Almond Milk

Bagi ibu hamil yng ingin mencoba manfaat dari susu almond untuk kesehatan dengan rasa yang berbeda bisa mencoba merk Blue Diamond Almond Breeze. Ini karena Blue Diamond menawarkan pilihan rasa yang bervariatif, yaitu original, cokelat, vanila, dan latte. 

Selain rasanya yang lezat, susu Almond Breeze mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil. Sebut saja, vitamin A, D, sampai kalsium yang sangat dibutuhkan oleh ibu selama kehamilan. 

Nah, itu tadi sederet manfaat almond untuk ibu hamil beserta pilihan rekomendasi susu almond yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan, ya!


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference