Salah satu nutrisi yang kerap disarankan untuk promil adalah vitamin E. Ini karena vitamin E dianggap baik untuk meningkatkan kesuburan baik untuk pria dan wanita. Kesuburan sendiri memiliki peran penting untuk kehamilan.

Lantas, apa saja ya manfaat vitamin E untuk promil? Simak ulasan berikut untuk mengetahui sejumlah manfaatnya.

Pengaruh vitamin e dan kesuburan

makanan yang mengandung vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang salah satu manfaatnya dapat meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Vitamin E ini memiliki banyak peran penting pada kesuburan pria seperti meningkatkan motilitas sperma yang merupakan faktor penting untuk menentukan kehamilan. Ini karena vitamin E dapat mencegah radikal bebas yang berpengaruh buruk pada motilitas sperma dan membantu sperma bergerak lebih cepat hingga mencapai sel telur untuk melakukan pembuahan. 

Sedangkan, pengaruh vitamin E untuk kesuburan wanita yakni dapat membantu penebalan dinding rahim. Seperti yang kita ketahui salah satu penyebab kemandulan yang dialami wanita berkaitan dengan lapisan rahim yang tipis.

Vitamin E yang cukup dapat meningkatkan aliran darah ke arteri dan meningkatkan ketebalan lapisan rahim, membantu meningkatkan kesuburan wanita. 

4 Manfaat Natur E Hijau untuk Wajah, Bisa Bikin Awet Muda!

Manfaat vitamin e untuk promil

Adanya keterkaitan vitamin E dengan kesuburan, membuat nutrisi ini memiliki banyak manfaat untuk pasangan yang sedang promil. Berikut beberapa manfaat vitamin E untuk promil.

1. Meningkatkan motilitas sperma

Motilitas merupakan kemampuan organisme untuk bergerak dengan sendirinya. Peran motilitas sperma sangat penting karena sperma harus melintasi jarak tertentu guna dapat membuahi sel telur. Untungnya, vitamin E menjadi nutrisi yang dapat meningkatkan motilitas sperma sehingga dapat membantu promil supaya berhasil.

proses
Light men’s boxers on a two-color background. Men’s underwear.

2. Membantu meningkatkan jumlah sperma

Salah satu penyebab ketidaksuburan paling umum yang dialami pria adalah jumlah sperma yang terindah. Namun, mencukupi kebutuhan vitamin dapat membantu melindungi pria dari penurunan jumlah sperma yang disebabkan oleh kerusakan dan infeksi.

Baik untuk Kesehatan, Ini Makanan yang Mengandung Vitamin E

3. Membantu meningkatkan gairah bercinta

Saat promil, pasangan suami istri tentu disarankan untuk bercinta secara teratur. Namun, terkadang kendalanya adalah pada kurangnya gairah bercinta. Mengkonsumsi vitamin E dapat membantu meningkatkan gairah seksual. 

Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh, pria harus mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E. Peningkatan hormon ini dapat meningkatkan gairah seksual dan stamina seksual. 

4. Tingkat Pembuahan lebih baik

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang memenuhi asupan vitamin E setiap hari menunjukkan peningkatan hingga 29% dalam tingkat pembuahan, dibandingkan dengan pria yang kekurangan vitamin E atau tidak mencukupi kebutuhan vitamin E.

5 Menyebabkan penebalan lapisan rahim

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penipisan rahim menjadi faktor utama masalah kesuburan pada wanita. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin E dapat membantu meningkatkan aliran darah di arteri radial yang berguna untuk membantu meningkatkan ketebalan lapisan rahim.

6. Membantu mengobati sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Manfaat vitamin E untuk promil selanjutnya adalah membantu mengatasi PCOS. Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kondisi umum yang mempengaruhi hampir satu dari setiap sepuluh wanita. Sindrom yang satu ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan memperlambat laju metabolisme.

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita yang dapat menyebabkan peluang kehamilan menjadi lebih kecil. Namun, Vitamin E diketahui dapat membantu mengurangi efek PCOS yang dapat menyebabkan wanita sulit hamil.

7. Melindungi lapisan ketuban

Lapisan ketuban berguna untuk melindungi dan menampung janin di dalam rahim. Dalam beberapa kasus wanita dapat mengalami pecah kantung ketuban. 

Peran vitamin E dapat membuat lapisan ketuban menjadi lebih kuat, sehingga mencegah kemungkinan pecahnya kantung ketuban.

Dosis vitamin e yang dianjurkan untuk promil

manfaat natur e hijau untuk wajah

Mencukupi vitamin E setiap hari dapat membantu pasangan suami istri untuk meningkatkan peluang kehamilan. Tapi, berapa sih dosis vitamin E yang dianjurkan untuk promil?

Asupan vitamin E yang disarankan untuk promil adalah 200 IU per hari. Namun, meskipun memiliki banyak manfaat untuk promil, namun jangan mengkonsumsi Vitamin E lebih dari 1000 IU per hari karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti mual, sakit kepala, hingga diare.

Itulah manfaat vitamin E untuk promil. Jadi, pastikan untuk mencukup kebutuhan vitamin E setiap hari biar promil lancar, ya!

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference