bolehkah ibu hamil makan pedas dan minum es

Bolehkah ibu hamil makan pedas dan minum es? Berbagai pertanyaan soal makanan sangat banyak dipertanyakan oleh ibu hamil. Hal ini sangat wajar karena perlu ekstra hati-hati dalam memilih konsumsi makanan demi kesehatan janin. Makanan yang tepat dan bergizi akan membuat janin sehat hingga nanti dilahirkan.

Namun saking hati-hatinya, banyak mitos beredar mengenai konsumsi makanan ibu hamil yang selalu dikaitkan dengan keguguran. Di antaranya yaitu makan pedas dan minum es, dua hal ini banyak membuat para ibu hamil gelisah. Bagaimana penjelasan menurut medis yang sebenarnya? 

Bolehkan ibu hamil makan pedas

Ibu hamil sering mengidam banyak jenis makanan di waktu yang tak terduga, salah satunya makanan pedas. Mungkin kamu masih bertanya-tanya apakah ibu hamil boleh makan pedas? Meskipun terlihat ekstrem, nyatanya makanan pedas tidak akan mempengaruhi kesehatan janin sehingga ibu hamil boleh mengonsumsinya.

Tidak ada bukti medis yang menunjukan adanya kelahiran prematur atau keguguran yang terjadi karena ibu hamil suka makan pedas. Mitos yang menyebutkan bahwa makanan pedas bisa mempercepat persalinan saat hamil tua juga tidak terbukti kebenarannya. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi para ibu hamil pecinta pedas bukan? 

Namun jangan senang dulu, sayangnya akan ada beberapa efek samping yang dialami ibu hamil ketika terlalu sering makan pedas. Ibu hamil bisa merasakan rasa sakit mulas, gangguan pencernaan, dan gangguan GI atau pendarahan dalam saluran pencernaan.

Efek samping makanan pedas pada trimester kehamilan

morning sickness
Efek samping makanan tertentu bagi ibu hamil

Pada trimester pertama, makan makanan pedas tidak akan menyebabkan banyak masalah, meskipun dapat memperburuk mual di pagi hari. Jika kamu sudah mengalami masalah dengan mual sepanjang hari, makanan pedas bisa memperburuk kondisinya.

Sedangkan pada trimester kedua dan ketiga, makan makanan pedas dapat menyebabkan:

  • Mulas, karena rahim yang tumbuh memaksa asam lambung lebih tinggi ke kerongkongan 
  • Gangguan pencernaan
  • Mual
  • Diare, gas, dan kembung
  • Peningkatan gejala gastroesophageal reflux (GERD)

Bolehkan ibu hamil minum es

Setelah membahas makanan kini giliran minuman yang akan dibahas, mungkin kamu sering mendengar bahwa katanya ibu hamil tidak boleh minum es. Mitos yang beredar mengatakan minum es dapat membahayakan kondisi janin, atau bahkan membuat bayi lahir dengan berat badan yang besar. 

Padahal kenyataannya ibu hamil boleh minum es atau air dingin, semuanya sangat aman dan tidak akan mempengaruhi janin. Perlu diingat, bahwa kehamilan adalah perpanjangan dari tubuh fisiologis dan bukan merupakan penyakit apapun. Jadi, semua yang biasa kamu lakukan sebelum hamil, bisa dilakukan selama masa kehamilan juga.

Mitos juga mengatakan bahwa ibu hamil yang minum es akan membuat bayinya pilek dan menderita pneumonia. Padahal semua itu hanya mitos, saat ibu hamil minum air dingin maka efeknya akan kembali pada dirinya sendiri dan tidak pada bayi. Karena bayi berada di kompartemen yang berbeda yaitu rahim yang terhubung melalui plasenta.

Efek samping minum es pada ibu hamil

minum soda saat haid apa dampaknya
efek samping minum es

Ibu hamil boleh minum minuman dingin dan manis seperti jus dan es teh. Minuman yang sehat akan menambah nutrisi dan menghidrasi tubuh secara maksimal. Asalkan diminum dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Karena akan menyebabkan efek samping yang sama seperti saat sebelum kamu hamil, yaitu sakit perut, mulas, dan masalah pencernaan lainnya. 

Jika kamu terkena masalah pencernaan saat hamil, hal itu akan menyebabkan gejala lain yang mungkin lebih parah. Karena fisiologi kehamilan membuat pergerakan usus lebih lambat. Jadi, apa pun yang kamu konsumsi dan menyebabkan iritasi, akan menyebabkan lebih banyak gejala saat kehamilan.

Minum es atau air dingin dalam jumlah yang sesuai, akan memberikan banyak manfaat pada ibu hamil. Salah satunya terhindar dari dehidrasi dan kegerahan saat cuaca sedang panas. Pada saat seperti itu, mood ibu hamil juga akan lebih terjaga sehingga tidak mudah stres.  

Sebaiknya hindari minuman dingin yang terlalu manis seperti soda, jus kemasan, es kopi, dan minuman kemasan lain dengan kandungan gula yang tinggi. Tidak hanya bagi ibu hamil, semua orang pun akan mendapat masalah kesehatan jika mengonsumsi minuman tersebut secara berlebihan.

Share artikel ini
Reference