Celana untuk ibu hamil

Saat hamil, wanita membutuhkan celana khusus yang bisa digunakan dengan nyaman setiap hari. Pasalnya, kondisi perut yang semakin membesar, dapat menyebabkan tidak nyaman jika mengenakan celana yang salah. Seperti celana dengan kancing yang ketat.

Nah, untuk memilih celana ibu hamil yang baik, ada beberapa tipsnya nih, moms. Jangan sampai salah pilih, ya. Yuk, simak penjelasannya di artikel ini!

Kondisi perut ibu hamil saat menggunakan celana

Kondisi perut ibu yang terus membesar saat hamil tentu akan membuat semua celana menjadi sempit dan tidak nyaman. Celana yang sempit dapat mengganggu aktivitas. Maka dari itu perlu dipersiapkan celana khusus selama hamil agar nyaman digunakan sehari-hari.

Celana untuk ibu hamil dapat mulai dipakai dan digunakan saat perut sudah mulai membesar dan tidak dapat lagi memakai celana lama.

Meskipun begitu, pelebaran perut antara satu orang dengan orang lain tentu tidak sama, sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kehamilan masing-masing.

Berapa besar pelebaran perut ibu hamil

Membeli celana hamil tentu dapat disesuaikan dengan pelebaran perut ibu hamil. Kehamilan yang masih berada di trimester pertama atau dibawah 12 minggu umumnya masih dapat menggunakan celana dan pakaian yang biasa karena perut belum begitu melebar.

Pada kehamilan 20 minggu, ibu akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan pada perutnya. Memilih celana untuk ibu hamil sangat mudah karena saat ini banyak celana yang bisa dipakai dengan nyaman pada saat perut mulai melebar.

Jenis celana ibu hamil yang bisa kamu pilih

Jenis celana model legging atau jeans bisa dipakai dengan jenis dibawah ini:

  • Under the bump: Jenis celana tipe jeans ini memiliki pinggang rendah dibawah perut.
  • Over the bump: Jenis celana jeans hamil ini terdapat karet untuk bagian pinggang sesuai ukuran perut.
  • Drawstring: Celana dengan tali yang dapat disesuaikan ukuran dengan besat perut.
  • Fly front: Jenis celana ini memiliki karet di bagian pinggirnya namun terdapat kancing dan resleting di bagian depan seperti celana biasa.
  • Jersey basque: Jenis celana ini terbuat dari jersey berbahan lembut dan elastis serta akan melebar sesuai pelebaran perut.
  • Side panel: Jenis celana hamil ini seperti celana biasa namun terdapat karet dengan sifat elastis di bagian sampingnya.

Lalu bagaimana cara untuk memilih celana yang tepat?

Cara memilih celana untuk ibu hamil

Ingat, memilih celana untuk ibu hamil tentu tidak sembarangan. Berikut ini adalah 4 cara memilih celana yang tepat yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih ukuran yang pas

Memilih celana hamil harus tepat dan sesuai dengan ukuran. Kamu dapat membeli langsung di toko dan mencobanya agar dapat mengerti model dan tipe celana yang tepat agar dapat digunakan.

2. Pastikan nyaman dipakai

Pilih bahan celana yang nyaman digunakan. Terdapat banyak tipe celana hamil namun tidak semua bahan akan cocok di orang tertentu. Perhatikan detail bahan agar celana hamil dapat awet dipakai saat menjalani kehamilan.

3. Pilih warna netral

Pemilihan warna sebenarnya merupakan preferensi masing-masing ibu hamil. Namun ada baiknya memilih celana yang netral. Celana dengan warna netral dapat dipakai untuk padu padan dengan warna lain seperti hitam, khaki, abu-abu dan jenis warna lain kesukaan ibu. Jadi, kamu tak perlu repot memadu-padankan pakaian.

4. Beli lebih dari satu

Beli celana lebih dari satu agar dapat dipakai bergantian dan dapat dijadikan variasi outfit selama hamil agar tetap stylish dan kece.s

Selain cara memilih jenis celananya, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli celana hamil berkaitan dengan kondisi perut ibu yang semakin melebar.

5. Selektif Pilih Toko 

Jangan sampai karena toko yang menjual tidak memberikan kualitas celana ibu hamil yang bagus, kamu jadi perlu membeli dua kali. Selektiflah memilih toko yang memang menjual pakaian ibu hamil kualitas yang baik. Masalaha harga kamu bisa sesuaikan dengan anggaran, ya!

Hal yang harus diperhatikan saat memilih celana untuk ibu hamil

Memilih pakaian dan celana ibu hamil harus memperhatikan hal berikut ini agar proses kehamilan berjalan menyenangkan:

  • Beli sesuai kebutuhan. Tidak hanya celana, jenis pakaian lain juga tentu akan menyempit ketika hamil semakin besar. Untuk itu, beli sesuai kebutuhan dan bertahap agar pakaian atau celana tidak terbuang atau tidak terpakai sia-sia.
  • Pilih sesuatu yang nyaman. Pakailah jenis pakaian yang dapat memberikan suatu kenyamanan dalam berpenampilan. Kenyamanan berpakaianan menjadi penentu nomor satu yang harus kamu lakukan.
  • Tetap pakai style hamil yang kamu miliki. Tidak perlu minder dengan perubahan bentuk tubuh yang cukup ekstrim. Hargai tubuh dan nikmati proses kehamilan dengan bahagia dengan memilih celana untuk ibu hamil impianmu.
  • Tidak perlu sembunyikan perut buncit. Menyadari bahwa ada bayi sedang tumbuh di dalam perut bisa membuat kamu bangga dengan perut buncit itu. Pakai pakaian yang menonjolkan bentuk perut bisa jadi pilihannya. .
  • Pakai pakaian sesuai dengan keinginan dan nikmati proses kehamilan. Pakai pakaian sesuai dengan keinginan dan hindari membeli karena sekedar trend atau mengikuti teman. Beli langsung pakaian yang diperlukan sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan.

Ukuran perut yang semakin membesar bisa membuat semua pakaian terasa sempit, salah satunya celana. Pilih celana untuk ibu hamil dengan bahan, ukuran dan model celana sesuai kebutuhan agar dapat menemani kamu menjalani kehamilan yang menyenangkan, ya ladies!

Share artikel ini
Reference